663
Kamu tahu dengan jelas salah satu persiapan masa depan yang penting adalah dengan menabung, tapi apa daya keadaan seolah tak berpihak pada RulaWoman.
Photo credit: The Economic Times

Jangankan untuk investasi, saldo tabungan saja masih minus, alias masih berhutang sana-sini untuk sekedar menutup biaya hidup. Padahal jika ditelaah, tak ada yang salah dengan gaya hidup, bahkan kamu sudah berhemat mati-matian. Kamu tahu dengan jelas salah satu persiapan masa depan yang penting adalah dengan menabung, tapi apa daya keadaan seolah tak berpihak pada RulaWoman.

Jika itu yang kamu alami, jangan menyerah dulu, berikut 5 penyebab yang perlu RulaWoman ketahui.

1. Sudah menyerah di awal, karena merasa gaji pas-pasan

Ibarat maju perang, kamu sudah menyatakan kalah sebelum bertanding.

Kamu sudah menyatakan pada diri kamu sendiri kalau kamu tak sanggup menabung, karena kamu merasa gaji kamu “pas”. Dan bisa ditebak, hasilnya memang kamu gagal menabung dan gaji kamu selalu habis tak bersisa.

Di mana ada kemauan, di situ ada jalan.

Kalimat itu tentu sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Kemauan yang kamu miliki kurang “kuat”, sehingga kamu jadi malas untuk menabung. Padahal jika kamu bersedia menyisihkan gajimu 100 ribu atau 200 ribu per bulan saja, maka dalam setahun jumlahnya akan terasa. Sedikit demi sedikit, lama-lama akan jadi bukit, bukan?

2. Semua mengalir saja, tidak membuat perencanaan

Tidak merencanakan sama saja merencanakan untuk gagal. –Anonim

Alasan lain mengapa kamu sulit punya tabungan adalah kamu tidak membuat rencana pengeluaran. Padahal dengan adanya rencana pengeluaran setiap bulan, kamu akan tahu dengan jelas penggunaan uang kamu, serta membantu kamu menentukan seberapa besar yang bisa kamu sisihkan untuk tabungan. Tanpa perencanaan yang jelas maka gaji kamu akan menguap tak bersisa.

3. Kamu berhemat dengan belanja barang “diskon”

Photo credit: Shutterstock

Radarmu selalu berhasil menemukan kata “diskon” yang terpampang, dan celakanya kamu pasti tergoda setelahnya. Tak hanya sampai di situ, kamu pun rela menggesek kartu kredit agar kamu bisa mendapatkan harga lebih “murah”. Keinginan itu tak pernah ada habisnya. Mampu membedakan keinginan dan kebutuhan menunjukkan seberapa dewasanya RulaWoman. Meski harganya lebih murah, kalau kamu tidak membutuhkannya, untuk apa membelinya RulaWoman?

4. Hanya punya satu rekening, itupun dilengkapi dengan kartu ATM

Menyimpan uang dalam satu rekening akan mempersulit kamu mengontrol pengeluaran, karena anggaran keperluan harian tercampur dengan tabungan. Cepat atau lambat, tabungan pun akan “terpakai” untuk kebutuhan sehari-hari. Padahal tabungan itu bukan “dana darurat”. Selain itu, RulaWoman pun kesulitan memeriksa berapa jumlah tabungan yang telah berhasil kamu kumpulkan.

5. Tidak ada niat jelas untuk menabung

Photo credit: Youth Village Zimbabwe

Semua berawal dari niat. Kalau kamu tidak menemukan alasan mengapa kamu harus menabung, maka sampai kapanpun kamu tidak akan pernah berhasil menyisihkan pendapatan kamu dalam bentuk tabungan. Selagi masih muda dan produktif, tak ada salahnya menumpuk pundi-pundi semaksimal mungkin. Jika kamu masih malas, coba temukan motivasi yang membuat RulaWoman bersemangat. Membeli rumah, mobil, jalan-jalan ke negeri orang, atau apapun yang membuat kamu bersedia menyisihkan pendapatanmu di awal dalam bentuk tabungan.


Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sudah Berhemat tapi Saldo Tabungan Masih Minus? Berikut 5 Penyebab yang Perlu Kamu Ketahui". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar