221
Menurut sebuah studi, 1 dari 3 wanita beresiko terkena kanker payudara. Tentu hasil studi tersebut disebabkan karena sistem tubuh perempuan yang lebih kompleks dibandingkan dengan laki-laki. Untuk itu tes kesehatan secara berkala wajib kamu lakukan, karena sehat itu mahal.
Groupon

Perempuan memegang peranan penting dalam pernikahan. Sederhana, karena perempuan punya tugas yang multitasking saat sudah berkeluarga kelak, mulai dari seorang istri, ibu, guru les, dan berbegai peranan penting lainnya. Untuk itu menjaga kesehatan merupakan hal yang wajib dilakukan. Meski tak ada keluhan, tes kesehatan berkala wajib dilakukan, karena tak ada keluhan bukan berarti tanpa gejala. Berikut 7 tes kesehatan yang wajib RulaWoman lakukan.

1. Tes tekanan darah

Tekanan darah normal berada di angka 120/80 mmHg.

Tes tekanan darah merupakan tes kesehatan yang paling sederhana. Akan tetapi hasilnya dapat menjadi indikator berbagai jenis penyakit. Lakukan tes ini secara berkala setiap enam bulan sekali.

2. Pemeriksaan mata

Seiring dengan pertambahan usia, perempuan beresiko lebih besar mengalami gangguan penglihatan dibandingkan dengan laki-laki. Untuk itu, sebaiknya RulaWoman melakukan pemeriksaan mata secara berkala untuk mengetahui kondisi mata, seperti ketajaman penglihatan, serta mendeteksi adanya penyakit seperti galucoma, gangguan penglihatan akibat menurunnya fungsi retina, dan berbagai penyakit lainnya.

3. Lakukan tes pap smear setelah kamu menikah

Tes pap smear perlu dilakukan untuk mendeteksi resiko terjadinya kanker serviks. Sebaiknya tes pap smear dilakukan secara rutin setiap dua tahun sekali, sejak pertama kali kamu berhubungan intim. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi adanya infeksi atau keberadaan sel yang abnormal, yang merupakan gejala dari kanker serviks.

4. Pemeriksaan pendengaran

Pemeriksaan pendengaran atau tes audiogram bertujuan untuk mendeteksi adanya masalah genetis, yang menyebabkan pertumbuhan tulang pada bagian tengah telinga terhambat. Selain itu tes ini juga berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah pendengaran, seperti berkurangnya kemampuan mendengar, telinga tersumbat, telinga berdengung, dan berbagai masalah pendengaran lainnya. Lakukan tes ini secara berkala setiap 2 tahun sekali.

5. Sadari alias periksa payudara sendiri

SehatFit

Tingginya angka kejadian kanker payudara pada perempuan, “memaksa” perempuan lebih aware pada diri sendiri. Untuk itu lakukan pemeriksaan payudara secara berkala, seperti pemeriksaan sendiri maupun pemeriksaan klinis yang dilakukan oleh dokter. Karena semakin dini sel kanker ditemukan, maka kemungkinan untuk sembuh akan jauh lebih besar. Lakukan pemeriksaan ini secara rutin setiap 1 tahun sekali, terutama jika kamu memiliki riwayat kanker payudara dalam keluarga.

6. Cek kolesterol rutin

Kolesterol yang terkontrol merupakan salah satu bentuk pencegahan terhadap penyakit jantung dan stroke.

Pemeriksaan kolesterol dilakukan dengan pengambilan sampel darah, kemudian akan diukur kadar kolesterol, antara lain HDL, LDL, dan trigliserida. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 1 tahun sekali.

7. Tes jantung

Today I Found Out
Penyakit jantung dikenal sebagai silent killer, karena kemunculannya yang seringkali tanpa disertai gejala apapun.

Untuk itu, perempuan, terutama yang memliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga, sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan jantung dengan elektrokardiografi (EKG) secara berkala setiap setahun sekali.


RulaWoman, tak cukup hanya tes kesehatan secara berkala, tapi kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat, dengan mengatur pola makan, olahraga teratur, dan istirahat cukup, sebagai bentuk penghargaan pada dirimu sendiri. Dengan kesehatan yang terjaga dengan baik. Maka nantinya kamu akan dapat melaksanakan peran kamu sebagai istri dan ibu dengan penuh totalitas. Semoga bermanfaat.

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sehat Itu Mahal! Berikut 7 Tes Kesehatan yang Wajib RulaWoman Lakukan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar