2.9K
Because choosing what to buy in make up store can be very tricky, RulaWoman!

Pernahkah RulaWoman merasa bingung ketika masuk ke toko make up seperti Sephora, atau drugstore counter seperti Guardian atau Watsons? Apalagi kalau kamu adalah beginner make up junkie, duh bisa-bisa kantong kamu bolong karena menghabiskan uang untuk beli semua produk-produk make up tambahan, dan lupa membeli produk make up yang penting untuk kamu punya. Worry not RulaWoman, inilah daftar 11 item yang harus ada di kotak make up kamu!

1. Foundation

Sebelum kamu membeli foundation, kamu harus tahu dulu jenis dan warna kulit kamu apa, karena tiap jenis dan warna kulit membutuhkan tipe foundation yang berbeda. Apakah kulit kamu berminyak, sensitif atau malah cenderung kering? Setiap foundation memiliki formula yang berbeda-beda, dan karenanya akan memberikan dampak berbeda-beda pula pada setiap jenis kulit.

Kalau kamu memiliki kulit berminyak yang mudah berjerawat (acne prone), hindari semua foundation yang mengandung minyak (oil infused) atau yang menawarkan shimmery look. Best foundation that suits you is foundation with no pore clagging, face drying, dan skin-irritating formulas. Try: L'Oreal infallible or Too Faced Born This Way.

Kalau kamu memiliki kulit kering, foundation yang kamu butuhkan adalah foundation yang memberikan efek moisturizing dalam formulanya. Try: Revlon Foundation or Make Up For Ever HD Foundation.

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli warna foundation, ingat untuk tidak mencoba shade foundation di punggung tangan kamu, karena skin-tone punggung tangan dan wajah kamu itu berbeda lho, RulaWoman! Kamu kan mau memakai foundation di wajah bukan di tangan? So try one drop of foundation di leher kamu supaya warna muka dan leher jadi nggak belang, dan kamu mendapatkan shade foundation yang sempurna untuk skin tone kamu.

2. Concealer

Concealer functions to cover all of your skin's flaws. Bekas jerawat? Check! Under eye circles? Check! Kalau kulit kamu belang karena keseringan terpapar matahari juga bisa ditutupi dengan concealer. So basically, concealer is the main key to make your skin look flawless.

Tidak hanya berbentuk liquid, concealer juga ada yang berbentuk agak padat seperti stick atau pensil. Stick or pencil concealer ini bisa kamu pakai untuk membentuk alis lebih on fleek dengan mengulaskannya di garis atas dan bawah alis. Selain itu, concealer juga terdiri dari beberapa warna nih, RulaWoman!

Buat kamu yang on budget, coba Pro HD Conceal, atau Maybelline FIT ME Concealer. Or if you want to invest more in concealer, NARS Creamy Concealer or Urban Decay Naked Skin Concealer.

3. Brow Enhancer

Thanks to Cara Delevigne, now our brows get our deeper concern. Jangan sampai salah bentuk atau memilih shade untuk alismu ya, RulaWoman! Kalau kamu mempunyai alis yang cukup lebat, kamu cukup memulas pensil alis dengan mengikuti garis alis kamu, atau hanya mengulas brow mascara untuk tampilan yang lebih natural. Kamu bisa coba pensil alis dari NYX atau Revlon, dan brow mascara dari NYX atau Benefit. Kalau kamu punya budget lebih, Anastasia Beverly Hills' brow product is really a brow kit worth the splurge!

Tapi untuk kamu yang rambut alisnya nggak cukup tebal, bentuklah alis kamu dengan menggunakan brow gel or brow powder instead of brow pencil. Penggunaan brow gel atau brow powder ini bakal bikin alis kamu terlihat lebih 'nyata' dan natural lho RulaWoman! You can try Brow Kit from The Body Shop. Or if you prefer brow gel, you can never go wrong with NYX brow gel. It works wonder and lasts all day!

4. Setting Powder

Ini penting banget buat ada di make up box kamu, RulaWoman! Selain untuk nge-"set" semua creamy make up di wajah kamu supaya tahan sepanjang hari, finishing powder ini juga bikin wajah kamu kelihatan nggak dempul dan kelihatan naturally flawless! Ben Nye Setting Powder in Banana Shade adalah setting powder favorit the queen of contour, Kim Kardashian. Atau kalau kamu takut setting powder yang berwarna ngga cocok di kulit kamu, kamu bisa pilih setting powder in transluscent dari Ben Nye atau RCMY.


5. Eyeshadow Palette

Nggak perlu eyeshadow palette besar yang semua warna ada, tapi kamu cukup punya satu eyeshadow palette yang memiliki warm colours, dengan tekstur matte dan glitter. Dengan palette ini, kamu bisa aman berkreasi menciptakan tampilan mata apapun, from neutral look to funky smokey eyes without looking too much! Kalau kamu lebih prefer drugstore makeup, Maybelline The Blushed Nudes atau La Palette 1 dari L'Oreal cukup untuk bikin tampilan mata kamu sangat cantik. If you want to spend more splurge for way more pigmented, stay all day eyeshadows, Too Faced Chocolate Bar or Urban Decay Naked are perfect for your make up box, RulaWoman!

6. Bronzer-Blush-Highlighting Palette

Bikin pipi merah merona? Check! Bikin tulang pipi terlihat tegas? Check! Jaw-dropping jaw? Check! Beautifully glowing face? Check! Supaya kamu nggak perlu mengeluarkan budget berlebih, belilah 3 in 1 palette. Selain lebih hemat, akan lebih praktis untuk dibawa kemana-mana dalam pouch makeup kamu. Coba bronzer palette favorit beauty vlogger Kathleen Lights, The Manizer Sisters dari The Balm yang juga punya rating 4.4/5 di femaledaily.com.

7. Black Eyeliner

Kamu males ribet-ribet pake foundation dan lain-lain tapi nggak mau bare face kamu kelihatan kaya orang baru bangun tidur? Eyeliner is definitely the answer! Tapi, jangan sampai eyeliner kamu meleber kemana-mana karena keringet ya, RulaWoman! Pick the right eyeliner with super staying power. Kamu wajib punya eyeliner hitam di makeup box kamu, atau makeup pouch kamu yang siap dibawa kemana pun kamu pergi. Works wonder: Wardah Eyeliner Gel, Stila Liquid Liner, Kat Von D Tattoo Liner.

8. Eyelash Curler

Penjepit bulu mata penting banget untuk ada di makeup box kamu, karena bulu mata lentik bakal bikin mata kamu terlihat lebih cantik. Selain itu, menjepit bulu mata yang panjang akan membuat kamu lebih nyaman untuk memakai kacamata. Protips: Sebelum menjepit bulu mata, panaskan penjepit bulu matamu dengan menggunakan hairdryer, lalu pelan-pelan jepit bulu mata kamu selama 10 detik. Ini bakal bikin bulu mata kamu lentik lebih lama lho, RulaWoman! Ingat, jepitlah bulu matamu sebelum memakai maskara, karena penggunaan eyelash curler setelah pemakaian maskara bakal bikin bulu mata kamu rontok. Beauty vlogger recommendation: Shu Uemura Eyelash Curler

9. Mascara

Mata adalah salah satu fokus utama yang menentukan kesempurnaan make up kamu, dan tampilan riasan mata nggak bakal lengkap tanpa maskara. Maskara mempunyai berbagai macam fungsi, ada yang untuk memberi volume lebih terhadap bulu mata, dan ada juga yang mengandung vitamin yang membuat bulu mata lebih panjang. Jangan sampai salah pilih mascara ya RulaWoman, karena beberapa maskara ada yang formulanya clumpy, dan bikin bulu mata malah kelihatan seperti spider web. Hiiii jelek banget kan? Menurut review para beauty vlogger, ada dua brand yang memiliki maskara favorit mereka, yaitu Better Than Sex Mascara dari Benefit dan beberapa produk maskara dari Maybelline.

10. Brush Set

Ya, ini adalah salah satu item wajib di makeup box kamu. Kamu perlu brush dengan fungsinya masing-masing: Untuk mengaplikasikan foundation, contour blending, dan memulas eyeshadow. Penggunaan brush ini membuat hasil makeup lebih natural karena lebih menyatu dengan kulit dibanding spons lho, RulaWoman! Tentu saja, kamu harus memilih brush yang teksturnya lembut supaya tidak menyakiti kulit kamu. The better the brush, the prettier you'll be! Worth the splurge: Real Techniques, Eco Tools, and Morphe Brushes.

11. Last but not least: Lipstick!


Ini pasti jadi item terfavorit di make up box kamu. Warna yang beragam dan koleksi lipstick yang dirilis hampir tiap hari dari berbagai brand pasti bikin kamu gemas ingin mengoleksi semua warnanya. Kamu harus memastikan dulu lipstick berwarna netral atau nude dan lipstick berwarna bold sudah ada di makeup box kamu. Nude, or my lips but better kind of shade bisa kamu pakai untuk mengimbangi riasan mata kamu yang berat, dan bold shade lipstick bisa bikin kamu tampil all out ketika kamu merasa tidak ingin memakai makeup yang ribet. Make up artists faves: MAC, Girlactik.


Sebelum membeli, lakukan research supaya kamu nggak salah membeli produk make up. Kamu bisa lihat review tentang produk make up yang kamu incar di makeupalley.com atau femaledaily.com. Membaca review produk dari beauty blogger favorit kamu juga bisa membantu kamu dalam memilih produk terbaik yang kamu butuhkan. Kalau kamu mempunyai kulit yang mudah berjerawat, kamu bisa memilih produk favoritnya Em Ford di channel Youtube-nya, tetapi kalau kamu mempunyai kulit kering cenderung sensitif, kamu bisa contek produk apa saja yang digunakan oleh Kathleen Lights. But if you are that one who have worry free normal skin that can keep up with anything, lucky you!

Pahami betul warna kulit kamu, tingkat sensitivitas kulit kamu, dan jika ada ukuran travel size, belilah ukuran travel size dulu sehingga kamu bisa memastikan apakah formula make up tersebut cocok dengan kulit kamu dan nggak bikin breakout. Dan sebelum membeli online, pastikan online shop tempat kamu belanja hanya menjual authentic make up.

So, happy shopping, RulaWoman!

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman! Inilai 11 Item yang Wajib Kamu Punya Dalam Kotak Make Up Kamu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ina Massijaya | @inamassijaya

Currently pursuing a master degree in Economics and a career as a writer in any time soon.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar