1.6K
Kelelahan dan kantuk bukan hal yang harus diabaikan, loh!

Bangun tidur rasanya ingin tidur lagi? Sepanjang hari uring-uringan dan rasanya ingin kembali ke dalam kehangatan selimut dan kasurmu yang empuk? Jangan dulu salahkan rutinitasmu yang sibuk! Belum tentu karena itu kamu jadi terus-terusan mengantuk dan lelah. Menurut penilitian, perempuan lebih rentan lelah daripada laki-laki, loh! Coba ubah dulu gaya hidupmu, tidur yang cukup dan pola makan yang baik diimbangi dengan olahraga seharusnya bisa membuatmu segar bugar setiap hari. Apabila 2 sampai 3 minggu kamu masih merasakan kelelahan yang sama, mungkin itu pertanda penyakit! Jadi, apa saja sih yang membuatmu terus mengantuk?

1. Kurang Tidur

photo credit: The Odyssey Online

Ini sih sudah pasti. Kalau kamu kurang tidur tentu saja besok-besoknya kamu akan merasa ngantuk dan tidak bersemangat. Paling tidak kamu harus mendapatkan rata-rata 7-8 jam sehari. Tapi banyak yang mengatakan mereka hanya butuh 5 jam dan ada juga yang butuh 10. Jadi sesuaikan dengan kebutuhanmu. Kurang tidur bisa berpengaruh pada pola makanmu dan menambah berat badan, loh! Mungkin juga kamu sudah tidur dengan cukup tapi kualitas tidurmu tidak baik dan juga tidak teratur.

2. Makan Terlalu Sedikit

photo credit: Thrillist

Makan terlalu sedikit atau salah pola makan bisa jadi penyebab kelelahan. Terutama ketika sarapan, makanlah makanan-makanan sehat yang penuh protein dan karbohidrat kompleks. Jangan makan makanan yang tinggi gula di pagi hari, karena akan menyebabkan gula darahmu memuncak kemudian turun dengan tajam dan menyebabkanmu terus mengantuk.

3. Kurang Minum

photo credit: Livpure

Kurang minum akan membuatmu kelelahan. Air membantu kita untuk menjaga sistem di dalam tubuh agar berfungsi dengan baik juga membuang racun-racun. Cukup minum akan meningkatkan energi.

4. Ketidakcocokan Pada Makanan

photo credit: Strength Sensei

Makanan-makanan yang tidak cocok denganmu terkadang akan membuatmu merasa terus lelah dan mengantuk setelah memakannya. Cari tahu makanan yang membuatmu demikian dan hindari memakannya lagi.

5. Stress

photo credit: Les Femme

Setelah penat bekerja tanpa henti tubuh menjadi lemas dan rasanya mengantuk terus? Mungkin kamu stress. Banyak kemungkinan kenapa stress menyebabkanmu terus lelah. Mungkin kamu banyak pikiran sehingga tidurmu di malam hari kurang berkualitas, atau mungkin memang karena beban mental yang kamu bawa membuatmu lelah dan ingin tidur saja. Intinya, istirahatkan tubuh dan pikiranmu, RulaWoman!

6. Kelebihan Kafein

photo credit: LabFinder

Loh, bukannya kafein membuatmu jadi melek, ya? Memang begitu, tapi dalam jangka panjang pola tidurmu akan terganggu sehingga kamu akan kekurangan energi dan terus mengantuk. Hindari banyak kafein agar kamu bisa mendapat tidur malam hari yang cukup dan berkualitas.

7. Sindrom Kelelahan Kronis

photo credit: NetDoctor

Kalau kamu kelelahan terus menerus hingga 6 bulan atau lebih, ada kemungkinan kamu mengalami penyakit ini. Gejala-gejala yang ditunjukkan bisa berupa sakit kepala, badan pegal linu, tidak bisa konsentrasi, dan lain-lain. Hal ini juga bisa menyebabkan kamu rentan terhadap penyakit. Perempuan 4 kali lebih rentan terkena penyakit ini dibandingkan laki-laki, loh!

8. Depresi

photo credit: Bussiness Insider

Depresi tidak hanya menunjukkan gejala-gejala yang mempengaruhi mental, namun juga tubuhmu. Gejala tiap orang memang berbeda, tapi yang paling umum gejalanya adalah kelelahan, sakit kepala, pola makan dan tidur yang tidak menentu, dan sebagainya. Kalau kamu merasa terus menerus lelah dan mengantuk, mungkin kamu sedang depresi dan sebaiknya periksakan ke dokter.

9. Anemia

photo credit: Emaze

Anemia terjadi ketika kamu kekurangan sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-parumu ke seluruh tubuh. Apalagi buat kita perempuan yang masih menstruasi, anemia sangat mungkin terjadi. Penyebab paling umum anemia adalah kurangnya zat besi. Banyaklah makan makanan yang mengandung zat besi seperti daging-dagingan, kerang, atau suplemen penambah zat besi.

10. Diabetes

photo credit: Science Daily

Kalau kamu punya diabetes, gula yang masuk ke dalam tubuhmu malah akan masuk ke saluran darah, bukannya diubah menjadi energi. Ini mengapa kamu akan selalu merasa kelelahan walaupun sudah tidur dan makan yang cukup. Orang-orang yang tidak diabetes namun makan-makanan mengandung gula dengan tidak seimbang juga bisa menjadi kelelahan terus menerus.

11. Masalah Pada Kelenjar Tiroid

photo credit: Health Magazine

Kelenjar tiroid terletak di bawah lehermu. Kelenjar ini mengatur metabolisme tubuh yang mempercepat pengubahan makanan menjadi energi. Ketika kelenjar ini terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka metabolisme tubuhmu juga akan melambat atau terlalu cepat sehingga kamu sering lelah dan mengantuk bahkan bisa naik berat badan! Fenomena ini terjadi lebih umum di kalangan perempuan dibanding laki-laki, apalagi di umur 20-30 tahun.

12. Sleep Apnea

photo credit: Somnomed

Pernahkah keluarga atau teman sekamarmu komplain soal kamu tidur mendengkur? Ada kemungkinan kamu punya sleep apnea! Sleep apnea merupakan penyakit yang mengganggu tidurmu, sehingga berapa lama pun kamu tidur hasilnya akan tetap sama, mengantuk. Sleep apnea menyebabkan napasmu terhenti sebentar ketika tidur malam hari. Nah, ini akan mengganggu kualitas tidurmu tanpa kamu sadari. Penyakit ini lebih umum diderita oleh laki-laki, terutama yang merokok, obesitas, dan meminum alkohol.

13. Penyakit Jantung

photo credit: Health Magazine

Kalau kamu merasa sering kelelahan dan tidak bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan berat, mungkin kamu memiliki penyakit jantung. Tidur yang cukup maupun olahraga tidak bisa memperbaiki ini, bahkan olahraga bisa membuatnya tambah parah. Konsultasikan ke dokter karena kemungkinan kelelahan kamu adalah gejala awal dari penyakit jantung.

BACA JUGA


Ingin Tidur Cantik Seperti Sleeping Beauty? Lakukan 9 Kebiasaan Ini Sebelum Kamu Tidur di Malam Hari!

Ingin Tidur Cantik Seperti Sleeping Beauty? Lakukan 9 Kebiasaan Ini Sebelum Kamu Tidur di Malam Hari!

Biasakan melakukan hal-hal ini sebelum tidur untuk wajah cantik di pagi hari

Read more..

Biasanya yang paling umum menjadi penyebab kelelahan kamu ada di poin 1 sampai 6, yaitu gaya hidupmu. Dengan menjaga pola tidur, diet sehat, dan berolahraga seharusnya kamu bisa menghilangkan kelelahan dan kantukmu ini. Tapi, kalau kamu sudah merasa gaya hidupmu sehat tapi tetap merasakan hal ini, mungkin juga kamu terkena penyakit-penyakit tertentu. Apabila kamu khawatir akan itu segera cek ke dokter!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sudah Tidur Cukup tapi Masih Ngantuk Terus? Inilah 13 Kemungkinan Mengapa Kamu Merasa Kelelahan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Khansa Nadhifa | @khansanadhifa

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar