516
Tanah rantau selalu menyimpan cerita tersendiri. Cerita tentang keberanian, petualangan, pelajaran, kehidupan, cinta, dan rindu.


Pergi merantau adalah sebuah keputusan. Meski banyak orang berani melakukannya, tapi tak sedikit pula yang tak sanggup dan memutuskan untuk menyerah di tengah perjalanan, dengan berbagai alasan serta pembenaran, saat angan tujuan belum tercapai. Dan teruntuk kamu yang memberanikan diri untuk mengadu nasib di tanah rantau, perjalanan yang kamu lalui memang tak selalu mulus. Permasalahan yang kamu hadapi tak jarang membuat kamu ragu dan didera rasa rindu yang teramat sangat. Ketika kamu mengalami keraguan sekaligus menahan rasa rindu, berikut 5 hal yang akan membantu menguatkan RulaWoman.

1. Sehangat-hangatnya rumah, kamu tetap harus belajar hidup mandiri

Tidak ada yang membuat hati menjadi lebih hangat selain berada di tengah keluarga yang mencintai kamu. Meski demikian, kamu sudah dewasa dan harus belajar untuk hidup mandiri. Suka tidak suka suatu ketika kamu akan membangun keluarga kamu sendiri. Pergi merantau adalah salah satu caranya.

2. Keajaiban terjadi saat kamu keluar dari zona nyaman

photo credit: Smartandrelentless.com

Secara naluriah, manusia selalu mencari apa yang membuatnya merasa nyaman. Tapi terlalu lama berada di zona nyaman, akan membuat kamu sulit berkembang. Bersyukur itu wajib, tapi bukan berarti kamu harus berpuas diri dan berhenti berbuat sesuatu yang lebih.

3. Banyak pelajaran bisa kamu petik, terutama saat kamu terbiasa hidup sendiri

photo credit: baddiuniv.ac.in

Terbiasa hidup sendiri mau tak mau memaksa RulaWoman untuk mandiri dan bertanggung jawab atas segala keputusan kamu. Tanpa sadar kesulitan yang kamu alami akan menempa kamu menjadi pribadi yang lebih dewasa dan mawas diri.

4. Doa akan selalu menjadi jawaban terbaik

photo credit: Crosswalk.com

Berada jauh dari keluarga dan teman terdekat seringkali membuat kamu didera rasa rindu yang teramat sangat. Ketika biaya dan waktu kamu miliki, tentu hal itu tak akan jadi masalah besar. Tapi saat kamu hanya mampu melepas rindu melalui ponsel, doa adalah jawaban terbaik untuk “memeluk erat” mereka yang kamu cintai.

5. Kebebasan itu selalu berbanding lurus dengan konsekuensi, termasuk dalam hal keuangan

photo credit: iStock

Saat masih bersama dengan orangtua, tentu ada aturan rumah yang harus kamu patuhi, tak peduli berapapun usia kamu. Keadaan tersebut tentu berbeda setelah kamu merantau. Kamu bebas melakukan apapun yang kamu suka. Tapi ingatlah selalu kalau ada tanggung jawab dan konsekuensi yang menanti dibalik setiap tindakan kamu. Soal uang misal. Kamu bebas menggunakan uang yang ada di tanganmu. Tak hanya saat berlebih tapi juga saat pas-pasan, atau bahkan minus. Di kondisi ketidaknyamanan inilah, kamu belajar. Untuk hidup hemat dan juga mengontrol diri saat berkecukupan.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Saat Rindu dan Ragu Berkecamuk di Tanah Rantau, 5 Hal Ini Akan Membantu Menguatkanmu Kembali". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar