2.2K
"Ah feed saya jelek banget nih, followers kurang sedikit lagi..."

Sebagai pengguna Instagram sejak 2013, saya menyaksikan sendiri bagaimana Instagram berevolusi secara fantastis, dari sekadar akun pribadi untuk mengunggah foto kehidupan sehari-hari, sebagai portofolio fotografer untuk foto profesionalnya, sebagai media berita, sarana networking, untuk berjualan, hingga model atau artis juga bisa dilahirkan dari Instagram.

Dan sebagai pengguna Instagram yang 'normal', bukan artis, model, dan jenis panutan lainnya, saya pribadi termasuk orang-orang yang suka ngepoin para tokoh Instagram tersebut, atau lebih dikenal sebagai selebgram. Saya perhatikan ini tidak hanya terjadi pada saya, namun juga teman-teman di lingkungan saya. Menghabiskan waktu di Internet, termasuk ngepoin orang-orang di Instagram, memang sepertinya sudah menjadi hal lumrah pada zaman sekarang. Hayo ngaku, RulaWoman pasti juga suka ngepoin selebgram, kan?

Dan tanpa saya sadari, dari hasil ngepoin tersebut saya pernah berada di titik insecure dengan diri sendiri, karena melihat dan menganggap apa yang dilakukan para selebgram di dalam feed-nya sebagia sebuah 'life goals'.

Jika RulaWoman merasakan tekanan sosial dari Instagram juga, simak dan perhatikan beberapa contohnya di bawah ini, siapa tahu kamu tidak menyadarinya!

Membandingkan diri dengan orang lain

Photo credit; designduzzle.com

Pernah nggak kamu iseng-iseng buka explore lalu lihat ada orang lagi travelling ke Eropa, atau buka akun selebgram favorit kamu lagi update selfie cantik banget, lalu kamu langsung ngerasa minder? Dan buruknya lagi, kamu mulai berpikir mengapa kamu nggak seperti dia, mengapa pacar kamu nggak seromantis pacar dia, dan mengapa kamu nggak sesukses dia, serta pikiran-pikiran lainnya.

Jika kamu mulai berpikir demikian, hal tersebut cuma buang energi saja loh, RulaWoman. Yang ada kamu malah stress sendiri dan nggak bahagia. Sesungguhnya apa yang kamu lihat di feed para selebgram tersebut tidak seluruhnya sempurna atau 'goals'. Para selebgram tersebut sama manusiawinya seperti kita, tetapi tentu dia tidak bisa mengupload konten yang buruk atau kekurangannya di feed dia. Segala kelebihan yang mereka miliki pasti dengan effort mereka yang besar. Jadi sebaiknya dijadikan motivasi saja, RulaWoman.

Ketika kamu mendedikasikan hidup kamu untuk feed kamu, bukan kehidupan sesungguhnya

Photo credit: Daily Mail UK

Efek ini akan muncul ketika kamu merasa insecure jika feed kamu tidak bagus atau tidak rapi dengan keseluruhan feed di Instagram kamu. Sebenarnya mengatur feed itu tidak apa-apa, but make sure you live in the moment too, ok?

Dan jangan sampai kamu terlalu sibuk 'mendesain' kehidupan kamu di medsos hingga kamu tidak fokus dengan sekitarmu atau momen yang kamu sedang jalani. Apalagi kalau kamu sampai maksa banget untuk dapat feed yang bagus, misalnya feed kamu lagi serba hijau-hijau dan untuk menyesuaikannya, kamu rela pergi ke hutan.

Kamu tidak pede kalau followers atau likes di foto kamu sedikit

Ketika kamu mulai memikirkan bahwa banyak followers atau likes itu penting, aduh, buang jauh-jauh mindset itu deh, RulaWoman. Apalagi kalau sampai rela beli jasa followers dan likes. Belum lagi kalau kamu jadi tidak leluasa untuk upload foto dan lebih memilih untuk mengupload foto yang sudah menjadi standar 'zaman sekarang' yang menurut kamu kemungkinan besar banyak di-like. Hmm, this is so wrong, RulaWoman. Ingat, Instagram ini tentang kamu dan buat kamu, bukan orang lain.

Bahkan berdasarkan pengalaman pribadi, pemikiran seperti itu cuma datang dari pikiran kita saja loh. Saya pernah bertanya ke teman saya tentang followers atau foto yang baru saya post, bahkan dia juga nggak memperhatikan seberapa banyak followers yang saya miliki. Jadi, nggak usah minder, RulaWoman, kecuali kalau kamu memang benar-benar ingin bersaing di dunia selebgram.

BACA JUGA


RulaWoman, 7 Hal Yang Laki-laki Lihat Dari Instagram Kamu, Apakah Kamu Masuk Dalam Kandidat Pacar Atau Tidak Ditentukan Di sini Loh

RulaWoman, 7 Hal Yang Laki-laki Lihat Dari Instagram Kamu, Apakah Kamu Masuk Dalam Kandidat Pacar Atau Tidak Ditentukan Di sini Loh

Hati-hati ya RulaWoman, ternyata laki-laki juga akan melihat bagaimana kamu masuk atau tidak untuk menjadi kandidat pacarnya, melalui cara ...

Read more..

Itu dia 3 efek buruk dan tekanan sosial dari dunia Instagram, RulaWoman. Segera buang jauh-jauh pemikiran itu ya, jangan lupa bahagia!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Suka Main Instagram? Inilah 3 Efek Buruk Ngepoin Selebgram yang Tidak Kamu Sadari". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Catharine Silitonga | @kathchelsea

Political science undergraduate. I also sell stuff here @graziebox @thebadgyalstore

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar