2.1K
Selain malnutrisi, ternyata diare juga bisa menjadi penyebab atas terganggunya proses pertumbuhan pada anak loh, RulaWoman.

Iya RulaWoman, malnutrisi bisa terjadi akibat diare yang tidak tertangani dengan baik. Terutama, pada bayi dan anak-anak. Oleh karena itu, penting bagi RulaWoman yang sudah memiliki anak, untuk mengerti lebih lanjut tentang apa sih dan bagaimana pentingnya penanganan diare, dengan kombinasi pemberian cairan dan nutrisi yang benar. Jangan lupa, ajari pengasuh bayi kamu juga ya.

Apa sih yang bisa kamu lakukan untuk pertolongan pertama terhadap diare?

Kalau bayi atau balita kamu mengalami diare, kondisi ini harus ditangani dengan cepat dan tepat. Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan kembali cairan dan elektrolit, yang bisa kamu temukan banyak banget di apotik, seperti oralit, misalnya.

photo credit: popsugar.com

Kenali penyebabnya, dan pahami cara mengatasinya

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya, salah satu penyebab diare bisa jadi bukan virus atau bakteri, tapi juga karena intoleransi laktosa. CDC - Centers for Disease Control and Prevention adalah salah satu badan kesehatan yang pernah mengangkat diskusi seputar intoleransi laktosa, dan ketidakmampuan mencerna laktosa yang ditemukan dalam produk susu.

Dalam diskusinya, CDC merekomendasikan untuk tetap memberikan makanan kepada bayi dan balita, tentunya dengan tetap memberikan cairan elektrolit. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut menyatakan bahwa ternyata, kondisi kekurangan enzim lactase justru sering menjadi salah satu faktor yang dihubungkan dengan diare.


Apakah enzim lactase itu?

Enzim lactase adalah salah satu enzim yang ditemukan dalam perncernaan, yang berfungsi untuk mencerna laktosa yang terkandung dalam susu. Jadi, pasa saat enzim lactase ini tidak diproduksi, atau diproduksi namun hanya dalam jumlah yang kecil, laktosa yang terkandung di dalam susu ini menjadi tercerna dengan tidak sempurna, dan malah memicu terjadinya diare. Hal ini sering terjadi terutama pada bayi dan balita yang sering minum susu dan masih bergantung pasa susu sebagai sumber nutrisi utama.

photo credit: otagodailytimes.com

Bagaimana dengan susu yang bebas laktosa?

Susu bebas laktosa sebenarnya memiliki nilai gizi yang sama seperti susu yang lain. Termasuk juga kandungan energi, protein, vitamin D, dan mineralnya, semua sama loh ternyata. Dan dalam banyak kasus, pemberian susu bebas laktosa ini ternyata merupakan alternative untuk bayi yang memang sensitive terhadap susu alias intoleransi laktosa. Namun tentunya, sebelum kamu mengambil keputusan, diskusikan dulu kondisi ini dengan dokter ya, agar kamu bisa lebih memahami apabila ada tanda-tanda diare yang muncul akibat intoleransi laktosa ini.

Namun ternyata, terlepas dari penelitian di atas, sebuah penelitian lain malah menyebutkan kalau dengan tetap memberikan ASI pada bayi, dan meneruskan konsumsi susu, ternyata tetap mampu loh mengurangi frekuensi diare. Jadi jangan pernah stop ASI kamu ya RulaWoman kalau bayi kamu diare.


Do’s and don’ts, makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan tidak dikonsumsi saat diare

Untuk menjaga kondisi pencernaan kamu agar tidak menjadi diare yang berkepanjangan, terutama untuk bayi dan balita yang mengalami masa diare, Academy of Nutrition and Dietetic mengeluarkan panduan sederhana tentang apa yang sebaiknya dikonsumsi dana pa yang sebaiknya dihindari, ketika kamu atau anak anak mengalami diare.

1. Karbohidrat : Do’s = nasi, roti tawar panggang, biscuit. Don’t = roti manis, ubi, kue-kue manis

2. Protein Hewan : Do’s = telur rebus, daging yang dimasak empuk. Don’t = semua yang di goreng, semua daging yang sudah diproses (baso, sosis, kornet, dll)

3. Susu dan produk susu : Do’s = yogurt, susu bebas laktora. Don’t = susu kental manis, es krim

4. Sayur : Do’s = kentang tumbuk, wortel kukus, buncus kukus. Don’t = brokoli, kembang kol, jagung dan semua sayur mentah

5. Buah : Do’s = papaya dan pisang. Don’t = buah dengan kulit, buah kalengan, jus

6. Lainnya : Do’s = agar-agar. Don’t = soda, minuman dengan kafein

Nah RulaWoman, selain menjaga kebersihan, kamu juga harus menjaga makanan yang dikonsumsi ya. Jangan sampai malah kamu tanpa sengaja memperburuk keadaan dengan mengkonsumsi makanan yang salah pada saat diare.

photo credit: buonapappa.ney

6 Hal penting yang selalu harus diingat apabila bayi dan anak-anak mengalami kondisi diare

Untuk lebih mudahnya, kamu harus hapal 6 hal penting ini, agar kamu tahu apa yang harus dilakukan apabila kamu mengalami kondisi diare yang menyerang bayi atau anak-anak. 6 hal penting yang harus kamu ingat ini adalah:

1. Kalau kamu masih menyusui bayi kamu dan ia mengalami diare, tetap teruskan pemberian ASI ya RulaWoman

2. Berikan cairan hanya sebisa anak minum, jangan dipaksa. Alternatif pemberialn larutan elektrolit sangat dianjurkan sebagai tambahan ASI.

3. Jangan memerikan jus buah atau soda. Karena pencernaan yang masih sensitive, malah mungkin akan memicu terjadinya diare lagi.

4. Meneruskan konsumsi susu sangat dianjurkan. Pilihlah susu yang bebas laktosa, tapi tentunya konsultasikan dulu ke dokter anak juga.

5. Untuk anak yang sudah bisa mengkonsumsi makanan padat, tetap ikuti aturan di atas ya.

6. Dan untuk kondisi diare yang tidak berkepanjangan, kamu akan bisa kembali ke kondisi normal dalam waktu 24 jam.

photocredit: iifar.com

Setiap orang akan mengalami proses yang berbeda dalam kondisi diare ini. Tetap jaga kesehatan kamu ya RulaWoman, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan perhatikan baik-baik kondisi anak, agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA


RulaWoman, Ini Dia 5 Makanan-Makanan yang Baik Untuk Kamu yang Sedang Sakit! [Part 3]

RulaWoman, Ini Dia 5 Makanan-Makanan yang Baik Untuk Kamu yang Sedang Sakit! [Part 3]

Ini dia beberapa makanan yang baik untuk kamu yang sedang sakit! Beberapa makanan ini merupakan bahan makanan yang bisa kamu sulap menjadi ...

Read more..

Semoga bermanfaat, ya RulaWoman. Jangan lupa jaga kesehatanmu juga agar bisa merawat si kecil.

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Rula.co.id dengan Womanation.id


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rulawoman, Siap Jadi Ibu? Ketahui Pentingnya Penanganan Diare dengan Tepat. Jangan Anggap Remeh, Diare Bisa Mengancam Keselamatan Bayi Loh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


RULA Woman | @rulaid

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar