1.8K
Ketika akan masuk dunia perkuliahan, kamu memilih jurusan yang “masuk akal” bagi banyak orang. Kemudian kamu sadar kalau itu bukan passion kamu. Dunia belum berakhir, RulaWoman! Masih ada hal yang bisa kamu lakukan untuk mengubah hidupmu.
photo credit: Dean's Consulting Services

Terjebak pada dunia kerja yang bukan minat, passion, atau bahkan kamu merasa kalau keahlianmu bukan di situ, memang bukan hal yang mudah. Meski demikian, semua masih mungkin untuk bisa diubah. Karir dan jalan hidupmu. Berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan.

1. Masih ada dunia di atas jam 6 sore

Kamu bekerja di bidang accounting, tapi kamu merasa passion kamu di dunia make up dan tulis-menulis

Dunia belum berakhir! Kamu masih bisa melakukan bidang yang kamu suka setelah office hour. Tidak mudah memang, apalagi energi dan pikiranmu sudah terkuras sejak pagi hari. Tapi sesuatu tidak akan pernah berubah, kalau kamu tidak berusaha untuk mengubahnya. Tak perlu mulai dari hal yang besar. Mulailah dari hal yang sederhana. Mengikuti kursus make up lalu mengaplikasikannya ke orang terdekat misal. Kuncinya adalah kamu tidak malas dan konsisten.

2. Kebutuhan kamu tetap harus terpenuhi

photo credit: Lies Young Women Believe

Kamu yang hobi nonton drama korea atau untuk kamu yang sudah berkeluarga, kehidupan harus berjalan seimbang. Meski kini kamu menekuni passion kamu, keluarga atau kebutuhan kamu tidak boleh terbengkalai. Untuk itu, kamu harus cermat dalam membagi waktu dan disiplin pada rencana yang sudah kamu tetapkan.

3. Jangan pernah berhenti untuk belajar

Salah satu kebiasaan orang sukses adalah mereka selalu membaca buku minimal 30 menit setiap harinya.

Dengan membaca, otak “dipaksa” untuk aktif. Semakin banyak kamu membaca, kemampuan untuk memecahkan masalah juga akan meningkat. Dan tentu saja, ilmu yang kamu miliki akan semakin kaya dengan membaca.

4. Praktek dan praktek

Ilmu dan teori yang kamu ketahui akan sia-sia jika kamu tidak mengaplikasikannya.

Kamu bisa mulai dari hal sederhana, seperti bekerja tanpa dibayar, menjadi freelancer, dan sebagainya. Di sinilah kamu bisa trial and error, karena hasil karya sang maestro tak lahir dalam semalam, bukan? Poin pentingnya adalah kamu harus membuat dirimu dikenal dan tentu saja hasil karyamu.

5. Networking

photo credit: www.emeraldlife.co.uk

Salah satu modal yang mempercepat kesuksesan orang jaman sekarang adalah networking. Dengan jaringan pertemanan yang luas, wawasan kamu pun akan bertambah dan tak menutup kemungkinan kesempatan emas akan menghampiri kamu suatu hari nanti.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Salah Jurusan dan Terjebak hingga Masuk Dunia Kerja? Dunia Belum Berakhir! Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar