744
Menikah bagaikan hujan, jangan terlalu tenggelam dalam euforianya karena akan pilek. Tidak ada salahnya untuk membawa payung dan berteduh.

RulaWoman sudah pernah mendengar istilah perjanjian pranikah atau istilah resminya prenuptial agreement? Jadi, perjanjian pranikah adalah perjanjian yang dibuat kedua mempelai sebelum dilangsungkannya pernikahan untuk memperjelas status dalam pernikahan. Status yang dimaksud bukan hanya sekadar hak atau kewajiban namun dapat berupa masalah harta bahkan anak. Perjanjian pranikah bukan hanya serta merta dibuat atas keputusan salah satu pihak dan hanya dibuat sedemikian rupa dengan kertas bermaterai 6000. Perjanjian pranikah sifatnya legal dan diakui secara hukum bahkan memiliki dasar hukum, oleh sebab itu pembuatannya pun harus melalui kantor catatan sipil. Nah permasalahnnya, banyak pro dan kontra mengenai perjanjian pranikah ini. Ada yang menganggap perjanjian pranikah adalah bentuk dari ketidakpercayaan pada hubungan pernikahan dan dianggap tabu dilakukan. Ada pula yang menganggap sebaliknya. Lantas sebenarnya, apa sih maksud dari perjanjian pranikah itu dan perlu atau tidak dilakukan? Simak yuk!

Perlindungan

photo credit: pinterest

Maksud utama dari perjanjian pranikah adalah perlindungan. Dalam hubungan pernikahan, ketika seorang lelaki resmi dan sah menjadi suami bagi seorang perempuan yang sebelumnya asing dalam hidupnya, pun sebaliknya, maka negara mengatur bahwa apa yang dimiliki keduanya (lahir dan batin) menjadi milik bersama. Oleh sebab itu hubungan pernikahan haruslah didasari dengan komitmen dan rasa saling mempercayai serta menghargai yang kuat. Namun terkadang manusia bisa berencana, namun takdir Tuhan lebih berkuasa. Maka kelak bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, melalui adanya perjanjian pranikah, tidak ada pihak yang dirugikan baik secara moral maupun materi.

Keterbukaan

photo credit: pinterest

Maksud kedua yang terselip dari perjanjian pranikah adalah keterbukaan kedua mempelai. Ketika membuat perjanjian, kedua belah pihak harus sama-sama jujur mengungkapkan maksud dan keinginannya dalam pernikahan kelak. Kejujuran itu tidak hanya tentang rencana masa depan namun juga mengenai keadaan masa kini, seperti keinginan memiliki tempat tinggal di rumah atau di apartment hingga masalah hutang yang ditanggung atau berpotensi ditanggung (bila salah satu mempelai adalah pebisnis dan pemegang saham atau investor). Melalui keterbukaan, kedua mempelai akan mengenal pasangannya lebih jauh dan lebih bisa menyelaraskan visi pernikahan.

Pengingat

photo credit: tumblr

Nah melalui adanya perjanjian pranikah, hak dan kewajiban antara suami dan istri akan lebih jelas diatur dan dibedakan. Sehingga tidak akan ada pihak yang seiring berjalannya waktu, merasa dirugikan karena pasangannya ternyata boros atau pemalas. Selain itu bila kelak ada pihak yang melanggar perjanjian, perjanjian pranikah dapat digunakan sebagai pengingat niat awal dalam membangun pernikahan. Sehingga permasalahan atau kekecewaan yang timbul dapat dibicarakan dan dirundingkan.

BACA JUGA


Kahiyang Ayu Putri Presiden Jokowi Akan Segera Menikah. Ini Prosesi Adat Jawa Yang Mungkin Akan Dijalaninya Saat Resepsi Pernikahannya Di Solo

Kahiyang Ayu Putri Presiden Jokowi Akan Segera Menikah. Ini Prosesi Adat Jawa Yang Mungkin Akan Dijalaninya Saat Resepsi Pernikahannya Di Solo

Untuk adat Jawa, inilah rangkaian prosesi penuh makna yang kemungkinan besar akan dijalani oleh Kahiyang pada hari pernikahannya bulan ...

Read more..

Nah itu dia RulaWoman beberapa poin penting dari maksud adanya perjanjian pranikah. Manusia memang boleh dan bisa berencana, namun Tuhan yang menentukan segalanya. RulaWoman pun demikian, jangan terlalu percaya pada rencana matang yang RulaWoman susun terutama dalam membangun pernikahan. Semoga artikel ini dapat membantu RulaWoman dalam menyusun wedding list ya, atau setidaknya memberi gambaran pada RulaWoman bahwa berpikir dan bertindak rasional itu bukan berarti tidak cinta.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "RulaWoman, Yuk Mengenal Perjanjian Pranikah Sebagai Bekal Pernikahan yang Sehat!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


qurrotu ainiputri | @ainiputri

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar