1.5K
RulaWoman, perkenalkan, Stephanie Kurlow, balerina berhijab pertama di dunia, yang berani menggapai mimpinya, walau masih berusia 15 tahun. #WhyNot?

Menjadi seorang balerina tingkat Internasional saja sudah cukup sulit. Dan tidak ada seorang penari balet di dunia yang mengenakan hijab, kecuali Stephanie Kurlow.

RulaWoman, sebagai salah seorang pembicara di acara Resonation 2017, Stephanie tidak hanya mengajak kamu untuk berani bermimpi, namun mengubah segala sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Di usianya yang relatif muda, masih 15 tahun, ia sudah bisa mengambil keputusan dan meraih impiannya. So, What's stopping you?



Dalam kesempatan ini, Rula diberi kehormatan untuk bisa bertemu dan mewawancarai langsung Stephanie Kurlow, sebelum acara Resonation 2017 yang lalu di mulai. Jadi, inilah pandangannya tentang kenapa ia bisa mengatakan #WhyNot pada impiannya sendiri.

Mau tahu bagaimana pandangannya tentang Islam dan Hijab yang dikenakannya? Yuk kita simak RulaWoman.

1. Bagaimanakah karakter kamu sebelum dan sesudah beralih ke agama Islam?

Sepertinya saya menjadi seseorang yang lebih spiritual dan lebih connected pada Allah, dan aku menjadi lebih aware akan keberadaan orang lain dan kebudayaan lain, dan membuat saya menjadi seseorang yang lebih baik.

2. Apakah arti Hijab bagimu?

Hijab, ada koneksi spiritual pribadi saya dengan Allah, dan pertanda akan sebuah pengorbanan yang saya lakukan untuk Allah, agar saya bisa menjadi pribadi yang sederhana, saya bisa mencapai tingkat kelayakan dengan Allah, sesuai dengan ajaranNya.

3. Bagaimanakah kamu menemukan passion kamu di ballet?

Saya memulai berdansa sejak saya berusia 2 tahun, dan saya mengambil waktu selama 3 tahun untuk berhenti sementara ketika saya berusia 9 atau 10 tahun, dan saya baru saja memulai lagi belum lama ini.

4. Apa yang membuat kamu memutuskan untuk datang ke Indonesia dan apa yang mendorong kamu untuk menginspirasi perempuan di Indonesia?

Saya mendengar tentang Resonation conference ini, dan saya diundang untuk menjadi salah satu pembicaranya. Jadi saya sangat excited untuk bisa memberikan pandangan saya terlebih tentang bagaimana saya bisa membantu memberdayakan perempuan di sini agar saya bisa menginspirasi banyak orang. Hal yang penting di sini adalah bagaimana kamu bisa percaya dengan impian-impian kamu dan bagaimana cara kamu bisa menggapainya. Saya ingin berbagi tentang hal itu.

photo credit: ZettaMedia

5. Apakah pesan yang ingin kamu sampaikan pada dunia dengan menjadi seorang balerina profesional berhijab pertama di dunia?

Pada saat nanti saya sudah menjadi seorang penari balet profesional di tingkat internasional, saya ingin membuka tempat pelatihan balet dan art school saya sendiri, agar semua orang dapat memiliki kesempatan yang sama tanpa memperdulikan agama atau ras apapun yang dimilikinya. Saya ingin bisa memberikan kesempatan kepada setiap orang yang ingin mempertunjukkan kebolehannya dan berekspresi dengan kelebihannya di dunia seni, tanpa harus merasa takut karena keterbatasan agama dan suku atau ras-nya.

Dengan perjalanan saya sejauh ini, saya ingin bisa menginpirasi generasi muda untuk tidak takut dalam menggapai impiannya dan berjuang untuk impiannya, dan tidak mudah menyerah, because the impossible is possible.

6. Apakah yang menjadi kesulitan terbesar dan kendala bagi kamu dalam menjalani kehidupan kamu sebagai balerina berhijab pertama dan bagaimana kamu menghadapinya?

Hal yang tersulit adalah kembali ke dunia balet itu sendiri, dan memiliki kembali fleksibilitas badan kamu dan kekuatan kamu, setelah kamu meninggalkan dunia ini selama 3 tahun, dan mempelajari tehnik-tehnik baru dari awal kembali.

Awal tahun lalu dengan segala bentuk komentar negatif di media online dan hal itu merupakan sesuatu yang berat dan saya mencoba untuk mengabaikannya dengan stay focus on my dream and with my goals.

7. Bagaimanakah jadwal keseharian kamu? Kamu pasti sangat sibuk sekali.

Saya berlatih selama 25 jam dalam seminggu, basically saya berlatih balet setiap hari dan saya homeschooling. Saya hanya mencoba untuk menyeimbangkan semuanya dengan kehidupan saya. Saya juga melakukan yoga dan pilates untuk membantu saya stretching. Saya juga berlatih contemporary dance untuk menyeimbangkan kebisaan saya dalam menari balet.

8. Siapakah yang menjadi tokoh inspirasi terbesarmu?

Yang menjadi tokoh inspirasi rasa adalah penari balet keturunan Chinese bernama Li Cunxin, semata karena ia melewati banyak hal sekali dalam hidupnya, namun ia menjadi seseorang yang sangat persisten sehingga saya sangat mengagumi apa yang ia lakukan karena sangat beresonansi (senada atau sejalan) dengan saya, sehingga saya sangat terinspirasi dengannya.

9. Kalau misalnya kamu berkesempatan untuk menikmati waktu untuk sekedar minum teh dengan 3 perempuan Indonesia, apakah yang akan kamu diskusikan dengan mereka?

Saya mungkin akan bertanya tentang impian-impian mereka dan tujuan hidup mereka dan apa yang saya bisa lakukan untuk membantu mereka. Dan pastinya kita akan berbicara tentang dunia dan bagaimana membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

10. Apakah impianmu?

Aku bisa membuka performing art school milikku sendiri, dan menjadi professional ballet dancer dan melakukan pertunjukkan ke seluruh dunia, menjadi pembicara agar aku bisa memberikan motivasi dan inspirasi ke banyak perempuan dan menulis bukuku sendiri, menjadi seorang artis terkenal. Aku memiliki banyak sekali goals yang akan aku kerjakan.

11. Apakah pesan terakhir kamu untuk RulaWoman?

Never give up on your dreams, always believe that you can achieve them, and always surrounds yourself with positive people so that you can work hard to achieve you dream.

Jangan pernah kamu menyerah dalam menggapai impian kamu, selalulah percaya kalau kamu bisa mewujudkannya, dan selalu kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang berjiwa pisitif agar kamu bisa bekerja keras dalam mewujudkan impianmu.

Luar biasa ya RulaWoman, baru berusia 15 tahun Stephanie sudah bisa menginspirasi dengan determinasinya yang tinggi.

Katakan Why Not pada impianmu, RulaWoman. Lagipula, what's stopping you?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Stephanie Kurlow, Menjadi Balerina Internasional Berhijab Pertama di Dunia? #WhyNot!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


RULA Woman | @rulaid

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar