4.1K
Aku ikut suara terbanyak aja, deh!

Dalam pergaulan dan keseharian, kamu pasti bertemu dengan banyak orang yang memiliki berbagai macam watak, kan, RulaWoman? Nah, tak jarang pula, ketika kalian sedang berdiskusi untuk memutuskan sesuatu, mungkin kamu atau salah satu temanmu ada yang pernah nyeletuk, aku ikut pendapat kalian aja atau bisa jadi dengan kalimat lain namun maknanya sama, aku sih ikut suara terbanyak aja.

Terkesan sepele, mungkin saat itu kamu atau temanmu sedang malas berpikir untuk kemudian membuat keputusan. Tapi tahu nggak, sih, bahwa punya sikap serta menyuarakan pendapatmu itu sebenarnya merupakan hal yang cukup penting? Terlebih, semakin hari rata-rata perempuan Indonesia semakin ingin didengarkan pendapatnya, semakin ingin dihargai posisinya.

Nah, terus kenapa kamu yang sudah diberi kesempatan mengemukakan pendapat, malah ingin menjadi followers dari pendapat orang lain?

Photo Credit: Pexels

1. Punya sikap/pendapat sendiri membuatmu lebih dihargai

Dengan menyuarakan apa yang ingin kamu sampaikan, maka orang lain tentu akan menganggap bahwa kamu tegas dan punya sikap. Otomatis, kamu dan seluruh opini yang kamu sampaikan juga akan lebih dihargai, serta dipertimbangkan lagi untuk diaplikasikan ke dalam sebuah kasus/kejadian yang sedang kalian diskusikan. Ini berarti, kamu bukan sekadar followers! See?

2. Orang akan mempertimbangkan keberadaanmu

Selain itu, orang juga akan mempertimbangkan keberadaanmu. Ketika kamu terbiasa menjadi followers dari pendapat orang lain, kelamaan mungkin teman-temanmu akan berpikir,

“Ah nggak usahlah nanyain pendapatnya si A, paling nanti ikut suara terbanyak. Pendapat kita aja, gimana?”

Mereka tidak akan lagi memperhitungkan bahwa kamu ada, dan mungkin –siapa tahu, kelamaan juga tidak akan ambil pusing ketika kamu ingin menyuarakan sesuatu. Bukannya selama ini kamu selalu ikut pendapat terbanyak?

3. Memanfaatkan hak untuk berpendapat

Sejatinya, setiap orang di negara ini –termasuk di dalamnya kita para perempuan, memiliki hak untuk mengemukakan pendapat. Hak ini bahkan diatur dalam Undang-Undang Dasar. Sementara mungkin di belahan dunia lain di luar sana, banyak pula manusia yang tidak diperkenankan untuk berpendapat dan hanya mengikuti apa kata pemimpinnya. Lalu, apa kamu nggak merasa sayang kalau tidak memanfaatkan hak yang telah kamu miliki?

Photo Credit: Pexels

4. Melatih kamu untuk berpikir dan menganalisis suatu masalah

Jika kamu ingin mengemukakan pendapatmu mengenai suatu hal, otomatis kamu harus berpikir dan mencerna dulu permasalahannya. Dengan begitu, kamu sekaligus sudah belajar untuk melatih diri agar selalu berpikir dengan baik demi menganalisis suatu masalah yang ada, sehingga ke depannya kamu juga lebih terlatih dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan –apa pun masalah yang kamu hadapi kelak.

5. Melatih keberanian untuk bersuara di depan umum

Well, menyuarakan pendapat otomatis membuatmu mau tidak mau harus berani untuk bicara dan bersuara di depan banyak orang. Mungkin tidak sedikit yang minder atau bahkan takut untuk bicara di hadapan umum, tapi jelas kebiasaan ini memang harus dilatih, RulaWoman, sebab kamu memerlukan keberanian tersebut di dalam banyak bidang di hidupmu. Contoh kecilnya, kamu butuh keberanian untuk mempresentasikan tugas di depan kelas ketika kuliah, atau di dunia kerja, kamu juga perlu keberanian untuk bicara dan menghadapi klien, bukan? So, tidak ada salahnya belajar, kan? Biasakan dirimu!

6. Dengan bersikap, kamu bisa memastikan bahwa hidup kamu berada di arah yang tepat

Mengikuti pendapat orang lain membuatmu otomatis juga mengikuti jalan hidup mereka. Bahkan mungkin tidak semua opini orang lain akan relevan dengan kondisimu, tapi kebiasaan tidak punya sikap akan membuatmu terus terkurung di dalam suara terbanyak. Sebaliknya, punya sikap dan pendapat sendiri, serta berani mengungkapkannya dengan tegas, setidaknya ampuh untuk memastikan kamu berada di arah yang tepat sesuai dengan kondisi dan kehidupanmu, RulaWoman!

Photo Credit: Pexels

7. Punya sikap membuatmu tampak lebih mandiri, serta tidak terkesan manja

Selain itu, perempuan yang punya sikap juga akan dianggap lebih mandiri dan tegas, serta tidak manja dan terkesan ikut-ikutan ke mana pun orang lain pergi. Selain lebih berani, kamu tentu akan lebih kuat menghadapi banyak hal dalam kehidupanmu. Hihi.


Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan jika kamu mau belajar untuk bersikap dan mengemukakan pendapatmu dengan baik, RulaWoman! Memang, dalam kehidupan dan pergaulan sehari-hari kita tidak boleh terlalu memaksakan pendapat kita kepada orang lain, tapi mengungkapkannya saja tak ada salahnya, bukan? Yang jelas, berpendapat juga ada batasan-batasannya, girls! Jangan sampai kamu tidak berani berpendapat, atau malah terlalu keras berpendapat, hingga membuat orang lain jadi sebel dengan kehadiranmu di tengah mereka. Gunakan hakmu dalam berpendapat dengan sebaik-baiknya, dengan penyampaian yang tidak terkesan memaksakan, serta biasakan pula untuk selalu menghargai pendapat orang lain. Segalanya tidak akan terasa sulit jika kamu mau belajar untuk mencobanya, kok, RulaWoman!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman, Inilah 7 Sebab Mengapa Kamu sebagai Perempuan Harus Selalu Punya Sikap!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar