798
Tinggal di apartemen dengan luas terbatas bukan berarti kehilangan rasa nyaman. Ada tips untuk memaksimalkan apartemen yang luasnya terbatas sehingga terlihat lebih luas.

Kemampuan untuk membuat apartemen terlihat lebih besar akan sangat bermanfaat. Tak perlu repot, dengan menggunakan beberapa trik sederhana, apartemen kecil kamu akan terlihat dan terasa jauh lebih besar.

Well, langsung saja ya, berikut ini beberapa cara dan trik agar apartemen terlihat besar dan lebih luas!


Hindari unitasker

Hindari Unitasker - Photo credit: everydaycheapskate.com
Photo credit: everydaycheapskate.com

Unitasker berarti benda yang hanya bisa melakukan satu tugas saja. Daripada memiliki benda untuk satu fungsi, cari yang bisa melakukan banyak hal. Daripada membeli satu set mangkuk, beli dua mangkuk berukuran besar. Daripada membeli satu set pisau, cukup gunakan pisau multifungsi. Benda unitasker hanya akan makan tempat dan jarang digunakan. Hindari dan hanya beli benda yang bisa digunakan untuk banyak fungsi.


Gunakan meja dengan bagian penyimpanan

Gunakan Meja Dengan Bagian Penyimpanan - Photo credit: golfstoreshop.com
Photo credit: golfstoreshop.com

Kapanpun kamu menggunakan meja, selalu pilih yang memiliki laci atau area penyimpanan tambahan. Furniture ini cocok untuk tempat menyimpan piring, cangkir, serta benda lain.

Ada baiknya mengisi area penyimpanan pada meja di ruang tamu dengan benda yang akan digunakan ketika tamu datang agar kamu tidak perlu membuka lemari atau pergi ke ruangan lain. Selain itu, simpan semua games dan koleksi DVD di salah satu tempat agar mudah diakses kapanpun kamu akan menggunakannya.


Perabot yang bisa dilipat

Perabot Yang Bisa Dilipat - Photo credit: i.pinimg.com
Photo credit: i.pinimg.com

Daripada menghabiskan banyak tempat untuk tempat tidur tamu, gunakan saja sofa yang juga berfungsi sebagai tempat tidur lipat. Saat tidak digunakan, furniture ini bisa dimanfaatkan sebagai sofa, tapi ketika kamu butuh tempat tidur untuk tamu, sofa bisa difungsikan sebagai tempat beristirahat.

Pilihan lain adalah memasang tempat tidur lipat pada dinding. Ketika ada tamu, cukup sisihkan benda yang ada di depannya dan kamu sudah punya tempat nyaman untuk tamu tidur.

Bila tidak suka pilihan di atas, kamu bisa gunakan kasur udara. Ada ukuran yang bervariasi dan mudah disimpan ketika tidak digunakan.


Pengaturan barang yang baik

Pengaturan Barang Yang Baik - Photo credit: 1.bp.blogspot.com
Photo credit: 1.bp.blogspot.com

Kamu harus memiliki sistem penyimpanan agar bisa menemukan barang apapun dengan mudah. Misalnya, akan sangat membantu bila peralatan kerja seperti gunting, pulpen, selotip, dan sebagainya disimpan di laci khusus. Kamu tidak perlu tahu dimana gunting berada. Kamu hanya harus tahu dimana peralatan kerja disimpan sehingga akan mudah menemukannya. Ketika kamu bisa menemukan dengan mudah benda yang kamu butuhkan, maka kamu tak perlu lagi membeli barang yang sama. 


Penyimpanan vertikal

Penyimpanan Vertikal - Photo credit: lowes.com
Photo credit: lowes.com

Pilih rak tinggi hingga mencapai bagian atap daripada rak yang pendek. Kamu bahkan bisa menumpuk beberapa rak, misalnya dua hingga tiga rak berdampingan. Kuncinya adalah menyusunnya ke atas, bukan menyamping.


Berbagi kepemilikan untuk barang berukuran besar

Berbagi Kepemilikan Untuk Barang Berukuran Besar - Photo credit: 4.bp.blogspot.com
Photo credit: 4.bp.blogspot.com

Bila kamu memiliki barang berukuran besar dan tetap ingin menyimpannya, kamu bisa cari teman yang memiliki area penyimpanan dan berbagi kepemilikian barang tersebut denganya. Biarkan teman menggunakan benda tersebut kapanpun ia membutuhkannya bila ia bersedia menyimpannya untukmu. Lalu kapanpun kamu ingin memakainya, kamu bisa mengunjungi teman dan meminjamnya.

Ini tidak berarti barang itu tidak lagi jadi milikmu. Ini hanya berarti barang disimpan dan digunakan oleh teman, dan kamu masih bisa menggunakannya ketika dibutuhkan tanpa perlu menyediakan tempat di apartemen untuk menyimpannya.


Dekorasi minimalis

Dekorasi Minimalis - Photo credit: noths-static.com
Photo credit: noths-static.com

Sangat menarik bila mengisi area dinding dengan gambar serta benda lain yang kamu inginkan. Masalahnya adalah ini membuat apartemen terasa penuh dan sesak. Jauh lebih baik bila kamu memilih beberapa benda saja sebagai dekorasinya. Pilih yang sangat bermanfaat atau menciptakan suasana klasik di ruangan.

Bila ada banyak benda yang ingin kamu pajang, simpan sisanya di lemari dan ganti secara teratur. Daripada memajang 10 benda di dinding, batasi menjadi 3 lalu ganti secara bergiliran.


Gunakan furniture berukuran besar

Gunakan Furniture Berukuran Besar - Photo credit: jendela360.com
Photo credit: jendela360.com

Bila ruang apartemen tidak besar, kamu mungkin mengira furniture berukuran kecil lebih cocok, masalahnya kemudian orang memilih banyak perabot kecil untuk memenuhi kebutuhan mereka dan semua perabot kecil ini lebih makan tempat dan kurang fungsional dibanding perabot besar.

Sebaiknya daripada membeli beberapa kursi ukuran kecil, pilih satu sofa besar. Daripada membeli dua atau tiga rak buku kecil, cukup beli satu yang berukuran besar.  Benda besar memang memakan tempat lebih banyak tapi kamu tidak perlu membeli lebih dari satu. Furniture ukuran besar menggantikan dua atau tiga perabot kecil dan ini lebih menghemat ruang.

">http://rula.co.id/post/manfaatkan-kotak-kardus-bekas-di-rumahmu-untuk-beberapa-hal-ini-1496670312[/readmore]

Semoga bermanfaat, RulaWoman!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman, Intip Yuk Tips Memaksimalkan Apartemen Kecil Agar Terlihat Lebih Lapang". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ismawati Asmat | @Ismawati

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar