1.6K
Don't be scared to walk alone. Don't be scared to like it. – The Age of Worry, John Mayer

Melakukan perjalanan atau berlibur adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan di tengah-tengah padatnya aktivitas sehari-hari, RulaWoman. Ada banyak destinasi yang bisa menjadi pilihan –baik dalam negeri maupun di luar negeri, semuanya bisa kamu sesuaikan dengan bujetmu saat itu. Nah, tapi terkadang yang menjadi masalah adalah sedang tidak ada teman atau pasangan yang bisa menemani perjalanan, padahal kamu ingin sekali bertualang. Tenang, RulaWoman, selain mengikuti open trip yang biasa ditawarkan berbagai agen perjalanan, tidak ada salahnya juga, lho, sesekali melakukan solo traveling alias jalan-jalan sendiri!

Mengapa solo traveling?

Mungkin banyak di antara kamu yang merasa malas untuk jalan-jalan sendiri, terlebih ke luar kota atau liburan ke luar pulau. Ada banyak kekhawatiran yang muncul; bagaimana jika mendadak sakit di perjalanan, atau mengalami hambatan lainnya. Tapi sebenarnya banyak dampak positif dari solo traveling ini, kok, RulaWoman. Berikut di antaranya!

1. Melakukan perjalanan sendirian akan memberikanmu waktu bersama dirimu sendiri. Dengan kata lain, perjalanan tersebut sekaligus bisa kamu jadikan momen me time yang berkesan.

2. Menambah teman baru. Ketika kamu jalan-jalan bareng keluarga atau sahabat, kecil kemungkinan kamu rela ‘repot-repot’ berkenalan dengan orang baru di tempat yang kamu datangi. Alih-alih mengajak orang lain berkenalan, bukankah lebih menyenangkan eksplor tempat tujuan dan foto-foto bersama? Nah, sebaliknya, ketika kamu datang sendirian, segalanya serba terbatas, dan itu menuntutmu untuk berkenalan dan bisa menambah teman baru. Mengawalinya dengan permintaan tolong untuk mengambil foto misalnya? Siapa tahu malah bertemu jodoh! Hihi.

3. Mendapatkan pengalaman yang berbeda. Dengan solo traveling, kamu tentu akan merasakan pengalaman yang berbeda jauh dibandingkan ketika kamu liburan beramai-ramai. Kamu bisa mendatangi lokasi mana pun sesukamu, tanpa ada protes dari teman-teman seperjalanan.

4. Belajar mengatur diri sendiri. Ketika perjalanan berlangsung, mau tak mau kamu akan lebih mandiri dan mengatur/mempersiapkan semuanya sendiri. Pertama-tama mungkin akan terasa berat, tapi sebenarnya menyenangkan jika kamu sudah terbiasa.

5. Lebih cepat membaur dengan masyarakat setempat. Jika kamu mendatangi daerah kecil atau terpencil, akan lebih mudah bagimu untuk membaur ketika kamu sendirian, ketimbang datang dengan rombongan. Kamu akan lebih cepat mengenal masyarakat setempat, budaya mereka, kuliner, dan banyak hal baru yang mungkin tak pernah kamu duga sebelumnya.


Lalu, destinasi mana saja yang bisa menjadi tempat menarik untuk solo traveling?

Esensi dari solo traveling sebenarnya adalah pengalaman yang didapat, jadi kamu tidak harus kok mencari destinasi yang jauh hingga ke luar pulau atau luar negeri. Kamu bisa mendatangi kota-kota terdekat yang belum pernah kamu datangi sebelumnya, tergantung dari minat masing-masing. Misalnya, jika kamu mengincar kuliner maka kamu sebaiknya mendatangi tempat-tempat yang banyak menyediakan wisata kuliner.

Dan inilah beberapa 7 lokal yang menarik untuk dikunjungi!

1. Bandung

Photo credit: www.nuarthatours.com

Buat kamu yang berjiwa muda dan suka banget keliling kota untuk kulineran, Bandung bisa menjadi tempat yang asyik, RulaWoman. Kota yang terkenal dengan julukan Paris van Java ini punya banyak pilihan destinasi kuliner yang akan membuatmu kekenyangan setiap harinya.

2. Yogyakarta

dok. pribadi

Kalau kamu suka wisata budaya, kamu wajib datang ke Yogyakarta. Kota satu ini masih kental budaya Jawanya. Kamu bisa mendatangi Keraton, Taman Sari, Candi Prambanan, Istana Ratu Boko, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa belajar membuat batik sendiri, lho!

3. Bali

Bali adalah salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Sepanjang jalan di Bali, kamu bisa menemukan banyak turis asing berlalu-lalang. Wisata pantai Bali memang masih menjadi favorit, nih, RulaWoman. Selain itu, wisata budaya dan kuliner di Bali juga tak kalah menarik. Paket komplit banget, deh!

Photo credit: www.pexels.com

4. Lombok

Kalau kamu sudah tiba di Bali dan ingin melihat laut yang lebih biru dan menggoda, kamu tinggal menyeberang ke Lombok. Letaknya tidak jauh dari Pulau Bali. Di sini kamu bisa berjemur, berenang, dan tentu berkenalan dengan teman-teman baru.

5. Sumatera Barat

Kota-kota di Sumatera Barat merupakan salah satu surga kuliner selain Bandung, RulaWoman! Banyak sekali jenis makanan khas minang yang bisa kamu cicipi di sepanjang perjalanamu ke Bukittinggi, Padang, atau Pariaman. Mencicipi nasi Padang langsung di tempatnya? Hmm, yang jelas lebih yummy ketimbang nasi padang di Jakarta atau di kota-kota lain, RulaWoman!

6. Malang

Photo credit: regional.liputan6.com

Kota apel ini juga merupakan destinasi alam yang tak kalah menarik. Ada Gunung Semeru, Gunung Bromo, Ijen, dan sebagainya. Kalau kamu merasa bosan dengan pantai, tak ada salahnya mencoba berkunjung ke tempat-tempat ini. Merasa berat sendirian? Tenang, coba metode share cost aja! Selain menambah pengalaman dalam sejarah perjalananmu, kamu juga berkesempatan menikmati alam bersama teman baru.

7. Semarang

Salah satu kota di Jawa Tengah ini konon memiliki kawasan kota lama yang menggoda untuk didatangi. Klenteng Sam Po Kong, Lawang Sewu, Gereja Blenduk biasanya menjadi destinasi utama wisatawan jika mampir ke kota ini. Selain wisata sejarah, kalau kamu menyukai pantai maka Semarang punya Pantai Marina dan Pantai Tirang!


Itulah beberapa destinasi yang menarik untuk dikunjungi, RulaWoman. Selama masih muda, tak ada salahnya bertualang ke berbagai tempat. Siapa tahu, pengalaman perjalanan tersebut akan menjadi kisah menarik untuk anak cucumu kelak!

Yeay!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Solo Traveling, Siapa Takut! Inilah 7 Destinasi Lokal yang Menarik untuk Kamu Jelajahi, RulaWoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar