2.2K
Menurut British Psychology Society, melihat kehidupan seseorang dari luar, sama seperti melihat akuarium yang tampak indah dari luar kaca, tapi jika dilihat lebih dalam, maka akan tampak air yang keruh.

Dear RulaWoman,

Merasa punya teman yang suka nyinyir sama hidup orang lain? Atau justru Kita yang kerap melihat kehidupan orang lain yang lebih sukses, sejahtera, dan bahagia lalu merasa iri? Padahal apa yang terlihat belum sepenuhnya benar. Kita tidak benar-benar melihat orang lain secara keseluruhan. Menurut British Psychology Society, melihat kehidupan seseorang dari luar, sama seperti melihat akuarium yang tampak indah dari luar kaca, tapi jika dilihat lebih dalam, maka akan tampak air yang keruh.

Iri akan keadaan orang lain yang kamu anggap lebih baik akan membuang energi dan membuat kamu semakin pesimis. Daripada iri akan keberhasilan dan pencapaian orang lain, lebih baik mempelajari cara mereka untuk dapat sukses, karena tidak ada keberhasilan yang datang secara tiba-tiba. Rasa iri juga akan banyak menyita waktumu, yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal lain. Jika dilihat lebih jauh, rasa iri muncul karena kita merasa “insecure” atas apa yang orang lain dapatkan, serta merasa tidak cukup mampu untuk meraihnya. Adanya rasa iri justru akan menimbulkan persepsi diri bahwa kita “tidak cukup baik”. Padahal anggapan itu belum sepenuhnya benar. Jika dibiarkan terus-menerus, rasa iri dapat menjadi penghambat kesuksesanmu.

Yuk coba langkah sederhana berikut untuk manage rasa iri agar hidup lebih happy.


Bersyukur

Bersyukur - http://specktaculardesigns.com/wp-content/uploads/2015/11/grateful-woman.jpg
http://specktaculardesigns.com/wp-content/uploads/2015/11/grateful-woman.jpg

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh California University, orang-orang yang selalu bersyukur akan lebih bahagia dan lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang tidak.  Kenyataanya, sebagian orang lebih sering mengeluh dan menggerutu, sehingga situasi yang dihadapi menjadi makin buruk. Padahal bersyukur tak harus menunggu segala sesuatu membaik.  Bersyukur dapat dimulai dari hal sederhana. Setiap orang punya masalah, hanya saja respon tiap orang terhadap masalah berbeda-beda. Mensyukuri apa yang dimiliki akan membuat kamu merasa lebih baik dan dapat mengambil keputusan secara jernih.


Cintai Diri dan Berhenti Membandingkan

Cintai Diri Dan Berhenti Membandingkan - http://static.oprah.com/images/o2/201405/201211-orig-deepak-chopra9-949x534.jpg
http://static.oprah.com/images/o2/201405/201211-orig-deepak-chopra9-949x534.jpg

Terus-menerus membandingkan diri sendiri dengan orang lain akan membuat lelah, karena setiap orang unik dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Daripada sibuk mencari kekurangan diri, lebih baik fokus pada kelebihan yang dimiliki. Hargai dan cintai kehidupanmu sekarang. Beri penghargaan diri sendiri ketika kamu berhasil mencapai sesuatu, me time atau beli barang yang kamu suka. Belum tentu kehidupan orang lain lebih baik, karena kita tidak mengetahui secara detail apa yang dia alami. 


Tolok Ukur Kebahagiaan Tiap Orang Berbeda

Tolok Ukur Kebahagiaan Tiap Orang Berbeda - https://idogunesohe1.files.wordpress.com/2014/11/img_4615.jpg
https://idogunesohe1.files.wordpress.com/2014/11/img_4615.jpg

Tiap orang memiliki definisi kebahagiaan yang berbeda-beda, bergantung pada pengalaman dan tujuan hidupnya. Memaksa diri untuk mengikuti standard orang lain hanya akan membuat kebahagiaan sulit didapat. Menjalani apa yang diyakini dan bersedia bertanggung jawab atas pilihan yang diambil akan membuat hidup terasa berbeda.


Berkumpul dengan Lingkungan Positif

Berkumpul Dengan Lingkungan Positif - http://vtox.amazinggrass.com/wp-content/uploads/2014/12/sharing-challenge-1080x679.jpg
http://vtox.amazinggrass.com/wp-content/uploads/2014/12/sharing-challenge-1080x679.jpg

Kebahagiaan itu menular. Demikian juga dengan keluhan. Karakter orang di sekitarmu sedikit banyak berpengaruh pada karakter dan cara pandangmu. Berteman dengan orang-orang berpikiran positif akan menimbulkan energi positif dalam dirimu.

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Punya Teman Yang Suka Nyinyir Sama Hidup Orang Lain? 4 Cara Ini Bisa Bikin Rasa Iri Jadi Rasa Happy!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar