285
Cinta memiliki banyak definisi dan inilah beberapa definisi yang ada itu. Selamat jatuh cinta, RulaWoman.

Cinta adalah satu hal yang tidak mudah untuk didefinisikan. Berbagai definisi telah dilontarkan. Mulai dari yang bernada optimis, hingga pesimis. Kalau kamu bagaimana, RulaWoman? Apakah kamu meyakini bahwa cinta dapat menjadi kekuatan bagimu? Atau kamu adalah tipe orang yang merasa bahwa cinta adalah bentuk lain penyiksaan diri kamu? Berikut merupakan beberapa pendefinisian cinta dari berbagai novel asli Indonesia. Lalu, coba putuskan kamu masuk dalam kategori yang mana.

"Cinta itu seperti tanaman, dia hidup karena dipelihara." - Garden Magic, Mita Miranti.
Image credit: shutterstock

Berdasarkan apa yang ditulis oleh Mita, tentunya kamu harus menyadari bahwa setiap bentuk cinta yang kamu rasakan, harus dipelihara. Kamu tidak bisa seenaknya menelantarkan cinta tanpa memberikan kejelasan apa-apa. Ketika kamu bahkan tidak peduli terhadap cinta itu sendiri, maka cinta itu pun akan menghilang dengan sendirinya. Tanpa kamu sadari. Maka dari itu, cinta akan terus ada dan tumbuh ketika kamu dapat memeliharanya dengan baik.

"Cinta... makhluk yang terlampau sombong, dia tidak pernah suka dipaksa." - Yesterday in Bandung, Rinrin Indrianie, dkk.
image credit: shutterstock

RulaWoman, pernahkan suatu ketika kamu bertanya-tanya kenapa bisa ada dua orang yang jauh berbeda kepribadiannya dapat bersama? Rinrin Indrianie, dkk., melalui novel Yesterday in Bandung mengingatkan pembacanya bahwa pada dasarnya cinta merupakan makhluk yang sombong. Ia bisa datang kapan saja dan di mana saja. Atau bahkan, ke siapa saja. Ia tidak pernah bisa dipaksa. Mencintai merupakan bentuk pengejawantahan dari ketulsan rasa. Ia akan datang begitu saja tanpa ada yang tahu kapan ia datang. Apakah kamu pernah merasakan hal yang demikian, RulaWoman?

"Love is not a competition of winning each other's attention. Love is a teamwork." — Story for Rainy Days Vol. II, Naela Ali.
image credit: pixabay

Membicarakan cinta, pada akhirnya tidak akan pernah lepas dari kerja sama. Kerja sama antara dua orang untuk bisa menciptakan hubungan yang harmonis dan juga menyenangkan. Cinta bukan lagi tentang siapa yang lebih atau kurang mencintai. Akan tetapi, sebuah bentuk kerja sama yang diciptakan antara dua orang tuntuk bisa terus bersama. Jadi, apakah kamu sudah menyadari hal ini, RulaWoman? Apakah kamu sudah melihat bahwa cinta merupakan sebuah bentuk kerja sama?

“Aku ingin pacaran dengan orang yang dia tahu hal yang aku sukai tanpa perlu kuberitahu, yang membuktikan kepadaku bahwa cinta itu ada tetapi bukan oleh apa yang dikatakannya melainkan oleh sikap dan perbuatannya.” - Dilan, Pidi Baiq.
image credit: onedslr

RulaWoman, tentunya kamu menyadari bahwa cinta tidak seharusnya hanya tentang kata-kata saja. Akan tetapi juga dibarengi oleh sikap dan perbuatan dari yang mengatakannya. Kamu pasti tidak akan percaya pada seseorang yang terus menyatakan cinta, tapi pada akhirnya hanya terus membuat kamu terluka dengan sikap dan perbuatannya. Kamu pasti akan selalu mempertanyakan, apakah itu memang betul-betul cinta?

"Cinta itu nggak butuh alasan. Jika cinta membutuhkan alasan, ketika alasan itu hilang, cinta juga akan hilang bersamanya.... Lalu ketika seseorang yang kita cintai itu menghilang, apakah kita juga harus hilang bersamanya?" - Separuh Bintang, Evlin Kartika.
image credit: shutterstock

"Aku suka dia karena dia ganteng, kaya, dan juga pintar. Pokoknya dia keren banget, lah."

RulaWoman, di satu sisi kamu pasti merasa bahwa tidak mudah untuk benar-benar bisa menemukan cinta sejati. Ketika dinyatakan bahwa cinta tidak membutuhkan alasan, yang kemudian dipertanyakan adalah.. bagaimanakah bentuk cinta tanpa alasan itu sendiri? Akan tetapi, memang benar apabila ada alasan yang bersifat materiil, maka cinta dapat menghilang begitu saja. Tanpa kata tanpa apa. Pada akhirnya, kamu pun menyadari bahwa cinta haruslah tulus tanpa ada embel-embel di baliknya.

BACA JUGA


Kamu Pecinta Buku, RulaWoman? Ini Nih 5 Bookish Things yang Harus Kamu Ketahui!

Kamu Pecinta Buku, RulaWoman? Ini Nih 5 Bookish Things yang Harus Kamu Ketahui!

Bookish things akhir-akhir ini menjadi sesuatu yang digandrungi oleh pecinta buku. Kira-kira, apa saja ya yang sedang hits

Read more..

Nah, demikianlah, RulaWoman. Beberapa penggal kutipan mengenai cinta. Cinta bisa didefinisikan beragam oleh yang mengartikannya. Maknanya pun sangat luas. Kalau kamu, kamu menginginkan cinta yang seperti apa, RulaWoman?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman, Yuk Mengenal Definisi Cinta dari Kutipan Novel Berikut Ini. Dijamin Akan Memberi Kamu Pencerahan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Puji P. Rahayu | @PujiPRahayu

The Sun and the Red Glow of the Dawn. Passionate on reading and writing. Grateful for everything that happened in my life.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar