1.5K
Lebih dari 80% korban kekerasan domestik tidak menyadari kalau dirinya telah di abuse atau terjebak dalam hubungan yang penuh dengan kekerasan. Bahkan sampai ada yang merasa kalau tindakan kekerasan yang dilakukan padanya adalah hal yang wajar karena sifat dasar.

Kekerasan dalam hubungan atau kekerasan domestik, seringkali tidak disadari semata karena pelaku biasanya memulai dari hal-hal kecil yang terlihat remeh, seolah ingin merubah kita atau ada hal dari diri kita yang ia merasa tidak nyaman. Dan lebih parahnya lagi, pasangan yang di abuse malah membiarkan dan membenarkan tindakan tersebut, karena mereka percaya kalau ini memang salah mereka.

Apa yang salah di sini, RulaWoman? Apakah kita yang salah di sini karena membiarkan atau sesederhana karena kita tidak mengerti kekerasan domestik itu apa?

Menurut Breakthecycle.com. kekerasan domestik dibagi dalam 4 jenis yaitu, kekerasan fisik, kekerasan verbal, kekerasan seksual dan kekerasan digital.

Foto sumber: mentalhealth4muslims.com


Dan sangat penting bagi kita untuk mengetahui 11 tanda kekerasan domestik yang dilakukan pasangan kita, karena siapa tahu ternyata kita telah mengalami kekerasan domestik tanpa kita sadari.

1. Ia sering complain atas ketidaksempurnaan kita membuat atau melakukan sesuatu

Dan ini mulai dari hal yang sederhana. Mulai dari membunyikan suara ck..ck.. tanda kesal karena teh atau kopi yang kita buat terlalu manis, atau karena ia meminta kita melakukan suatu riset mengenai hal di komputer yang kita tidak mengerti apa, karena jelas sebenarnya kapabilitas kita berbeda dengannya berbeda, dengan dalih "Kan kamu yang pinter, masa begitu aja nggak ngerti sih?"

Padahal, ia begitu karena malas, dan memulai usahanya dia untuk mem'babu'kan kita. Lelaki yang membutuhkan bantuan kita akan mendengarkan dan mengajak diskusi, bukan memarahi.

2. Ia merendahkan kita di depan teman-temannya atau keluarganya

"Ah kalau dia mah begini.. " "Ah kalau dia mah begitu.." bahkan beberapa kali ia ikut menertawakan kita di depan umum, sehingga kita merasa kecil atau sedih.

Seorang pria sejati tidak akan melakukan itu pada kita RulaWoman. Dan seorang lelaki yang mencintai kita malah akan bangga pada keberadaan kita, dan cenderung suka mamer. Bayangkan, kalau di depan umum saja ia tidak bisa menghargai kita, bagaimana kala orang tidak melihat?

3. Pada saat kita sakit, ia tidak mau mengurus kita, malah kesal

"Aku nggak suka lihat kamu sakit, nggak ada yang ngurusin aku," dan itu adalah salah satu kalimat paling menyakitkan yang pernah dilontarkan pada saya.

Kita bisa tahu apakah seseorang mencintai kita, pada saat kita sakit. Bagaimana ia menunggui kita di rumah sakit, atau bagaimana ia ketakutan, panik dan menjadi extra khawatir melihat kita sakit, seolah dunianya yang runtuh, maka lelaki seperti itu yang patut dipertahankan.

Lihat saja Habibie dan Ainun. Atau dalam hal ini, ayah tiri saya pada Ibu saya. Saya jadi belajar cinta itu apa dari cara ayah tiri saya memperlakukan ibu saya di rumah sakit.

4. Pada saat ia sakit, kita harus mengurus dia dengan sempurna, dan kadar marahnya meningkat

Dan jangan heran kalau di depan umumpun ia tidak akan segan-segan membentak kita seolah-olah kita layak diperlakukan seperti itu dan penyakit yang terjadi padanya adalah tanggung jawab kita, salah kita. Padahal, yang sakit siapa?

5. Ia mengganti channel tv yang sedang kita tonton, tanpa peduli

Kelihatannya sepele memang. Namun ternyata ini adalah tanda awal kalau ia tidak menghargai kita. Akan lebih baik kalau ada toleransi bersama, atau setidaknya menjadikan acara nonton sebagai ajang kesenangan berdua, bukan melulunya kita harus menuruti channel kesukaannya.

Tunjukannya padanya kalau ia juga harus menerima apa adanya kita, walau acara tv kesukaan kita berbeda. Kita bisa mentoleransinya, kenapa ia tidak mau melakukan hal yang sama?

6. Ia tidak mengizinkan kita untuk bergaul dengan teman-teman kita

Kalau misalnya sejak bersama dengannya frekuensi 'bergaul' kita berkurang, coba perhatikan baik-baik. Apakah karena permintaannya, atau secara terselubung ia ingin menguasai kita untuk dirinya sendiri?

Apalagi dengan tambahan alasan,"Aku nggak suka teman-teman kamu," Ini adalah suatu hal yang sebenarnya meremehkan. Seorang lelaki yang mencintai kita akan melakukan apapun untuk diterima teman-teman kita, bukan melulu mengutamakan egonya. Dan ternyata, ini suatu bentuk kekerasan domestik. Karena akhirnya ia membatasi kehidupan sosial kita, dan merasa memiliki kita untuk dirinya sendiri.

Foto sumber: tutzone.org

7. Posesif dan cemburuan

Kalau misalnya RulaWoman berpikir cemburu adalah tanda sayang, think again! Cemburu adalah manisfestasi dari rasa percaya diri yang rendah, minder, atau malah sebagai usaha sebenarnya untuk menutupi perselingkuhannya.

Iya, RulaWoman. Si dia ternyata cemburu karena ketakutan kalau semua hal yang dituduhkannya pada kita, itu sebenarnya terbalik. Dan jangan heran kalau ternyata kamu bukan satu-satunya.

Lagipula, kenapa kita harus menghabiskan waktu dengan orang yang rendah diri dan tidak percaya pada kita? Itu adalah problemnya, bukan problem kita. Jadi kenapa kita yang harus terima disalahkan?

8. Ia tiap sebentar mengecek handphone kita

Kalau misalnya kita tiap sebentar ingin mengecek handphonenya, dan dia juga. Putuskan hubungan. Karena ini pertanda hubungan yang nggak sehat.

Dasar dari sebuah relationship adalah kepercayaan. Pengecekan handphone hanya berarti tidak adanya kepercayaan dalam hubungan yang sedang kita jalani. Artinya: ga worth it.

9. Ia sering be-rahasia, tapi kita tidak boleh melakukan apapun tanpa sepengetahuannya

Dia bisa marah atau diam saja kalau kita bertanya,"Kamu dimana, sama siapa dan ngapain aja?" Iya, saya paham, nggak semua lelaki senang ditanya seperti ini karena seolah menunjukkan ketidakpercayaan kita dan possessiveness. Tapi ternyata, lelaki yang baik dan mencintai kita akan menerangkan panjang lebar dia ada di mana, sama siapa dan ngapaian saja, tanpa kita minta. Semata karena ia menghormati kita sebagai pasangannya.

Lagipula, kita sendiri juga akan selalu lapor bukan RulaWoman? Tanpa ia minta, sesederhana karena kita menghargainya?

Foto sumber: sanjeetv.me

10. Ketika kita menangis, ia tidak peduli, malah mengecilkan

Lelaki memang tidak suka melihat perempuan menangis. Bahkan sebagian dari mereka akan merasa ini adalah senjata kita dalam meluluhkannya. Disini sebenarnya bisa terlihat, apakah egonya terluka sehingga ia semakin marah dan malah mengecilkan kita, atau setidaknya mencoba membujuk kita dan melunak?

11. Kita harus selalu mengutamakannya, sementara urusan kita tidak penting baginya

Berapa kali kita harus membatalkan rencana kita yang penting demi mengikuti apa maunya? Sementara untuk acara kita yang penting, boro-boro ia mau membantu, malah terkadang ogah berpartisipasi, atau mungkin membiarkan kita melakukan segala sesuatunya sendiri, tanpa mau repot atau setidaknya memberi dukungan moral pada kita?

Verbally abusive memang seringkali tidak terlihat, namun sikap-sikapnya yang tidak menghargai seperti ini, sadar atau tidak akan merampok kepribadian kita sehingga kita tidak merasa dicintai dan tidak berharga. Dan hal ini justru membuatnya jauh lebih parah daripada kekerasan fisik.

Foto sumber : carelodge.com


Dear RulaWoman, kadang karena kita pikir kita sayang pada pasangan, kita sering memilih atau maklum atas tindakannya yang mungkin kasar pada kita. Tapi coba tanyakan pada diri kita sendiri, orang tua kita akan tega nggak melihat kita diperlakukan seburuk ini? Atau kita akan tega melihat kerabat atau orang yang kita kenal dilakukan dengan buruk?

Kalau masih dalam status kekasih saja kita sudah diperlakukan buruk dan kita membiarkan karena takut, bayangkan apa yang bisa terjadi setelah menikah?

Dan kalau kita mengalami atau melihat terjadinya tindak kekerasan, kita bisa meminta bantuan dan melaporkannya ke KomNas Perempuan, Jl. Latuharhari no. 4B, Menteng, Jakarta Pusat, dengan telpon 021-3903963.

Kalau kita membiarkan, padahal kita tahu, sama juga kita mendukung dan mengamini tindakan kekerasan ini pada perempuan.

Jadi, apakah yang bisa kita lakukan RulaWoman?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman, Kenali 11 Tanda Kekerasan Domestik Yang Dilakukan oleh Pasangan Kita, Tanpa Kita Sadari". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fioney Sofyan | @fioneysofyan

I'm a Wealth Assets Management, a marathoner in training, forex and IDX stock market trader, a writer, a dreamer and a mother of 2 Angels.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar