5.1K
Kehilangan memang menyakitkan, tapi bukan berarti kamu tidak dapat mengambil pelajaran darinya.

Hilang. Tak ada. Tak berbekas. Tak bersisa.

Tidak lagi sama keadannya dengan yang dulu.

Pada nyatanya, setiap orang pernah mengalami kehilangan. Kehilangan teman, orang tua, saudara, keluarga, guru, dan lainnya. Tentunya RulaWoman, yang harus selalu kamu ingat adalah, tidak ada yang abadi di dunia ini. Sehingga, setiap apa yang ada di sekitar kamu akan pergi. Akan hilang dan membuatmu merasakan kehilangan.

Kehilangan tentunya menciptakan duka yang mendalam bagi siapapun yang merasakannya. Membuat kamu mempertanyakan makna hidup, cinta, bahkan tentang Tuhan. Kamu bertanya-tanya, "Mengapa dia harus pergi? Mengapa harus sekarang?". Beribu pertanyaan serupa terus kamu lontarkan. Padahal kamu tahu, tidak aja jawaban yang dapat memuaskan bagimu. Lalu, apakah rasa kehilangan hanya akan memberikan kesedihan tak berupa? Tidak, RulaWoman. Kamu bisa memetik pelajaran berharga dari rasa yang kamu rasakan.

1. Mengajari kamu untuk menghargai waktu

Dengan merasakan kehilangan, tentunya kamu menyadari bahwa tidak akan pernah ada yang tahu apa yang terjadi di masa depan. Seseorang bisa pergi kapan saja tanpa mengenal waktu. Kamu tidak akan tahu apakah besok atau bahkan hari ini kamu akan kehilangan atau tidak. Jadi, ketika kamu pernah mengalami kehilangan, maka kamu akan lebih menghargai waktu yang kamu miliki. Menghargai setiap kesempatan yang ada untuk melakukan apa yang kamu bisa. Bukankah pernyataan "mumpung ada waktu" itu memang benar adanya, RulaWoman?

2. Kamu tahu kalau kamu perlu melakukan perubahan kecil dalam dirimu

Image credit: kaboompics.com

Ketika kamu menyadari bahwa pada dasarnya dunia penuh dengan ketidakpastian, ditambah pula dengan kenyataan bahwa pada dasarnya hidup seseorang itu singkat, kamu pun mulai untuk melakukan perubahan kecil dalam dirimu. Kamu menyadari bahwa tidak semua kebiasaan dan tindakan yang kamu miliki benar-benar akan bermanfaat dalam hidupmu. Alhasil, kamu pun mulai mencoba untuk refleksi diri dan melakukan perubahan kecil yang akan membuat hidupmu lebih baik.

3. Kamu jadi lebih menghargai apa yang ada di sekitarmu

Setelah kamu tahu sakitnya rasa kehilangan, kamu akan jauh lebih menghargai apa yang ada di sekitarmu. Kamu menghargai orang-orang di sekitarmu dengan menunjukan bagaimana perasaanmu atau seberapa besar kamu peduli kepada mereka. Kamu pun akan menjadi jauh lebih terbuka karena kamu tahu, mereka berhak mengetahui apa yang terjadi denganmu. Kamu takut tidak dapat memiliki kesempatan lagi untuk menyatakannya. Pada akhirnya, kamu akan jauh lebih menghargai apa yang dilakukan oleh orang lain untukmu dengan menunjukan apa yang kamu rasakan.

4. Kamu belajar untuk menyederhanakan hidup

Ketika kamu pernah merasakan kehilangan, tentunya kamu tahu bahwa waktu adalah hal yang sangat penting. Pada akhirnya, kamu pun menyadari bahwa penting bagi kamu untuk lebih memaknai hidup. Kamu tahu bahwa menyulitkan hidupmu sendiri bukanlah pilihan yang bijak. Sehingga, kamu pun belajar menyederhakanakan hidup dengan terus mengisinya dengan berbagai rasa syukur, cinta, maaf, dan juga kebahagiaan. Setidaknya, aura positif akan selalu berada di dalam dirimu. Ketika seseorang pergi dari hidupmu, kamu tahu telah memberikan kenangan yang baik untuknya.

5. Kamu menyadari pentingnya sebuah kenangan

Pada akhirnya, kamu menyadari bahwa kenangan merupakan satu hal yang penting. Ketika seseorang pergi, maka yang akan tetap ada dan tertinggal adalah kenangan yang sudah pernah tercipta. Sehingga, kamu tahu bahwa kenangan merupakan satu hal yang penting untuk selalu diingat.

"Memories are the only way to bring someone back to life." -- unknown.

Memang, RulaWoman, kehilangan bukanlah satu hal yang mudah untuk dihadapi. Akan ada banyak air mata serta emosi yang terkuras. Akan tetapi, kamu harus tahu bahwa, kamu harus kuat dan membuatmu hidupmu menjadi lebih baik. Kelima hal di atas hanyalah sebuah pelajaran yang setidaknya cukup berguna bagi kamu. Kamu harus ingat, kamu masih punya hidup yang harus kamu jalani. Pelajari apapun yang telah terjadi kepadamu dan hiduplan lebih baik dari sebelumnya.

BACA JUGA


6 Quotes Tahun Baru untuk Awalan yang Lebih Baik

6 Quotes Tahun Baru untuk Awalan yang Lebih Baik

Karena hidup butuh dimotivasi, bahkan oleh sebuah quote

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Setiap Orang Pernah Merasakan Kehilangan. RulaWoman, Inilah 5 Hal yang Dapat Kamu Pelajari dari Sebuah Kehilangan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Puji P. Rahayu | @PujiPRahayu

The Sun and the Red Glow of the Dawn. Passionate on reading and writing. Grateful for everything that happened in my life.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar

Crystal Monica | @alibabaalibabi

thanks Cara Membeli Saham