2.4K
Untuk kamu yang masih single, momen hari raya adalah masa yang paling mendebarkan karena pertanyaan dari sanak saudara mengenai,'Kapan nikah?" Jangan khawatir RulaWoman, ada kalimat ampuh untuk menjawab pertanyaan itu.

Sepertinya sudah menjadi tradisi yang menyebalkan bagi banyak orang yang masih single akan pertanyaan "Kapan nikah" di hari raya. Dan sayangnya hal ini nggak bisa dihindari karena pasti yang bertanya adalah sanak saudara sendiri, yang kebetulan hanya bertemu setahun sekali atau pada acara kekeluargaan yang jarang lainnya.

Kebanyakan yang bertanya biasanya keluarga yang dituakan atau paling tua. Entah kakek, nenek, Om, Tante yang kelihatannya prihatin dengan kondisi kamu, atau sebenarnya hanya ingin memulai percakapan dengan kamu.

Sabar ya RulaWoman, harap maklum saja dengan kepedulian extra sanak keluarga kamu. Namun kalau kamu sudah bingung, kamu bisa menjawabnya dengan 7 kalimat ampuh ini agar si penanya bisa langsung terdiam.

1. "Nanti kalau Om/Tante/Papa/Mama/Eyang sudah nggak nanya lagi.

Biasanya sih siapapun yang mendengar jawaban seperti ini sudah tidak akan langsung melanjutkan percakapannya dengan kamu. Kalaupun keukeh, improvisasilah jawaban kamu dengan menjawab kalau semakin sering ditanya semakin jauh jodoh kamu.

photo credit" gobankingrates.com

2. "Alhamdulillah, Om/Tante mau bantu biayanya ya? Ini Om/Tante nomor rekening saya. Atau aku konfirmasi saja Cateringnya semua Om/Tante yang tanggung?"

Keluarga kadang suka 'lupa', kalau biaya pernikahan bisa mahal. Jadi dengan kamu mengingatkan mengenai biaya, relasi kamu pasti akan mundur teratur karena biasanya sih, mengenai biaya mereka nggak mau tahu.

3. "Tahukah Om/Tante kalau inflasi pendidikan itu 10%-20% setahun? Jadi sepertinya saya ingin mapan dan kaya dahulu agar saya bisa membiayai biaya pendidikan anak saya yang layak nanti. Daripada mereka sekolahnya pas-pasan?"

Jawablah ala perencana keuangan dengan angka-angka fantastis. Walau jawaban ini bisa menjadi celah pemberondongan pertanyaan yang lain seperti,"Anak punya rezekinya masing-masing," tapi kamu tetap bisa menanggapinya dengan,"Tapi bukan berarti aku harus bertindak bodoh dengan buru-buru menikah kemudian terus jadi beban orangtua bukan? Kasihan Mama Papa dong masih nanggung aku terus masa mesti nanggung anakku juga?"

photo credit: healthworks.my

4."Konon kabarnya kita akan mendapatkan jodoh sesuai dengan cerminan kita. Jadi tunggu saya jadi direktur dulu ya Om/Tante supaya saya juga dapat pasangan yang direktur juga."

Selain bicara tentang kesetaraan gender, di sini kamu juga menegaskan kalau menikah bukanlah tujuan utama kamu, namun kamu juga masih memikirkan karir dan tengah mengejar passion kamu. Sebagai orang tua atau yang dituakan, seharusnya sih keluarga kamu paham. Ini adalah sentilan halus juga untuk si penanya.

5. "Sepertinya calon suami saya belum layak mendapatkan saya sehingga belum bertemu saya."

Masalah kelayakan seperti sudah menjadi jargon tidak tertulis yang sering kamu dengar, kalau seseorang ingin mendapatkan suami maka layakkanlah diri kamu dan di hadapan Tuhan. Dengan kamu menjawab seperti ini, diharapkan keluarga kamu yang usil dan sering berkata,"Kamu kebanyakan milih," dan lain-lain yang setara bisa dibungkam dan kamu bisa terbebas dari pertanyaan ini.

6. "Alhamdulillah sekarang sudah bukan jamannya Kartini atau Siti Nurbaya yang harus kawin muda ya Om/Tante, jadi saya boleh dong berkarir dulu atau sekolah lagi."

Jawaban di atas mengandung unsir sarkasme ya RulaWoman. Tapi kalau sampai kamu malah ditakut-takuti mengenai umur dan nanti nggak laku, jawaban ini bisa membantu.

7. Kalau kata Michelle Obama ya Om Tante, 'Tidak ada laki-laki yang cukup ganteng sehingga kamu mengorbankan kesempatan untuk saya bisa menggapai pendidikan tinggi. Kalau dahulu saya terlalu khawatir dan memikirkan siapa yang akan suka sama saya atau berpikir saya cantik, saya nggak akan menikah dengan Presiden U.S."

Dan jangan lupa tunjukkan video ini ya RulaWoman.

Masih merasa kurang? Tunggu artikel Cara menjawab pertanyaan Kapan Nikah Part 2 ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman, Inilah 7 Kalimat Ampuh Untuk Menjawab Pertanyaan 'Kapan Nikah?' Menjelang Hari Raya (Part 1)". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fioney Sofyan | @fioneysofyan

I'm the Managing Editor at Rula.co.id., a marathoner in training, forex and IDX stock market trader, a writer, a dreamer and a mother of 2 Angels.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar