434
Local StartUp Festival telah berlangsung tgl 18-19 Oktober 2017 lalu benar-benar membawa paradigma baru buat kamu pemerhati StartUp. Namun untuk kamu yang nggak sempat hadir, ternyata di Expo StartUp Festival 2017, ada beberapa StartUp yang lucu-lucu loh RulaWoman.

Selain seminar dan workshop yang telah berlangsung selama 2 hari dan menghadirkan lebih dari 70 pembicara, kamu juga akan dimanjakan oleh expo dari startup-startup yang hadir untuk memberikan solusi untuk problem kamu. Tentunya banyak banget startup yang ada, namun kali ini hanya 7 startup saja ya yang akan diulas di sini.

Apa saja sih 7 Startup keren yang ada di expo Local StartUp Festival kemarin?

1. Studentjob.co.id

Sebenarnya ini bukan StartUp baru, namun tetap penting untuk kamu ketahui. Nah tentunya sebagai mahasiswa, kamu ada ketakutan sendiri mengenai pekerjaan bukan? Bagaimana kamu bisa bekerja setelah lulus, kalau semua perusahaan yang membuka lowongan pastinya menuntut adanya pengalaman kerja?

Studentjob solusinya, RulaWoman. Studentjob akan memberikan kamu peluang untuk bisa magang di beberapa perusahaan pilihan yang memang membuka lowongan untuk intership. Memang nggak selalunya kamu akan diberikan gaji, bahkan kadang transportasi harus kamu tanggung sendiri. Namun Studentjob akan membantu kamu memiliki pengalaman kerja, yang tentunya lebih berharga.

Dengan kamu memiliki pengalaman kerja walau sebagai intership, kamu bisa meminta rekomendasi dari tempat di mana kamu magang, atau malah kamu bisa meminta agar dijadikan karyawan tetap di tempat kamu magang. Studentjob memberikan kamu peluang dan kesempatan. Tinggal bagaimana kamu bisa memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan kamu.

photo credit: ZettaMedia-RulaWoman

2. Kick Avenue

photo credit: ZettaMedia-RulaWoman

Ini adalah salah satu StartUp yang paling bahaya. Kick Avenue adalah wadah penjualan sneakers ori, yang menjual sepatu-sepatu original, yang nggak akan kamu dapatkan ditempat lain. Nggak seperti tempat jual-beli online lainnya, di mana vendor yang akan mengirimkan barang, semua sepatu yang ingin dijual akan ditampung terlebih dahulu di gudang milik Kick Avenue. Kemudian akan ada tim khusus yang mengecek keaslian dari sepatu yang dijual, sehingga kamu nggak usah khawatir untuk membeli barang palsu.

Semua merk sepatu yang selama ini hanya bisa kamu lihat di Amazon atau website luar negeri, bisa kamu dapatkan di sini. Jadi jangan heran kalau kamu akan menemukan Adidas Ultra Boost seri tertentu mulai dari Rp. 3.900.000,00 sampai yang harganya Rp. 17.900.000,00 semuanya ada, RulaWoman. Tapi, kalau kamu membandingkannya dengan harga di website luar negeri sih, tetap bisa bersaing kok. Yang jelas, kamu pasti nggak akan kecewa. Karena begitu banyak pilihan sepatu yang kamu nggak percaya ada.

Photo Credit: ZettaMedia-RulaWoman

3. Brum

Ini aplikasi yang pas banget buat perempuan, RulaWoman. Biasanya sih, perempuan nggak paham sama kendaraan. Dan untuk kamu yang ingin membeli mobil, tapi bingung caranya untuk paham apakah mesinnya bagus atau enggak, apakah ada kekurangan ini itu, Brum bisa membantu kamu. Dengan sistem manual dan scanner yang dilakutan, Brum bisa banget membantu kamu memilih kendaraan dengan kualitas terbaik. Dan nggak hanya itu, kamu akan dikasih laporannya loh RulaWoman, jadi kamu bakal dibantu banget soal kendaraan.

Nggak hanya itu. Kalau mobil kamu mogok, Brum juga siap loh dengan servicenya untuk datang ke lokasi kamu. Jadi kalau kamu males ke bengkel, malas antri, atau bahkan ingin memanfaatkan waktu dengan menservice kendaraan kamu di kantor selama kamu bekerja, Brum adalah tempat yang tepat bagi kamu yang memiliki kendala waktu.

Photo credit: ZettaMedia-RulaWoman

4. Jurnal

Untuk kamu yang memiliki usaha kecil seperti coffee shop atau UKM lain yang membutuhkan pembukuan, Jurnal bisa membantu kamu dalam menyelesaikan masalah ini. Mulai dari berapa banyak paper cup yang kamu miliki, yang sudah terpakai, sampai pada pengeluaran pemasukan dan lain-lain, semuanya bisa kamu ketahui dengan aplikasi ini.

Aplikasi ini tentunya bukan cash register ya RulaWoman, tapi memiliki fungsi yang sama bahkan bisa membantu kamu untuk mencatat inventory, invoice dan pembayaran lain, dan semua hal yang berhubungan dengan administrasi. Jadi, nggak pakai ribet, Jurnal akan membantu pembukuan kamu sesuai dengan kebutuhan usaha kamu.

Photo Credit: ZettaMedia-RulaWoman

5. MJasa

Musin hujan seperti sekarang ini tentunya membuat kamu sering berada dalam keadaan dilema untuk mencuci mobil, bukan? Apalagi kalau baru selesai ke tempat cuci mobil, ternyata belum sempat sampai ke rumah hujan sudah turun. Males nggak sih?

Nah MJasa ini adalah solusi untuk kamu yang ingin mencuci mobil datang ke rumah. Bedanya dari fasilitas pencucian mobil lain, kamu nggak perlu mempergunakan air banyak-banyak. Karena MJasa ini mempergunakan produk buatannya sendiri, yang dijamin bisa membuat kendaraan motor kamu tetap kinclong dan bersih. Dengan sistem Eco-Green yang dimiliki, maka kamu nggak usah khawatir RulaWoman, karena produk yang dibuat oleh MJasa itu ramah lingkungan.

Nggak hanya itu, ada sistem live chatting yang bisa kamu gunakan dan live tracking sehingga kamu bisa tahu di mana petugasnya sedang berada. Apakah sudah dekat dengan tempat tinggal kamu, atau belum. Dan tentunya, selain mengirit waktu, kamu juga akan mengirit air ya karena sifatnya yang nggak mempergunakan air dalam membersihkan kendaraan kamu.

6. Goniyu

Nah untuk kamu yang suka makan, kemanakah biasanya kamu melihat referensi? Biasanya sih, referensi yang kamu dapatkan nggak lengkap, apalagi kalau kamu ternyata berada di luar negeri, kamu pasti kesulitan mencari referensi makan.

Nah Goniyu hadir untuk kamu yang senang berwisata kuliner, di manapun kamu berada. Mulai dari referensi restoran sampai pedagang kaki lima, Goniyu akan langsung memberikan referensi restoran atau pedagang terdekat sesuai dengan cakupan GPS kamu. Kamu bisa melihat langsung jarak yang kamu tempuh, atau makanan apa saja yang dijual di sekitar kamu.

Jadi kamu nggak usah pusing lagi untuk mencari restoran apa atau pedagang kaki lima apa yang ingin kamu nikmati suguhannya, karena Goniyu sanggup memberikan referensi yang kamu butuhkan.

photo credit: ZettaMedia-RulaWoman

7. Tridigo

Lat but not least Tridigo. Tridigo ini adalah startup yang menyediakan fasilitas printer 3 dimensi. Iya, 3 dimensi. Mulai dari pena 3 dimensi sampai printer 3 dimensi yang bisa men-scan apapun yang kamu ingin print ulang ke dalam bentuk 3 dimensi, Tridigo menyediakannya.

Photo credit: ZettaMedia-RulaWoman

Tapi coba perhatikan baik-baik foto dibawah ini, RulaWoman. Kalau sebelumnya saya hanya melihat 3-D Printer hanya di film-film, Tridigo ternyata juga memiliki alat scanner yang bisa menscan seseorang satu badan, tentunya dengan alat yang lebih besar ya, untuk kemudian memprint seseorang dalam versi mininya. Jadi perhatikan boneka kecil yang ada di depan Mas ganteng ini, boneka kecil itu adalah versi mini si Mas ganteng yang sempat dibuat sebagai salah satu bentuk hasil 3D Printer yang dihasilkan.

Dan bagi saya, ini keren banget, RulaWoman. Lebih lanjut Tridigo juga memberikan pelatihan dan penjualan filamen yang dibutuhkan untuk pembuatan 3D printing. Dan canggihnya lagi, kamu juga bisa membuat perbagian terlebih dahulu, untuk kemudian di assembling sehingga menjadi bentukan yang utuh. Ada Hogwart, Iam Groot dan lain-lain yang dijadikan contoh display. Asli keren.

photo credit ZettaMedia-RulaWoman

Nah RulaWoman, Local StartUp Festival nggak hanya memberikan kamu insight dan masukan serta pembelajaran yang bermanfaat dari mereka yang sudah sukses di dunia StartUp. Ada juga pitching battle sehingga kamu bisa mendapatkan pendanaan untuk StartUp kamu, atau malah kamu mendapatkan inspirasi dari StartUp Expo yang menampilkan StartUp-StartUp lain yang tentunya bermanfaat bagi kamu.

Sudah siap menjadi entrepreneur dengan StartUp yang akan kamu dirikan? Selama StartUp yang kamu ingin dirikan adalah solusi dan jawaban atas masalah yang ada di sekitar, pasti kamu akan sukses. Semoga bermanfaat ya, RulaWoman.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "StartUp StartUp Lucu dan Keren Yang Hanya Akan Kamu Temui Di Expo Local StartUp Festival. Apa Sajakah Itu?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fioney Sofyan | @fioneysofyan

I'm the Managing Editor at Rula.co.id., a marathoner in training, forex and IDX stock market trader, a writer, a dreamer and a mother of 2 Angels.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar