703
Impian itu akan nyata, apabila kita bertekad untuk mewujudkannya. Impian itu akan tiada apabila kita berhenti bertindak.

Para penerima beasiswa LPDP (Awardee LPDP dari UIN Syarif Hidayatullah) pernah mengadakan sharing offline bagi para mahasiswi-mahasiswa universitas di kampusnya. Mereka berbagi tips apa saja yang harus dilakukan apabila kamu ingin mencapai impian itu.

1. Fokus

Satu-satunya yang menghambat keberhasilan adalah kita tidak fokus pada satu tujuan. Fokus berarti kita masih satu jalur terhadap impian itu dan tidak melenceng ke berbagai hal yang tidak penting. Untuk meraih beasiswa, pertama yang diperlukan adalah TOEFL, maka fokuslah pada satu hal itu dahulu. Jika kamu sudah siap TOEFL, maka siapkan yang lain seperti LoA kampus luar negeri dan lain-lain.

2. Jangan Takut Gagal

Photo Credit: Shutterstock

Jangan takut gagal dan jangan menyerah terlebih dahulu. Hajar-hajar dan terus hajar impianmu. Apapun caranya. Gagal berkali-kali tidak masalah. Misalnya, dalam meraih skor TOEFL sangat sulit, jangan menyerah dulu.

3. Jangan Dengarkan Cemoohan Orang

Nah, ini dia, belum apa-apa dikomentarin sama orang lain. Pasti kamu bete abis. Caranya, jangan terlalu dengar cemoohan orang lain. Tutup telinga. Biarkan mereka berkata apapun. Ketika mereka melihat kamu berhasil, mereka akan menjadi penyanjungmu. Upss... Awardee juga pernah mengalami kok, RulaWoman!

4. Semangat Bagi yang 'Merasa Tua' di Atas 30 Tahun

Photo Credit: The Open Mind

Tetap semangat bagi yang merasa usianya 'sudah tua'. Kamu ingin kuliah di luar negeri tapi takut usia? Tenang, semua beasiswa ataupun sekolah banyak loh yang tidak mematok usia. Seperti beasiswa S2 LPDP sendiri masih bisa meski usia kamu mencapai 34 tahun.

5. Jangan Lupa Mulai Mengumpulkan Prestasi

Jika kamu sudah punya prestasi dan pengalaman organisasi, maka itu sangatlah bagus. Kamu bisa menceritakan pengalaman selama berorganisasi di form pendaftaran. Jadi mulai prepare prestasi berorganisasimu ya, RulaWoman!

6. Tenang Saat Wawancara dan Jangan Sombong

Photo Credit: Woman's Day

Ini nih yang penting, tahap wawancara! Meskipun menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia nanti, pokoknya jangan gugup! Fokus. Dan jangan berlebihan atau sombong ya terhadap prestasi kamu sebelumnya. Kamu bisa jadi berprestasi dan lainnya, tapi rendah hatilah terhadap pewawancara.

BACA JUGA


RulaWoman, Inilah 5 Tips Ampuh Mempersiapkan Diri Agar Bisa Lolos Beasiswa LPDP

RulaWoman, Inilah 5 Tips Ampuh Mempersiapkan Diri Agar Bisa Lolos Beasiswa LPDP

Beasiswa memang impian untuk bisa membantu kamu mengenyam pendidikan impian. Namun bagaimanakah caranya agar kamu bisa lolos dan ...

Read more..

Semoga bermanfaat, RulaWoman!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sedang Berburu Beasiswa? Inilah 6 Tips Sukses Kuliah di Luar Negeri dengan Beasiswa LPDP". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


dewi sri tunjungsari | @dewisritunjungsari

Seorang penulis antologi bersama dan mandiri, hobi mengkhayal dan suatu saat akan ada di dunia dongeng bahagia. Tulisannya dimuat di aneka media online bertemakan tentang perempuan, nusantara, pendidikan dan percintaan.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar