1.1K
Saat kamu menjual general product, maka mau tidak mau, suka tidak suka, kamu harus memenangkan price war agar produk kamu bisa bertahan dan menguasai pasar.
photo credit: sankalp

Sebuah event bergengsi, 3rd Sankalp Southeast Asia Summit 2017 digelar tanggal 19-20 September 2017, berlokasi di Hotel Bidakara Jakarta, menjadi ajang berkumpulnya para profesional, entrepreneurs, dan juga para investor. Pada kesempatan tersebut, terdapat salah satu sesi yang dibawakan oleh Jacky Mussry dari MarkPlus, Inc, yang membahas tentang pentingnya marketing bagi keberlangsungan sebuah bisnis. Berikut ulasannya untukmu, RulaWoman.


photo credit: sankalp

Marketing canvass adalah sebuah alat untuk mendesain dari outlook ke reality dan juga action

Alat ini terdiri dari tiga bagian yaitu financial impact (warna biru tua), strategi marketing (warna biru muda), dan yang ketiga adalah bagian diluar box yang disebut sebagai enterpreneurship engine. Strategi marketing sangat diperlukan agar sebuah produk bisa bertahan ditengah persaingan serta perubahan yang begitu cepat dan sangat dinamis. Dan financial impact merupakan sebuah tolok ukur untuk mengukur sejauh mana stategi marketing bisa berhasil. Dimana tingkat keberhasilan tersebut mendorong terwujudnya sebuah mesin yang enterpreneurial.

Pentingnya analisis landscape persaingan

Saat kamu menjual general product, maka mau tidak mau, suka tidak suka, kamu harus memenangkan price war agar produk kamu bisa bertahan dan menguasai pasar.

Competitor, change, company adalah langkah awal untuk melakukan analisa landscape persaingan. Tanpa adanya analisa tersebut, maka akan terjadi kekeliruan dalam menentukan arah sebuah produk menghadapi persaingan yang dinamis, sangat dinamis, atau cenderung distraktif.

Positioning, differentiation, brand adalah tiga strategi untuk memenangkan persaingan

photo credit: sankalp

Bagaimana memposisikan sebuah produk yang dibackup oleh differentiation, yang kemudian tercermin dalam sebuah brand. Dimana differentiation menjadi core-nya. Tanpa differentiation yang kuat, maka daya saing tidak akan kuat.

Segment for target, marketing mix & selling, dan service by process merupakan strategi marketing

Ketiga aspek tersebut memerlukan kreativitas yang tinggi, karena setiap saat diperlukan segment for target yang baru. Strategi marketing kuat, maka margin akan lebih terjamin, sehingga kamu bisa menjadi price maker bukan price sticker.

Cashflow merupakan titik nadi sebuah produk dan juga korporasi

Tidak sedikit perusahaan yang profit tapi cashflow berantakan alias tidak sehat. Kondisi ini tentu berbahaya, karena dapat menyebabkan kebangkrutan. Disini juga diperlukan kelihaian untuk mengelola aset, sehingga tidak ada aset yang tidak produktif, atau banyak aset tapi juga banyak hutang.

Profesional dan enterpreneurship sama-sama diperlukan

Keduanya sama-sama penting untuk diterapkan dalam sebuah organisasi atau bisnis. Ada produktivitas dan juga produktivitas.


Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "[Sankalp Southeast Asia Summit 2017] Membangun Jiwa Kompeten Melalui Marketing Canvass". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar