796
Bunga bukan hanya cantik namun memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatanmu.

Bunga dikenal sebagai tanaman hias yang sering ditempatkan di halaman rumah sebagai salah satu penambah keindahan. Beragam bentuk dan warna ini bisa menarik perhatian dan sebagai penyegar mata. Namun di balik kecantikan dan warna indahnya itu, beberapa bunga ini juga memiliki manfaat bagi kesehatanmu loh RulaWoman. Cek yuk!

1. Mawar

photo credit: pexels.com

Salah satu kegunaan yang paling utama bunga mawar adalah untuk keindahan. Banyak manfaat dari bunga mawar seperti untuk bahan kosmetik, obat-obatan dan perawatan terapi. Kelopak mawar juga berkhasiat untuk detoksifikasi serta menenangkan pikiran dan tubuh. Selain itu, mawar juga membantu penyembuhan sakit kepala, asma dan infeksi tertentu.

2. Melati

photo credit: flowermeaning.com

Melati adalah bunga yang memiliki wangi harum dan mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. Khasiat bunga melati sebagai obat tak lepas dari kandungan senyawa yang ada di dalamnya. Kandungan kimia yang ada tersebut antara lain indol, benzyl, dan livalylacetaat. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, akar dan bunganya. Beberapa manfaat bunga melati adalah sebagai obat sesak nafas, demam, sakit kepala, sakit mata, dan menghentikan ASI yang berlebihan.

3. Krisan

photo credit: chrysanthemums.org

Krisan atau chrysanthemum adalah tanaman hias perdu atau semi perdu berasal dari Jepang dan Cina Utara. Banyak yang mengetahui bahwa bunga ini berkhasiat sebagai obat. Jenis penyakit yang dapat diobati dengan tanaman ini antara lain influenza, bahkan membersihkan liver. Selain bermanfaat sebagai relaksasi, teh krisan juga dipercaya berkhasiat menyembuhkan. Teh ini menyegarkan tenggorokan, memperindah bentuk tubuh, memulihkan kesehatan, dan baik untuk menjaga kesehatan mata. Seorang ahli tanaman obat mengatakan, untuk tumbuhan sejenis bunga krisan biasanya mengandung zat antioksidan yang mampu menyerap racun dalam tubuh.

4. Lotus

photo credit: pitara.com

Lotus mempunyai warna warni yang menarik seperti merah, pink, putih, biru dan ungu sehingga tanaman ini akan menambah hidup suasana rumah. Tahukah RulaWoman bila di India biji dari bunga lotus ini dapat dijadikan bahan pembuat kue. Ini dikarenakan kandungan tepung yang terdapat dalam bunga lotus sangat tinggi. Masyarakat di sana dapat mengolah biji menjadi tepung yang berkualitas untuk bahan roti. Sedangkan biji bunga lotus atau seroja yang masih muda dapat dijadikan bahan untuk minuman seperti layaknya teh. Lotus juga memiliki manfaat untuk kesehatan, yakni bisa dijadikan sebagai anti oksidan, obat hepatitis B, menambah sistem kekebalan tubuh , mencegah infeksi virus, serta mencegah diabetes.

5. Kenanga

photo credit; gosumatra.com

Bunga yang satu ini tak hanya cantik namun juga memiliki wangi yang begitu eksotis. Kenanga mengandung beberapa zat yang sangat bermanfaat, di antaranya adalah flavonoida, saponin, polifenol, dan minyak atsiri. Selain itu, kenangan juga bermanfaat sebagai insektisida alami, jamu setelah melahirkan, obat sesak napas, obat malaria, obatbronchitis, mengatasi keputihan dan penyakit kudis.

6. Kembang Telang

photo credit: daily.rabbit.co.th

Tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan ini merupakan tumbuhan anggota suku polong-polongan yang berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika. Kembang telang memiliki beberapa senyawa kimia seperti fenol, delphirridin, triglucoside, alkaloid, flavonoid, saponin, sulfur, dan ca-oksalat. Pada bagian daunnya ada lagi kandungan senyawa seperti kaemferol 3-glukoside dan triterperroide. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari kembang telang yaitu sebagai detoksifikasi, melancarkan haid, pembersih mata dan menyembuhkan mata merah, serta mengobati sakit telinga.

7. Lavender

photo credit: pexels.com

Bunga lavender umumnya dimanfaatkan sebagai bahan tambahan untuk pewangi, sabun, sampo, hingga aromaterapi dan obat-obatan. Ramuan bunga lavender juga telah digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti insomnia, stres hingga depresi dan kelelahan. Penelitian juga telah mengkonfirmasikan bahwa bunga lavender mampu memberikan efek menenangkan, menyejukkan, dan sebagai obat penenang ringan dengan cara menghirup aromanya.

BACA JUGA


Lulus Sidang Skripsi? 5 Hadiah Ini Juga Cocok Diberikan Selain Bunga

Lulus Sidang Skripsi? 5 Hadiah Ini Juga Cocok Diberikan Selain Bunga

Lulus sidang skripsi adalah salah satu momen yang paling membahagiakan bagi setiap mahasiswa karena menjadi awal dari perjalanan panjang ...

Read more..

Itulah beberapa bunga yang memiliki manfaat bagi kesehatanmu. Adakah manfaat lain yang kamu ketahui, RulaWoman? Berikan komentar di bawah ini, ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Selain Cantik, 7 Bunga Ini Juga Bermaanfaat untuk Kesehatanmu Lho, RulaWoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Siti Yulianingsih | @styulians

A student of Accountancy STIE Ahmad Dahlan. A Staff of Finance PT Dapur Cokelat. A writer at Storial.co.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar