225
Hidup itu tidak kekal. Tapi perbuatan baik itu lebih dari kekal, dia adalah teladan.

RulaWoman, Rabu (29/11/17) kemarin, seorang presenter kawakan yang terkenal dengan slogan maknyus-nya telah berpulang ke pangkuan Ilahi. Benar sekali, Bondan Haryo Winarno atau yang lebih akrab disapa Pak Bondan telah meninggalkan kita semua bersama dengan slogan maknyus-nya yang viral. Kepergian Pak Bondan terasa sangat tiba-tiba, sebab lama tak muncul di acara televisi, beliau justru muncul dengan kabar sangat tidak mengenakkan. Penyebab kematian Pak Bondan diketahu adalah aritmia atau fenomena detak jantung tidak normal yang diduga sebagai dampak dari operasi jantung yang dijalani Pak Bondan. Berbicara tentang sosok Bondan Winarno, tahukah RulaWoman bahwa dulu sebelum menjadi pakar kuliner, Pak Bondan tidak suka dengan dunia kuliner dan hal yang berbau dapur? Masih banyak lagi hal mengejutkan dari sosok Pak Bondan yang tentunya dapat kamu jadikan teladan RulaWoman. Apa saja? Ini dia!

1. Sosok yang Selalu Belajar dan Mencari Pengalaman


photo credit: google image

Sedari Pak Bondan muda, Pak Bondan sudah tampil aktif di berbagai kegiatan di sekolahnya. Sewaktu masih bersekolah Pak Bondan aktif mengikuti pramuka, bahkan hingga pernah mengikuti jambore tingkat internasional dan mendapatkan penghargaan. Selain mengikuti pramuka, Pak Bondan juga aktif dalam kegiatan aeromodelling. Ya, Pak Bondan memang tertarik menjadi penerbang. Namun, orientasi belajar Pak Bondan tidak hanya berhenti pada satu bidang. Pak Bondan juga diketahui pernah menjadi fotografer hingga menjadi penulis lepas pada berbagai rubrik majalah maupun koran. Padahal dulu Pak Bondan bersekolah mengambil jurusan arsitektur. Nah berkat berbagai pengalaman dari bidang-bidang yang digelutinya, Pak Bondan menjadi sosok yang kompeten. Pak Bondan pernah loh menjabat mulai dari pengasuh rubrik koran hingga general manager perusahaan makanan laut yang berbasis di Amerika.

Nah kamu juga harus mencoba banyak hal dalam hidup kamu RulaWoman. Jangan takut mencoba hanya karena banyak yang bilang tidak mungkin. Do more and achieve as much as possible, because you only live once RulaWoman.

2. Sosok yang Berani Mengambil Risiko

Dulunya Pak Bondan bersekolah di Fakultas Teknik, Jurusan Arsitektur. Namun, Beliau tidak menyelesaikan sekolahnya. Hal tersebut dipicu karena Pak Bondan telah bekerja menjadi fotografer. Setelah menjadi fotografer, Pak Bondan diketahui mencoba berbagai bidang pekerjaan lain bahkan hingga pernah ditugaskan ke Kenya. Namun tentunya keputisan Pak Bondan untuk tidak melanjutkan sekolahnya pada masa itu meruapakan keputusan berat dan besar. Sebab zaman Pak Bondan berkuliah, pendidikan tinggi bahkan hingga bangku kuliah merupakan suatu hal yang mewah dan elite. Namun Pak Bondan berani mengambil risiko untuk melepaskannya, dan lihatlah, Beliaumenjadi Pak Bondan yang kamu kenal sekarang RulaWoman.

Maka dari itu, kamu juga harus berani take a risk dalam hidup kamu RulaWoman. Asal kamu tahu arah dan tujuan kamu, mengorbankan sesuatu untuk meraih mimpi itu bukan suatu hal yang perlu kamu segani RulaWoman.

3. Sosok Suka yang Bersosialisasi

photo credit: google image

Di zaman global ini, karakter individualistik adalah salah satu efek sampingnya. Segala hal dapat dilakukan dengan instant dan mudah, sehingga kebutuhan terhadap orang lain pun menjadi rendah. Apa-apa bisa sendiri. Hal tersebut bersifat racun dan salah ya RulaWoman. Coba yuk belajar dari sosok Pak Bondan yang sangat aktif dalam lingkungannya. Pak Bondan diketahui sebagai pelopor lahirnya jalansutra, yaitu komunitas kuliner yang cukup besar di Indonesia. Selain itu Pak Bondan juga aktif di berbagai kegiatan seperti menjadi ketua dalam Indonesia Forum. Berkat jiwa sosial Pak Bondan yang tinggi dan sifat aktif-nya inilah, sosok Pak Bondan menjadi sosok yang berkesan dan patut dikenang.

4. Sosok yang Mencintai Negaranya

photo credit: google image

Sebelumnya telah disebutkan bila Pak Bondan pernah menjadi ketua Indonesia Forum. Indonesia Forum adalah suatu forum yang dibentuk untuk mencari solusi atas krisis yang pada masa itu terjadi di Indonesia. Selain itu Pak Bondan juga menjadi salah satu pendiri Komite Kemanusiaan Indonesia. Meskipun Pak Bondan sudah melalang buana di luar Indonesia pada masa mudanya, namun Pak Bondan tidak lupa untuk kembali ber-Indonesia. Hal tersebutlah yang saat ini sering dilupakan, RulaWoman. Akibat informasi yang menglobal, kadang lupa dengan urusan bangsa sendiri.

5. Sosok yang Berpikiran Luas dan Terbuka

Bila menilik lagi kiprah Pak Bondan, tentunya adapat disimpulkan bahwa beliau adalah sosok yang memilki wawasan luas dan berpikiran terbuka. Buktinya Pak Bondan tidak hanya terfokus pada satu bidang, namun mencoba berbagai bidang lain yang justru memperkaya hidupnya. Selain itu dengan aktifnya Pak Bondan pada berbagai kegiatan, membuat Pak Bondan memilki sifat terbuka pada keberagaman. Keterampilan memasak Pak Bondan pun didapat dari adik iparnya yang tinggal di Italia. Oleh sebab itu Pak Bondan sering mengkreasikan masakan-masakan Italia dengan cita rasa Indonesia. Hal tersebut menjadi bukti bahwa keterbukaan membawa banyak peluang dan ide kreatif.

Nah itu dia 5 hal yang dapat kamu teladani dari Pak Bondan RulaWoman. Yuk jadi orang yang berenergi positif seperti Pak Bondan, agar kelak kamu juga meninggalkan teladan.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Selamat Jalan, Pak Bondan! Inilah 5 Hal yang Dapat Kamu Teladani dari Sosok Bondan Winarno, RulaWoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


qurrotu ainiputri | @ainiputri

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar