1.6K
Jangan malas lagi untuk membersihkan diri saat sedang haid ya, RulaWoman!

Menstruasi atau haid pasti dialami oleh perempuan setiap bulannya. Pada masa kurang lebih seminggu ini, perempuan mengalami masa-masa yang tidak menyenangkan; perubahan mood, nyeri di perut, serta rasa tidak nyaman jika berjalan atau berdiri terlalu lama. Akibatnya, kita sering malas untuk memperhatikan kebersihan diri saat sedang haid. Jangan dibiasakan, RulaWoman! Sebaiknya kamu lakukan 4 hal ini selama haid untuk tetap menjaga kebersihan dirimu.

1. Mengganti pembalut secara rutin

photo source: beautynesia.id

Hal pertama yang perlu diperhatikan kebersihannya saat haid adalah daerah sekitar Miss V, terutama pada pembalut yang digunakan. Sebaiknya kamu mengganti pembalut sesering mungkin, RulaWoman, yaitu setiap 4 – 6 jam pemakaian. Jika tidak, kamu telah membiarkan area Miss V-mu menjadi sarang kuman penyakit. Jika kebersihan area Miss V saat haid tidak terjaga, maka risiko terjadinya infeksi saluran kemih (ISK) dan saluran reproduksi juga dapat meningkat. Selain itu, mengganti pembalut secara rutin juga dapat mencegah terjadinya kebocoran. Jangan sampai teman-temanmu tahu kalau kamu sedang haid karena celana putihmu ternodai dengan warna merah. Duh, malu kan?

2. Membersihkan Miss V

photo source: hellosehat.com

Selain mengganti pembalut sesering mungkin, menjaga kebersihan di sekitar area Miss V juga dapat dilakukan dengan rajin membersihkannya saat haid. Tapi jangan sembarangan membersihkan ya! Kamu cukup membersihkan Miss V-mu dengan sabun polos dan air saat mandi. Sabun yang digunakan juga harus yang tidak mengandung pewangi dan antiseptik untuk menjaga keseimbangan pH Miss V.

3. Mencuci rambut

photo source: Okezone Lifestyle

Sering dengar bahwa saat sedang haid kita tidak diperbolehkan untuk mencuci rambut? Itu cuma mitos, RulaWoman! Tidak ada penjelasan ilmiah mengenai pernyataan tersebut. Seperti dikutip dari kompas.com, menurut dr. Caroline Tirtajasa, Sp, OG, dokter spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan RS Omni Medical Centre, Pulomas, Jakarta, hal terpenting saat sedang haid justru adalah menjaga kebersihan daerah organ kelamin dan sekitarnya seperti rambut. Jadi, gak usah takut lagi untuk mencuci rambut saat sedang haid ya, RulaWoman! Rambut lepek karena gak mencucinya selama haid juga akan membuat penampilanmu kurang menarik loh.

4. Rajin membersihkan wajah

photo source: health.liputan6.com

Kebersihan wajah juga perlu kamu jaga saat haid. Karena pada masa haid, kadar minyak di wajah kita sedang meningkat sehingga sering terlihat kusam dan muncul jerawat. Jadi, supaya wajahmu tetap memancarkan sinarnya saat sedang haid, kamu harus rajin membersihkan wajah da bila perlu melembabkan kulit wajah dengan masker alami.

Nah, RulaWoman, jangan biarkan harimu yang tidak menyenangkan karena sedang haid membuatmu lupa untuk menjaga kebersihan diri ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Saat Haid, 4 Cara Ini Harus Kamu Lakukan untuk Tetap Menjaga Kebersihan! Awas, Nomor 3 Sering Disalahartikan Banyak Orang!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Veronica Gabriella | @veronicagabriella

I was born to be a writer. - Writing is my soul. - I hope you enjoy my writes!

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar