523
Kelar pernikahan adat Jawa, Kahiyang dan Bobby lanjut gelar pernikahan adat Batak!

21 November yang akan datang, Kahiyang dan Bobby akan melanjutkan prosesi pernikahan mereka dengan menggelar adat khas Tapanuli Selatan di Medan. Prosesi tersebut memakan waktu berhari-hari sampai pada 26 November loh RulaWoman! Sebenarnya, apa saja sih yang mereka lakukan selama hampir seminggu itu? Untuk mengurangi rasa penasaranmu, yuk baca 5 momen berikut ini yang bakal ada dalam pernikahan adat Mandailing milik Kahiyang – Bobby!

1. Mangain boru

photo source: pelitabatak.com

Momen ini merupakan proses mengangkat anak, artinya menerima orang asing (non-Batak) menjadi seperti anak kandung dan diberi marga sesuai dengan marga yang mangain. Jadi kalau dalam pernikahan Kahiyang – Bobby, proses ini ditujukan kepada putri satu-satunya Presiden RI tersebut yang bukan dari keluarga Batak. Proses ini akan dilalui dengan orang tua dari pihak Bobby Nasution akan meminta izin kepada hula-hula (saudara laki-laki dari Ibu Bobby) untuk mengangkat Kahiyang sebagai anaknya. Oleh karena itu, Kahiyang akan menjadi boru Siregar, sesuai dengan marga keluarga Ibu Bobby. Jadi nantinya Kahiyang akan menjadi anak Tulangnya (paman) Bobby.

2. Pemberian jambar dan dengke

photo source: batakgaul.com

Pada hari pelaksanaan ulaon adat (acara adat), pemberian jambar dan dengke dilakukan di awal prosesi. Sebagai informasi nih, RulaWoman, jambar itu adalah tanda makanan adat yang biasanya merupakan hewan kaki empat dan terdiri dari kepala utuh, leher, rusuk melingkar, pangkal paha, punggung dengan ekor, serta hati dan jantung (ditempatkan dalam baskom besar). Sedangkan dengke adalah ikan mas yang diarsik dan ditempatkan di atas tampah. Dalam adat Batak milik Kahiyang dan Bobby nanti, pemberian dengke ini akan dilakukan oleh keluarga pihak Kahiyang yang akan dibalas oleh keluarga Bobby dengan pemberian jambar tersebut. Makna dari pemberian dengke adalah sebagai wujud harapan agar pengantin dan keluarganya seiya-sekata serta memiliki satu tujuan. Sedangkan pemberian jambar menunjukkan kerendahan hati serta wujud doa agar makanan tersebut dapat memberikan berkat jasmani dan rohani kepada keluarga pihak Kahiyang juga semua orang yang menyantapnya.

3. Manjalo tumpak

photo source: gomversusjos.files.wordpress.com

Tumpak adalah tanda kasih yang diberikan oleh keluarga dan tamu undangan dari pihak laki-laki berupa uang. Jadi, nanti Kahiyang dan Bobby akan duduk di dekat panggung utama. Di hadapan mereka akan ada baskom yang disediakan untuk menaruh tumpak tersebut. Para tamu undangan dan keluarga Bobby akan mengantarkan tumpak tersebut sambil menyalami kedua pengantin.

4. Mangulosi

photo source: thebridedept.com

Ulos merupakan kain tenun khas suku Batak. Kain ini akan selalu hadir di setiap acara adat Batak, apalagi saat prosesi pernikahan. Proses pemberian ulos kepada kedua pengantin ini disebut mangulosi. Pada tanggal 24 dan 25 November mendatang, Kahiyang dan Bobby akan melewati proses ini. Diawali dengan pemberian ulos hela dari orang tua Kahiyang kepada kedua pengantin, diikuti dengan keluarga Kahiyang, kemudian orang tua dan keluarga Bobby. Perlu kamu ketahui nih RulaWoman, ulos punya makna mendalam loh, yaitu sebagai penyalur berkat kepada pengantin dan keluarganya

5. Manortor

photo soure: kpkpos.com

Terakhir, yang juga selalu ada di pernikahan adat Batak adalah manortor. Tari manortor adalah sekelompok orang yang menari dengan gerakan yang riang gembira. Biasanya manortor berlangsung selama upacara adat, yaitu saat pemberian tumpak dan ulos. Manortor diiringi dengan gordang. Kalau dalam pernikahan Kahiyang – Bobby, akan manortor ini akan diiringi dengan gordang sembilan. Uniknya dari manortor ini, semua yang ikut menari akan diselipkan amplop berisi uang di antara jari-jari oleh yang punya hajat, yaitu orang tua dari Bobby dan Kahiyang.

BACA JUGA


Busana Pengantin Tradisional Anak Presiden dari Masa ke Masa, Tunjukkan Keindahan Budaya Indonesia Pada Dunia!

Busana Pengantin Tradisional Anak Presiden dari Masa ke Masa, Tunjukkan Keindahan Budaya Indonesia Pada Dunia!

Mulai dari kebaya, beskap, batik, kain songket, sampai riasan rambut dan wajah yang khas Indonesia, inilah busana pengantin putra dan putri ...

Read more..

Nah, sudah kebayang dong kenapa acara adatnya bisa memakan waktu berhari-hari? Ternyata memang banyak banget prosesi yang harus dilalui Kahiyang dan Bobby dalam pernikahan adat Batak. Walaupun begitu RulaWoman, di setiap proses tersebut memang punya makna mendalam yang ditujukan kepada kedua mempelai. Selamat berbahagia Kahiyang dan Bobby!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Seusai Melaksanakan Pernikahan Adat Jawa yang Kental, Kahiyang – Bobby Akan Menggelar Prosesi Adat Mandailing. 5 Momen Ini Bisa Jadi Akan Ada dalam Prosesi Tersebut!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Veronica Gabriella | @veronicagabriella

I was born to be a writer. - Writing is my soul. - I hope you enjoy my writes!

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar