255
Supaya tidak sembarang ambil keputusan, yuk cari tahu plus minus tinggal di apartemen terlebih dahulu.

Kalau zaman dulu, memiliki sebuah apartemen untuk dihuni merupakan sebuah impian yang mewah. Namun saat ini sudah banyak apartemen yang memiliki program pembayaran yang masih terjangkau dan dapat dicicil tanpa melewati besarnya gaji bulanan. Walaupun demikian, kalau kamu memang dari dulu mengidam-idamkan memiliki rumah yang menapak tanah, sebaiknya kamu tidak buru-buru memutuskan untuk mengambil apartemen dengan alasan murah. Berikut ini terdapat kelebihan dan kekurangan dari sebuah apartemen, kalau kamu tidak masalah dengan semua itu berarti kamu siap memiliki sebuah apartemen untuk dihuni.

Kelebihan:

1. Biasanya terletak di lokasi yang strategis, dekat dengan pusat perbelanjaan, toko, dan restoran

Kebanyakan apartemen berada di lokasi yang strategis, dekat dengan mall, tidak jauh dari gedung perkantoran, sekolah, sehingga kalau mau mencari makan dan keperluan sehari-hari ataupun mencari transportasi tidaklah sulit. Pengembang kawasan apartemen yang bagus biasanya akan menyiapkan akses langsung menuju mall sehingga penghuni tidak kesulitan untuk pergi ke mall karena cuaca hujan ataupun panas.

2. Ada fasilitas olahraganya seperti taman, kolam renang, jogging track, dan fitness center

Apartemen biasanya juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga, seperti kolam renang, jogging track, taman bermain anak, fitness center. Ada juga yang dilengkapi lapangan basket, badminton, tenis dan sauna. Selain itu juga ada aula serbaguna yang bisa digunakan untuk aktivitas komunal penghuni apartemen, misalnya ibadah, kelas ibu-ibu PKK, atau kursus untuk anak-anak.

3. Ada resepsionis yang bisa menerima paket-paket kiriman

Kalau kamu punya hobi membeli barang secara online, kamu akan sangat terbantu dengan adanya resepsionis yang selalu stand by di lobby untuk menerima paket kiriman. Coba saja kalau kamu tinggal di rumah dan sendirian, siapa yang bisa kamu harapkan untuk menerima barang-barang belanja onlinemu?

4. Dengan cicilan yang cukup terjangkau sudah bisa memiliki 1 unit apartemen

Seperti yang diketahui, harga sebuah rumah terutama di kota sangatlah mahal. Butuh uang yang lebih banyak untuk memiliki sebuah rumah dan belum tahu kapan bisa segera memilikinya. Dengan adanya apartemen yang cicilannya terjangkau, kamu tidak perlu menunggu usia 30-an untuk punya 1 unit apartemen.

Kekurangan:

1. Kapasitas penghuni terbatas

Bagi kamu yang berencana punya apartemen dan ingin mengajak keluarga besarmu untuk ikut serta sepertinya bukan keputusan yang bijak. Dari segi luasan apartemen yang terbatas, kalaupun bisa menggunakan kasur lipat untuk tidur di lantai, tapi barang-barangmu sekeluarga akan sulit mendapat tempat penyimpanan. Menerima banyak tamu pun sulit karena ruang gerak menjadi terbatas dan bila tetangga merasa terganggu, mereka bisa melaporkan kepada pihak pengelola dengan alasan ribut. Tamu kamu yang membawa mobil juga sulit karena ada batas waktu untuk parkir di apartemen.

2. Biaya maintenance cukup mahal

Selain membayar biaya listrik, air, dan tv kabel, kamu yang tidak bisa lepas dari internet harus membayar fasilitas wi-fi yang sudah bekerja sama dengan pihak apartemen. Belum lagi kamu harus membayar biaya maintenance gedung yang sebenarnya tidak terlalu terasa manfaat langsungnya bagi kamu. Ohya, kalau punya kendaraan, kamu harus mendaftarkannya dan membayar biaya parkir penghuni.

3. Kalau ada 1 unit yang jorok, unit lainnya bisa kena dampaknya

Setelah beberapa tahun menghuni apartemen, kamu akan menemukan kemunculan kecoa, semut, dan serangga lainnya. Mungkin kamu orang yang bersih, tetapi tidak ada yang pernah tahu bagaimana tingkat kebersihan tetangga kiri-kanan dan atas-bawah kamu. Belum lagi ada yang merokok di balkon dan membuang puntung rokoknya ke bawah pas di balkonmu atau ada kucuran air jemuran dari penghuni yang sedang menjemur pakaian. Annoying banget kan.

4. Rawan kebakaran

Karena berdempetan dengan unit-unit lainnya, selalu ada rasa deg-degan akibat risiko terjadinya kebakaran dari penghuni yang teledor. Biasanya kasus kebakaran datang dari dapur, karena kebocoran gas atau masalah pada kompor. Semakin tinggi posisi unit kamu, kamu juga harus kuat menuruni anak tangga kalau-kalau ada kasus emergency.

BACA JUGA


5 Pertimbangan untuk Segera Punya Rumah Sendiri Dibandingkan dengan Tinggal di Rumah Mertua

5 Pertimbangan untuk Segera Punya Rumah Sendiri Dibandingkan dengan Tinggal di Rumah Mertua

Kalau bisa segera diwujudkan, kenapa masih harus berlama-lama di rumah mertua

Read more..

Bagaimana RulaWoman, tetap mantap membeli apartemen atau tetap fokus mengumpulkan uang untuk segera membeli rumah tapak?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Serbuan Apartemen Murah! Berikut Ini Plus Minus Tinggal di Apartemen yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Yakin Ingin Menghuni Apartemen". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Jane Melissa | @janemelissa

Interested with food, traveling, design, comedy-romance, and my "Y"

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar