3.2K
Masa muda memang masa sebebas-bebasnya kamu melakukan banyak hal. Namun jangan sampai kamu melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk ini terus menerus ya Rula Woman


Rula Woman, pernah nggak sih kamu penasaran tentang hal-hal apa saja yang bisa membuat kamu berumur panjang? Pastinya banyak sekali loh cara yang bisa kamu lakukan untuk hidup sehat dan panjang umur. Beberapa di antaranya dengan mulai menghentikan kebiasaan-kebiasaan berikut ini nih, yuk disimak!


1. Melewatkan waktu tidur berkualitas



Harvard Medical School mempublikasikan penelitian yang mengatakan bahwa tidur kurang dari 5 jam/hari atau lebih dari 9 jam/hari dapat menurunkan angka harapan hidup seseorang. Akibat dari kurang tidur ini juga akan berdampak pada segelintir penyakit seperti diabetes, kanker, demensia, penambahan berat badan serta yang paling parahnya menyebabkan kematian lebih awal. Nah RulaWoman, setidaknya dalam 24 jam kamu sudah memiliki waktu tidur 7 jam agar dapat fresh beraktifitas keesokan harinya.


2. Jarang makan sayur dan buah-buahan



Sebuah penelitian menemukan bahwa dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak serat dan vitamin dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 70%. Selain itu juga dapat menurunkan risiko kanker payudara loh RulaWoman. Yuk rajin menambahkan sayur dan buah untuk melengkapi makanan sehari-harimu.


3. Makan berlebihan



Kamu pasti tau banget kalau kebiasaan makan berlebihan akan berdampak pada obesitas. Namun nyatanya bukan cuma obesitas aja loh, namun juga meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung dan beberapa jenis penyakit kanker. Apalagi kalau kamu gemar mengkonsumsi makanan berlemak dan bergula, hal itu akan memperpendek umurmu Rula Woman. Yuk kurangi kebiasaan buruk ini.


4. Terlalu banyak duduk



Kamu pengguna bis Transjakarta atau kereta Commuter Line? Kamu lebih sering berdiri atau malah sebaliknya RulaWoman? Ternyata terlalu lama duduk dengan durasi waktu lebih dari 11 jam/hari dapat meningkatkan risiko kematian sebesar 40%. Bahkan peneliti asal Australia mengungkapkan kalau dengan berolahraga teratur saja tidak dapat menghalau efek negatif dari kebiasaan duduk yang terlalu lama.

Nah bagi kamu yang beraktivitas di sekolah, kampus, atau pun kantor yang membuat kamu duduk terus menerus, jangan lupa untuk menyiasatinya dengan aktivitas lain yang membuat kamu berdiri ya.


5. Terlalu banyak menonton TV



Kamu masih sering menonton TV Rula Woman? Nah peneliti dari Harvard menemukan kalau dengan menonton TV selama 2 jam saja dapat meningkatkan risiko kematian dini, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Wah sepertinya kamu harus memotong jam menonton TV untuk meminimalisir risiko penyakit-penyakit tersebut.


Nah sekarang kamu sudah tahu kan kebiasaan apa saja yang biasanya dianggap sepele namun berdampak besar pada kesehatan kamu ke depannya. Yuk sedikit demi sedikit kurangi kebiasaan buruk tersebut demi mendapatkan umur yang panjang dan hidup yang sehat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Stop Kebiasan-kebiasaan Sepele Ini yang Dapat Memperpendek Umur Kamu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Eunike Tania Barlian | @eunikeketania

* Love kids and tech world * - Owner of @KnK.Case - Student Ambassador Of Cicil.co.id - Communication Student

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar