1.4K
Suka bingung kenapa gaji kamu sering habis tanpa jejak? Atau mungkin kamu merasa kamu memiliki pendapatan yang baik tapi kok kamu nggak punya apa-apa? RulaWoman, mungkin kamu memiliki keuangan yang nggak sehat.

Gaji besar nggak menjamin seseorang memiliki keuangan yang sehat, RulaWoman. Seseorang yang memiliki gaji yang lebih sedikit dari kamu mungkin malah memiliki keuangan yang lebih sehat dari kamu. Semata karena ada beberapa hal yang memang bisa dijadikan tolok ukur apakah kamu memiliki keuangan yang sehat atau tidak.

Banyak orang yang tidak menyadari hal ini, tapi untuk bisa dikatakan kamu memiliki keuangan yang sehat, berikut adalah 7 hal yang bisa kamu jadikan tanda sehat tidaknya keuangan kamu.

1. Kamu memiliki cash flow yang positif

Nggak hanya rajin mencatat, kamu juga memiliki pos-pos keuangan yang baik. Sehingga kamu tahu persis penggunaan uang kamu untuk apa saja, bahkan masih ada sisa yang bisa kamu simpan. Kamu bukan tipe yang gampang tergoda untuk membeli gorengan atau barang-barang sale yang berdampak pada bocor halus keuangan kamu.

Tapi kamu juga sudah menyiapkan budget sendiri untuk membeli pakaian atau sekedar melakukan hiburan sendiri seperti nonton di cinema atau makan di luar. Semua sesuai budget dan nggak berlebihan sesuai dengan yang kamu terapkan sendiri.

photo credit: prearreandassociate.com

2. Kamu tidak memiliki hutang kartu kredit

Kamu memiliki kartu kredit memang, dan ada masanya beberapa pembayaran yang harus kamu lakukan memang membutuhkan kartu kredit. Namun kamu nggak gampang tergoda dengan hanya membayar cicilan minimumnya. Karena kamu sadar, bunga kartu kredit setahunnya bisa mencapai 40% lebih, dan kamu nggak mau jadi donatur tetap kartu kredit.

3. Kamu memiliki hutang produktif

Hutang produktif di sini adalah cicilan terhadap aset yang nilai asetnya akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Contoh cicilan apartemen atau rumah, yang setiap tahun harganya meningkat, dan kamu bisa menyewakannya sehingga kamu malah bisa menghasilkan uang tambahan. Atau kamu memiliki cicilan kendaraan bermotor, yang kendaraan tersebut kamu gunakan untuk transportasi online, sehingga cicilannya bisa dibayar dari hasilnya sendiri, maka ini termasuk hutang yang produktif.

photo credit: freedominsurance4u.com

4. Kamu memiliki dana darurat

Dana darurat di sini adalah dana simpanan yang kamu miliki, yang bisa kamu gunakan sewaktu-waktu untuk kondisi darurat. Misalnya ada saudara yang mendadak terkena musibah sehingga membutuhkan dana, pemutusan hubungan kerja, sakit yang walau dicover oleh asuransi atau BPJS namun tetap pendapatan kamu menjadi terhenti, maka kamu bisa menggantungkan pengeluaran kamu pada dana darurat ini.

Apalagi kalau kamu memiliki tanggungan seperti orangtua, adik atau bahkan anak sendiri. Maka kepemilikan dana darurat adalah wajib, RulaWoman.

5. Kamu sudah memiliki asuransi di luar BPJS

BPJS memang melindungi kamu dari banyak hal yang menyangkut kesakitan. Namun ada beberapa kondisi juga yang nggak dicover oleh BPJS. Kalau kamu sudah memiliki asuransi untuk proteksi kamu di luar dari BPJS yang kamu miliki, maka kamu termasuk dalam kategori seseorang yang memiliki keuangan yang sehat.

6. Kamu memiliki tujuan keuangan yang jelas

Kamu memiliki tujuan keuangan yang pasti seperti kapan memiliki rumah, persiapan dana pensiun, dana pernikahan, untuk anak kamu nantinya, dan lain-lain. Walau masih termasuk ke dalam wacana, tapi kamu sudah tahu apa yang kamu inginkan dan bagaimana caranya agar kamu bisa mencapai impian kamu dengan berinvestasi di instrumen investasi yang tepat sesuai dengan profile resiko, jangka waktu dan tujuan keuangan kamu.

photo credit: bankingsenses.com

7. Kamu memiliki sedikitnya 2 jenis instrumen investasi

Ada 5 macam instrumen investasi yang harus kamu tahu. Dan kalau kamu ingin memiliki keuangan yang sehat, maka kamu setidaknya harus memiliki 2 dari 5 jenis instrumen investasi yang ada. Baik logam mulia, obligasi atau surat hutang negara, properti, reksadana atau saham, setidaknya kamu sudah lebih paham akan pentingnya berinvestasi agar uang kamu tidak habis tergerus oleh inflasi.

Nah RulaWoman, yuk dicek apakah kamu memiliki keuangan yang sehat atau tidak. Semoga bermanfaat ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman, Inilah 7 Tanda Kalau Kamu Memiliki Keuangan Yang Sehat. Apa Sajakah Itu?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fioney Sofyan | @fioneysofyan

I'm the Managing Editor at Rula.co.id., a marathoner in training, forex and IDX stock market trader, a writer, a dreamer and a mother of 2 Angels.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar