1.6K
Menikah adalah sebuah kepastian. Meskipun belum pasti waktunya kapan dan dengan siapa.

Usia 25 tahun merupakan usia yang rawan dengan berbagai pertanyaan kapan. Terutama perempuan, seringkali sewot mendapat pertanyaan kapan nikah. Padahal usaha untuk menuju ke pelaminan rasa-rasanya juga sudah total. Tetapi belum juga tampak batang hidung ‘mas jodoh’. Bagaimana tidak kesal dengan pertanyaan kapan yang bertubi-tubi seperti itu?!

Tenang, Rulawoman, pepatah kita mengatakan, takkan lari gunung dikejar, hilang kabut tampaklah dia. Sama seperti jodoh. Jika sudah tiba waktunya, kamu pasti akan bertemu dengannya.

Tidak percaya? Putar salah satu film dalam daftar di bawah ini. Dijamin, kamu akan semangat kembali untuk mengejar cinta.

1. The Teacher’s Diary (2014), Thailand

Photo credit: impawards.com

Adalah Song dan Ann, dua guru yang mengajar di tempat yang sama pada waktu yang berbeda. Keduanya bertemu melalui sebuah buku harian. Kisah cinta Song dan Ann unik karena sebelumnya mereka tidak pernah bertemu. Lalu bagaimana mungkin keduanya bisa saling jatuh cinta jika tidak pernah bertatap muka? Mungkin inilah yang dinamakan jodoh.

Drama patah hati hingga hubungan putus-nyambung bisa kamu temukan dalam film berdurasi dua jam ini. Saat menonton film ini, kamu juga akan memasuki dunia pendidikan yang dipenuhi canda, tawa, dan tangis anak-anak. Film yang rilis tahun 2014 ini juga menyajikan beragam persoalan pendidikan yang lain, seperti fasilitas sekolah yang minim dan dilema orang-orang pinggiran. Selain itu, ada bonus pemandangan alam Thailand yang indah di sepanjang film.

2. PK (2014), India

Photo credit: theasian.asia

Karya Amir Khan yang satu ini disinggung-singgung sebagai film yang sentimentil karena mengangkat isu SARA. Meski demikian, PK memiliki kisah cinta yang tak kalah menarik dari film-film romantis yang lain. Kisah cinta dalam film berdurasi 2.5 jam ini justru menjadi benang merah alur cerita.

Dikisahkan bahwa Jaggu yang seorang India menjalin cinta dengan Rafaraaz yang seorang Pakistan. Hubungan mereka tidak direstui oleh sang ayah karena keduanya beda agama dan budaya. Sesuai ramalan seorang pemuka agama yang dipercayai ayah Jaggu, Rafaraaz tidak memenuhi janji untuk menikahinya. Jaggu pulang ke kampung halaman dengan menanggung sakit hati. Sekian waktu berlalu, Jaggu bertemu dengan PK, makhluk asing dari planet antah berantah. Berkat PK inilah, fakta tentang Rafaraaz terungkap di akhir cerita. Jaggu dan Rafaraaz akhirnya bersatu kembali. Bagaimana mungkin dua orang yang terpisah sekian lama, berbeda agama dan budaya bisa bersatu? Mungkin inilah yang disebut jodoh. Dijamin kamu akan terharu menyaksikan akhir kisah mereka.

3. Proposal Daisakusen (2007), Jepang

Photo credit: crossgate.blog.163.com

Kali ini kamu akan dibawa ke negeri Jepang. Proposal Daisakusen merupakan dorama Jepang yang ceritanya berfokus pada Kenzo dan Rei. Keduanya adalah sahabat sejak kecil. Meskipun saling suka, namun tidak pernah ada yang mengungkapkannya. Kenzo kemudian melakukan perjalanan waktu ke masa lalu. Ia rela berlari sepanjang perjalanan demi menyatakan perasaannya kepada Rei. Namun berapa kalipun Kenzo kembali ke masa lalu, ia tidak pernah berhasil mengatakannya. Kenyataan tidak bisa diubah. Rei tetap menikah dengan pria lain. Kenzo harus menghadapi kenyataan. Ia kembali ke masa depan dan menemui Rei di pelaminan. Rupanya aksi Rei di masa depan justru malah berhasil. Bagaimana bisa seseorang bersanding dengan orang yang sudah menikah? Begitulah jodoh. Tidak tertebak.

4. Turn Left Turn Right (2003), Hongkong

Photo credit: blogzona.hu

Film ini diangkat dari sebuah cerita bergambar dengan judul yang sama karya Jimmy Liau yang menjadi best seller di Asia. Film yang rilis tahun 2003 ini bercerita tentang dua orang yang dipermainkan oleh takdir. John Liu dan Eve Choi, seorang pemain biola dan seorang penerjemah yang jatuh cinta pada pandangan pertama. Keduanya selalu berpapasan di tengah jalan, taman, dan di manapun mereka berada. Keduanya saling mencari, tetapi tidak pernah menemukan. Liu mengambil arah kiri, sementara Choi mengambil arah kanan. Demikian pula sebaliknya. Bagaimana mungkin dua orang yang selalu berjalan berlawanan arah bisa bertemu? Apa lagi namanya kalau bukan jodoh?

5. The Classic (2003), Korea

Photo credit: photobucket.com

Tidak perlu diragukan lagi, Korea adalah gudangnya film romantis. The Classic salah satunya. Menceritakan kisah cinta segitiga Jo Hee. Jo Hee mendapat surat cinta dari Tae Soo yang sebenarnya ditulis oleh Joon Ha. Pada akhirnya Jo Hee justru menjalin kasih dengan Joon Ha. Namun karena larangan orang tua dan keributan politik Korea saat itu hubungan mereka kandas di tengah jalan dan Jo Hee pun menikah dengan Tae Soo.

Tunggu dulu. Kisah film ini belum usai. Adalah Ji Hae, anak Jo Hee yang kehidupan cintanya hampir serupa dengan apa yang dialaminya. Ji Hae—gadis pemain biola dan jago taekwondo—menuliskan email cinta kepada Sang Min—pemain teater yang menjadi bintang kampus—atas permintaan Soo Gyung. Lama kelamaan Ji Hae jatuh hati pada Sang Min. Tetapi malang, Sang Min tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa ia menyukainya balik. Tertekan oleh perasaan sungkan kepada Soo Gyung, Ji Hae memilih mundur. Namun takdir berkata lain. Meskipun Ji Hae mundur dalam pertempuran, ternyata Sang Min justru maju mendekatinya. Di akhir cerita, terungkap mereka memiliki latar belakang orang tua yang saling berhubungan. Bagaimana ceritanya? Tonton sendiri filmnya ya.

Belajar dari 5 kisah cinta dalam film di atas, tidak ada yang tahu kapan dan di mana kamu akan bertemu dengan jodoh. Tetapi yang jelas, kalau sudah jodoh, tak akan lari ke mana. Jangan menyerah, teruslah berusaha dan optimis!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rulawoman Masih Single? 5 Film Drama Asia ini Bisa Jadi Penyemangat Kamu dalam Menemukan Jodoh". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar