1.9K
Sebenarnya kamu nggak mau berurusan dengan mantan, karena ceritamu dengannya sudah selesai. Tapi ternyata setelah sekian tahun kamu sudah move on dan kamu juga sudah punya kekasih lain, ini loh yang mantan kamu pikirkan tentang kamu.

Jujur deh, ada 'kan sedikit saja rasa kepoh di hati kamu tentang mantan? Mau sebaik-baiknya kamu putus hubungan dengannya, setelah sekian tahun kamu pasti ada keinginan untuk bersilaturahmi. Dan itu atas dasar memang kamu seorang yang baik, dan kamu sudah berubah menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Apalagi kalau kamu sudah bahagia sekarang dan putusnya hubungan kamu dengan mantan sudah melewati angka 5 tahun.

Ingin tahu apa yang mantan pikirkan tentang kamu setelah sekian lama kamu putus? Ini loh 9 hal yang mantan pikir ia tahu tentang kamu.

1. Kamu nggak berubah

foto sumber: baklanweb.com

Meskipun kamu sudah tidak berhubungan lama dengannya dan kamu sudah menjadi seseorang yang lebih baik, ia akan tetap merasa kamu adalah orang yang sama seperti pada saat kamu berpacaran dahulu. Ia akan mengungkit, dan mencoba dalam setiap kesempatan untuk menyambungkan kebiasaan kamu yang dulu dengan keadaan dan kondisi masa kini.

"Kalau dulu mah kamu begini..." atau "Biasanya kamu begitu.." adalah pembicaraan yang akan sering diucapkan olehnya.

Jangan terpancing ya RulaWoman. Itu adalah caranya untuk membenarkan dirinya kalau kamu nggak berubah. Padahal ia tidak tahu apa-apa tentang kamu saat ini.

2. Ia merasa masih hafal dengan kebiasaan-kebiasaan kamu dahulu.

Nggak hanya dalam perkataan, iapun akan suka mengungkit dalam setiap kesempatan soal kebiasaan kamu yang dulu. Mulai dari cara kamu memesan ice cream misalnya, atau bagian mana dari ayam KFC yang kamu sukai, sampai kebiasaan kamu yang selalu memesan 2 botol Teh Botol kalau kamu sedang jajan bakso dengannya.

Padahal mungkin, Teh Botol kamu sudah berganti dengan Tai Ice Tea dan Hot Caramel Latte.

3. Ia merasa masih bisa menguasai kamu.

Ketika masih menjadi pacara dahulu, mungkin ia yang banyak mengambil keputusan. Dan kamu dahulu pernah menyerahkan padanya untuk menentukan kemana kamu berdua akan pergi untuk makan malam atau nonton hari ini.

Hal ini akan berulang. Tanpa menanyakan padamu, ia akan menentukan kapan ia bisa berjumpa denganmu dan dalam waktu yang ia tentukan. Dan biasanya di tempat yang menguntungkan baginya namun merugikan kamu dari segi jarak dan waktu. Padahal, janji meeting ini adalah untuk kepentingannya, bukan kamu.

Jangan ikuti ya RulaWoman, karena si dia yang butuh, kamu yang tentukan di tempat mana dan jam berapa kalian akan bertemu.

foto sumber: gettyimages.com

4. Ia merasa kalau ia memiliki hak lebih dan merasa harus lebih dipentingkan dibandingkan dengan yang lain.

Ini ditandai dengan pengiriman textnya yang tidak menyadari dan menghargai akan waktu sibukmu, dan ia ingin kamu agar segera menjawabnya. Layaknya pacar yang ngambekan, mantan kamu akan bersikap seperti ini juga.

Batasi ya RulaWoman, ingat kamu nggak memiliki kewajiban apapun dengannya. Dan kalau ia sudah mulai mengganggu, kamu boleh kok nggak menanggapinya.

5. Ia akan tersinggung kalau kamu sudah menikah dan kamu tidak mengundangnya.

Padahal, adalah hak kamu untuk menentukan siapa yang ingin kamu undang, bukan? Kalau kamu tidak mengundangnya, maka ia akan merasa kecil hati karena kamu membuatnya menjadi seseorang yang tidak penting dalam hidup kamu.

Dan kamu juga sebenarnya nggak ada kewajiban loh untuk mengundangnya. Namun tetap, walau mungkin kalaupun kamu mengundangnya dan ia tidak datang, ternyata seorang mantan itu tersinggung banget kalau kamu tidak mengundangnya dalam pesta pernikahanmu.

6. Ia hanya akan ingat hal-hal tentang kamu yang menurutnya paling berkesan.

foto sumber: positivemed.com

Salah satu mantan saya akan terus menyinggung soal ketidaksukaan saya akan lari pagi sewaktu ia mengajak saya dahulu, dan mantan saya yang lain hanya ingat kesukaan saya memakai baju warna merah, dan mantan saya yang lain lagi hanya akan ingat rok lipit Scotlandia saya, yang memang menjadi favorit saya dan sering saya kenakan dahulu.

Apapaun itu, kenangan mantan kamu akan kamu ternyata terisolasi dengan kenangan manisnya denganmu, RulaWoman. Seberapa buruknya hubungan kamu dan walaupun putusnya kamu dengan mereka juga nggak baik-baik.

7. Kamu adalah soft spotnya.

Memang sih nggak pada semua mantan. Tapi mantan kamu akan mendahulukan kamu atau membantumu sebisa mungkin apabila ada kesempatan kerjasama antara ia dan kantornya, yang berhubungan dengan kamu. Kamu akan dijadikannya prioritas, dan apapun permintaan bantuanmu padanya akan lebih diutamakan.

Ternyata instingnya untuk melindungi kamu masih ada. Walaupun kamu tetap bisa menjaga jarak dan berperilaku profesional, nggak ada salahnya juga kelemahannya ini terhadap kamu, kamu manfaatkan demi kemudahan kamu bekerjasama dengan perusahaannya.

8. Akan ada masanya ia masih penasaran padamu.

Mungkin dahulu ada beberapa episode yang belum selesai dan itu cukup mengganggunya. Jadi jangan heran kalau kemudian ia akan mengungkit dan menuntut klarifikasi darimu walau kejadian itu sudah berlalu sekian tahun, hanya untuk memuaskan rasa penasarannya. Padahal jelas kamu sudah memiliki kekasih lain dan iapun sudah punya seseorang yang baru di sisinya.

Tapi jangan ge-er ya RulaWoman, ini bukan pertanda ia masih ingin balik kok ke kamu. Ini hanya manifestasi ego-nya yang perlu dipuaskan oleh pembenaran.

foto sumber: indianexpress.com

9. Ia masih merasa dekat dengan keluarga kamu.

Ia akan menanyakan tentang orangtua kamu, terutama masakan favoritnya yang dibuat Ibu kamu, atau kebiasaan kakak dan adik kamu yang dahulu memang menjalin kedekatan dengannya. Disini, kamu memiliki pilihan, tidak menaggapinya dan mengabaikan pertanyaannya, atau kamu bisa menawarkannya untuk datang ke rumah.

Silaturahmi memang penting, RulaWoman, namun ada alasannya kenapa seorang mantan adalah mantan. Kamu nggak memiliki kewajiban apapun untuk berbaik-baik dengannya. Malah kamu harus tunjukkan kalau kamu sudah berubah, dan ia tidak memiliki kuasa atas dirimu. Karena ada juga beberapa pembicaraan yang menunjukkan implikasi kalau ia sangat tahu tentang dirimu, padahal, kamu sudah berubah menjadi seseorang yang lebih baik sekarang.

Ia hanya bagian dari masa lalu kamu, RulaWoman. Dan sekarang kamu menjalankan masa sekarangmu dan masa depan, lebih baik tanda ada dirinya yang hanya akan mengganggu.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Setelah Putus Sekian Lama, Ini Loh 9 Hal Yang Mantan Pikirkan Tentang Kamu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fioney Sofyan | @fioneysofyan

I'm a Wealth Assets Management, a marathoner in training, forex and IDX stock market trader, a writer, a dreamer and a mother of 2 Angels.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar