899
Terkadang kita tidak pernah sadar bahwa ternyata memiliki sifat pemalu justru menjadi penghalang terbesar bagi kesuksesan kita.

RulaWoman, pernahkah kamu merasa canggung saat-saat di situasi tertentu ataupun saat di hadapan orang banyak? Jika iya, itu berarti tandanya kamu adalah seorang yang pemalu. Sebenarnya memiliki sifat pemalu itu merupakan hal yang wajar, karena setiap orang mungkin pernah mengalami hal yang sama sepertimu. Namun, jika hal ini kamu biarkan terus-menerus melekat pada dirimu, kamu tentu tidak akan bisa maju dan sukses. Karena untuk menuju kesuksesan itu tidak ada yang namanya malu, sukses itu dibangun atas kepercayaan diri, usaha serta tekad yang kuat dari masing-masing individu. Untuk itu, jika kamu benar-benar ingin sukses, kamu harus berani menghilangkan sifatmu yang pemalu itu dan keluar dari zona nyaman yang kamu miliki.

Tunjukkan pada dunia, bahwa kamu juga bisa sukses seperti mereka, karena setiap orang berhak memilki kesempatan yang sama. Memang awalnya untuk bisa mengubahnya itu sedikit sulit, tapi kamu harus ingat RulaWoman, bahwa sifat pemalu itu adalah sifat bawaan dalam diri yang tentunya masih bisa diubah kok. Selagi kita mampu dan mau berjuang demi menuju kesuksesaan, semua itu akan sangat mudah untuk bisa dilalui. Oh ya RulaWoman, untuk bisa menghilangkan rasa malu dan mencapai kesuksesan itu, tidak hanya bermodalkan keberanian dan kepercayaan diri saja lho, kamu juga bisa melakukan 9 hal yang berikut ini agar langkahmu menuju kesuksesan semakin dekat dan sempurna. Penasaran kan seperti apa itu? Maka dari itu, yuk langsung disimak saja yang berikut ini ya.

1. Cobalah untuk lebih bisa mencintai diri sendiri

photo credit : beautifulujourney.com

Mungkin inilah faktor utama kenapa kamu begitu merasa malu. Setiap hari, setiap menit, dan setiap detik, kamu selalu saja mengeluh. Mengatakan bahwa dirimu adalah orang yang paling tidak sempurna dengan segala kekurangan yang kamu miliki saat ini. Itulah yang akhirnya membuatmu merasa malu, dan tidak punya rasa kepercayaan diri lagi, sehingga berujung pada kebencian terhadap diri sendiri. Padahal seharusnya kamu itu bersyukur, karena sesungguhnya setiap orang itu pasti punya kekurangannya masing-masing. Lalu bagaimana orang lain bisa sukses sedangkan kamu sendiri tidak bisa seperti mereka? Nah itu mungkin karena mereka tidak pernah mengeluh dan selalu bisa menerima diri mereka apa adanya, RulaWoman. Walaupun sebenarnya, mereka juga tahu kalau mereka punya kekurangan sama sepertimu. Tapi karena sifatnya yang tidak pernah mengeluh, mencintai diri sendiri, berani, dan percaya diri itulah yang akhirnya membuatnya bisa lebih sukses dan maju lebih dari kamu.

2. Cobalah untuk lebih fokus terhadap orang lain bukan kepada diri sendiri

photo credit : simplygrandfood.com

Yang berikut ini mungkin salah satu alasan terbesar kenapa sampai saat ini kamu masih saja belum bisa sukses dan maju, seperti yang lainnya. Rasa malu itu timbul mungkin karena kamu terlalu sibuk memikirkan diri kamu sendiri, menyalahkan setiap kekuranganmu, serta khawatir dan takut kalau nantinya orang menertawakanmu atas apa yang sudah kamu lakukan. Sehingga kamu lupa, bahwa sebenarnya semua orang juga pasti punya kekurangan dan pernah melakukan kesalahan sama sepertimu. Untuk itu, cobalah dari sekarang untuk hilangkan sifatmu itu, mulailah untuk lebih fokus terhadap orang lain dan bukan terhadap diri sendiri. Dengarkan apa yang mereka katakan, dan amati apa yang mereka lakukan. Karena jika sifat ini kamu biarkan secara terus menerus melekat pada diri kamu, kamu tentu tidak akan bisa sukses dan maju seperti teman-temanmu itu.

3. Cobalah untuk cari tahu apa yang menjadi kelebihanmu saat ini

photo credit : eomega.org

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa ternyata kunci yang tepat untuk bisa menuju kesuksesan itu hanyalah dengan memiliki keberanian dan kepercayaan diri saja lho RulaWoman. Lalu, bagaimana sih caranya untuk bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri itu? Nah, salah satu caranya yaitu kamu bisa mencoba mencari tahu apa yang menjadi kelebihanmu saat ini, lalu kamu bisa kembangkan tuh kelebihanmu secara terus-menerus. Dengan begitu rasa kepercayaan diri itu nantinya akan timbul dengan sendirinya tanpa kamu paksakan. Dan tentunya orang lain juga akan lebih respect dengan kamu lho, terlebih lagi kamu mungkin akan sangat dipuji dan dibanggakan oleh mereka. Hal ini tentunya dapat membuat sifat pemalumu sedikit demi sedikit akan menghilang atau berkurang lho RulaWoman.

4. Cobalah untuk kurangi rasa perfectionisme yang kamu miliki

photo credit : carsontahoe.com

RulaWoman, kamu tentu tahu kan, kalau sesungguhnya di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Setiap orang mungkin punya kekurangannya masing-masing, dan setiap orang mungkin juga pernah melakukan kesalahan yang sama sepertimu lho, RulaWoman. Karena kesempurnaan itu sesungguhnya hanyalah milik Tuhan semata, bukanlah milikmu. Kamu tahu tidak RulaWoman, rasa malu itu bisa saja muncul karena kamu takut, takut menunjukkan dirimu yang sebenarnya di depan teman-temanmu. Karena kamu tahu, kalau kamu tidak sempurna seperti mereka. Kadang kamu juga selalu saja sibuk membandingkan diri kamu dengan dirinya yang kamu banggakan. Saking inginnya kamu seperti mereka, kamu sendiri sampai lupa bahwa sampai kapanpun kesempurnaan yang kamu inginkan dan yang kamu cari itu tidak akan pernah ada. Ya itu semua karena memang semua orang itu tidak ada yang sempurna, bukan? Untuk itu cobalah dari sekarang untuk sedikit demi sedikit kurangi rasa dan sifatmu yang perfectionist itu ya RulaWoman. Karena jika tidak, hal ini tentunya dapat berakibat fatal untuk diri kamu dan juga orang lain. Tidak akan ada satupun yang mau berteman dengan orang yang bersikap perfectionist seperti kamu, yang ada justru kamu lho yang akan dijauhi oleh mereka. Jangan sampai hal ini terjadi ya, RulaWoman.

5. Cobalah untuk mulai berani berlatih berbicara didepan cermin

photo credit : shutterstock.com

Jika kamu benar-benar merasa gugup saat berhadapan dengan orang banyak, mungkin salah satu caranya agar kamu bisa lebih percaya diri, kamu bisa memulainya dengan cara berlatih berbicara di depan cermin. Anggap saja, apa yang kamu lihat di cermin itulah audiens yang akan kamu ajak bicara. Semakin sering kamu berlatih, maka semakin besar pula rasa kepercayaan diri kamu meningkat. Jadi tunggu apa lagi RulaWoman? Lakukan sekarang ya..

6. Cobalah untuk membuat kontak mata saat berbicara

photo credit : huffingtonpost.com

Buat kamu yang pemalu, mungkin hal ini sedikit sulit kamu lakukan. Karena memang hal ini tidak pernah kamu lakukan. Coba deh kamu perhatikan, jika kamu sedang berbicara dengan mereka si pemalu, pernahkan mereka memandang atau menatapmu saat berbicara? Mungkin hampir tidak pernah, bukan? Kamu tentu mau tahu kan, kenapa mereka bersikap seperti itu? Itu karena mereka merasa tidak percaya diri jika harus menatap lawan bicaranya saat sedang berbicara. Kalau seperti ini, bagaimana orang lain mau mendengarkanmu? Sedang kamu saja tidak mau menatapnya bahkan mendengarkannya. Untuk itu, cobalah untuk mulai berani deh dari sekarang. Berani untuk menatap lawan bicara ketika sedang berbicara ya, RulaWoman. Karena kamu tidak hanya bisa mendengarkannya saja lho RulaWoman, kamu juga bisa buat mereka mendengarkan pendapatmu.

7. Cobalah untuk mulai berani merubah penampilanmu

photo credit : womansday.com

Kamu mungkin merasa malu karena penampilanmu yang biasa saja, bukan? Nah, jika kamu benar-benar ingin menghilangkan sifat pemalumu itu, kamu bisa memulainya dengan cara merubah penampilanmu. Mungkin kamu bisa menambahkan accessories pada pakaian yang akan kamu kenakan lho. Dengan begitu, rasa kepercayaan diri kamu juga akan meningkat. Dan tidak akan ada alasan lagi deh, untuk kamu tidak merasa percaya diri bukan?

8. Ketika sedang berbicara, cobalah untuk benar-benar hadir dan mendengarkan setiap perkataannya

photo credit : shutterstock.com

Jika kamu sedang berbicara dengan teman ataupun sahabatmu, usahakan untuk tetap fokus terhadap dirinya. Cobalah untuk untuk tetap memperhatikan dan mendengarkan setiap perkataannya. Jangan buat dirinya merasa diabaikan dan tidak dianggap oleh dirimu. Karena hal ini akan buat dia kesal dan menjauhi dirimu lho, RulaWoman. So, jangan sampai hal ini terjadi ya RulaWoman.

9. Cobalah sesekali memuji diri sendiri

photo credit : chrisbrecheen.com

Walaupun hal ini kedengarannya lucu, tapi ternyata hal ini cukup membantu lho. Tak ada salahnya kok jika kamu ingin memuji dirimu sendiri, supaya rasa kepercayaan diri kamu semakin meningkat. Ucapkan saja diri kamu itu sempurna sama seperti mereka. Kamu bisa melakukannya setiap saat, setiap menit, dan setiap detik disaat sebelum kamu melakukan aktivitas diluar rumah. Niscaya, hal ini akan membuatmu lebih percaya diri ketika ingin bertemu orang lain.

Jadi RulaWoman, sekarang kamu tahu kan kalau sifatmu yang pemalu itu ternyata bisa diubah loh. Asalkan kamu mau mengubahnya dan yakin bahwa kamu juga bisa seperti mereka. Kamu juga harus ingat lho, bahwa kepercayaan diri itu bisa timbul karena kamu mampu menyayangi, mencintai dan menerima dirimu apa adanya. Kamu juga harus sadar, bahwa bukan hanya kamu saja yang memiliki kekurangan. Setiap orang juga pasti punya kekurangan sama sepertimu. Yang terpenting, kamu mau menerima kekuranganmu itu dan menjadikannya sebagai batu loncatanmu untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Semoga bermanfaat ya, RulaWoman.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sifatku yang Pemalu Membuatku Tak Bisa Maju Melangkah, Inilah 9 Hal yang Harus Aku Lakukan Demi Kemajuanku Kelak!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Vina Ambarilla | @vinaambarilla

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar