708
Menjadi Mahasiswa semester akhir memang beban tersendiri. Sebab RulaWoman tidak hanya disibukkan dengan tugas akhir tapi juga tantangan menghadapi 'dunia nyata' setelah lulus nanti. Are you ready for that wild new world RulaWoman ?

RulaWoman, menjadi mahasiswa semester akhir tentu menjadi beban tersendiri ya. Sebab RulaWoman tidak hanya disibukkan dengan tugas akhir tapi juga berbagai persiapan menghadapi dunia baru setelah lulus nanti. Jangan sampai RulaWoman hanya terfokus pada studi dan tugas akhir RulaWoman sehingga kagok dengan persaingan yang harus RulaWoman hadapi setelah lulus nanti. Nah berikut beberapa persiapan yang bisa RulaWoman lakukan sembari mengerjakan tugas akhir sebagai bekal setelah lulus nanti.

Improve Your English

RulaWoman pasti sudah tahu kalau bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Berbagai perusahaan juga sekarang menetapkan kemampuan dan keaktifan berbahasa inggris sebagai salah satu syarat rekrutmen. Oleh sebab itu, RulaWoman jangan malas untuk belajar bahasa inggris ya ? Belajar bahasa inggris tidak harus ikut kursus loh RulaWoman. RulaWoman bisa melatih kemampuan berbahasa inggris RulaWoman salah satunya dengan menonton film hollywood tanpa subtitle atau banyak membaca artikel berbahasa inggris.



Pelajari Hal Baru

Zaman itu selalu berkembang RulaWoman, nah RulaWoman jangan sampai ketinggal apalagi di era digital seperti sekarang ini. Bila zaman dulu mengusai software microsoft office saja sudah cukup, lain dengan zaman sekarang. Kemampuan menguasai microsoft office manjadi suatu hal yang wajar sehingga hal tersebut tidak menambah nilai kualifikasi RulaWoman. RulaWoman harus menjadi lain daripada yang lain, misalnya RulaWoman bisa belajar menggunakan aplikasi photo editing seperti photo shop atau correl draw. Terlebih zaman sekarang adalah era digital, dimana kemampuan menggunakan aplikasi photo editing menjadi penting. Nah hal itu bisa meningkatkan kualifikasi dan soft skill RulaWoman untuk bersaing dengan fresh graduate yang lain.



Hadiri Job Fair

Meskipun belum lulus, menghadiri job fair bisa memberi gambaran bagi RulaWoman tentang dunia setelah lulus kuliah. RulaWoman juga bisa memperkirakan saingan RulaWoman untuk bekerja di bidang yang RulaWoman inginkan sehingga RulaWoman bisa menyiapkan strategi. Selain itu RulaWoman juga bisa mengetahui kualifikasi apa saja yang umumnya diminta perusahaan dari para job seeker, dengan begitu RulaWoman bisa lebih mempersiapkannya kelak.



Ikut Career Class

Mengikuti career class juga sama pentingnya dengan menghadiri job fair. Career class biasanya berupa seminar atau pelatihan yang diadakan oleh lembaga pengembangan dan pelatihan atau juga dari perusahaan-perusahaan. Ikut career class bisa memberi RulaWoman tips dan trik untuk menghadapi persaingan dunia kerja kelak. Selain itu, kadang dalam career class disertai tes potensi yang dapat memetakan minat RulaWoman yang masih bingung memilih bidang pekerjaan.



Ikut Internship

Nah, mengikuti internship bisa menjadi bekal yang sangat berharga untuk RulaWoman dalam menghadapi dunia kerja kelak. RulaWoman bisa selangkah lebih maju dibanding para fresh graduate sekaligus job seeker yang belum pernah ikut internship. Ikut internship juga bisa membuat RulaWoman lebih berpikiran kreatif dan terbuka karena pernah berinteraksi dengan orang-orang dari dunia kerja yang sesungguhnya.



Enlarge Your Circle

Yup, RulaWoman harus memperluas pergaulan RulaWoman. Semula RulaWoman hanya bergaul dengan teman-teman kuliah RulaWoman tapi untuk meningkatkan kemampuan sosial RulaWoman, RulaWoman harus bergaul selain dengan teman-teman kuliah. Misalnya RulaWoman bisa mengikuti internship, mengikuti komunitas tertentu atau mencari pekerjaan part time untuk menambah kenalan. Semakin luas lingkungan RulaWoman, maka pikiran RulaWoman akan semakin terbuka. Pikiran terbuka akan menjadikan RulaWoman lebih kreatif melihat situasi dan menghadapi tantangan.


Nah, itu dia beberapa langkah yang bisa RulaWoman lakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia baru setelah lulus kuliah nanti. Semoga bermanfaat ya RulaWoman :)



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman, Kamu Mahasiswi Semester Akhir? Ini Dia Hal-hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Lulus Kuliah". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


qurrotu ainiputri | @ainiputri

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar