1.9K

Hidup di kota urban, memang menuntun perempuan untuk mandiri dan pandai mengatur waktu yah dan tentu pengeluaran. Tak banyak dari kita yang memiliki mobilitas tinggi untuk kesana-kemari, dan kadang suka serba salah memilih kendaraan untuk bepergian, mau pakai mobil macetnya ampun banget, mau pakai layanan mobil online tiap hari tarifnya bisa bikin budget meledak, mau naik transportasi umum penuh sesak, kadang suka gak pasti dan kadang fasilitasnya kurang memadai, banyak dari kita yang memilih menggunakan motor sebagai alat transportasi karena dinilai lebih efektif dari segi budget maupun waktu. Ya, saya pun pengguna setia sepeda motor dari jaman kuliah sampai saat ini.

Sudah hampir 8 tahun saya selalu mengendarai motor untuk aktifitas sehari-hari, naik motor enak bisa nyelap-nyelip kalau macet atau lewat jalan tikus, serius! hehehehe. Selama saya berkendara motor, suka banget geregetan liat mbak-mbak yang suka sembarangan pakai atribut berkendara, nanti baru tau rasa deh kalau udah kecelakaan! Duh, jangan sampe deh!! Nah, saya punya sedikit tips nih untuk kamu semua yang suka naik motor, entah mengendarai sendiri, dibonceng atau naik ojek online. Hindari 7 Fashion items di bawah ini yah, biar kamu makin aman dan nyaman dalam berkendara.

1. Sendal

Emang sih, sendal itu bisa bikin look kamu simple dan enak di pakai, tapi yah usahakan kamu jangan pakai sendal yang terbuka seperti ini saat bermotor, kenapa? karena sendal bikin kaki kamu terlalu terbuka, takutnya jika kamu mengalami kecelakaan, kaki kamu akan terluka. Jangankan kecelakaan, kalau pas tiba-tiba kamu harus nyenggol mobil sebelah, pasti bisa kegores lhoo .. lagian juga kalau terlalu terbuka gini, kaki kamu akan panas terkena sinar matahari. Lebih baik kamu gunakan sepatu tertutup saat di motor dan sendal kamu bawa di tas atau bagasi motor. Gak mau kan kaki mulus kamu jadi gosong kena sinar matahari atau luka kalau terjadi kecelakaan? Jangan yah!

2.Wedges / Heels

Memang sih, banyak heels atau wedges yang memiliki desain tertutup, tapi hak yang tinggi bisa bikin kamu gak stabil dalam berkendara lho, jadi sebaiknya jika kamu harus menggunakan heels di kantor, baiknya kamu taro tas atau kamu tinggal aja heels kamu di loker kantor, jadi kamu bisa menggunakan flat shoes atau sneakers andalan saat berkendara. Lagian, sayang juga sih kalau berkendara pakai heels atau wedges, bisa bikin cepet rusak.

3.Tas Kempit

Tas kempit atau bahasa kerennya shoulder bag emang favorite nya perempuan nih, saya pun juga suka. Tapi, karena sering menggunakan motor, entah itu saya ngojek atau bawa sendiri, saya menghindari sekali membeli atau menggunakan tas kempit yang tidak memiliki tali panjang. Saya selalu membeli tas yang ada tali panjangnya, supaya saya bisa menyelempangi tas ini saat saya berkendara. Buat kamu yang boncenger, penting juga untuk tidak mengempit tas di ketiak, atau membiarkannya tergeletak begitu saja di depan kamu (tergeletak diantara kamu dan driver motor), karena saya pernah punya teman yang kebetulan menggunakan tas kempit ini di motor, hanya dia sangkutkan begitu saja di lengan, dan tas ada diantara dia dan pengemudi ojek, akhirnya ada orang iseng yang langsung menarik tasnya dan akhirnya teman saya beserta abang ojeknya jatuh dan terseret beberapa meter, untungnya saat itu teman saya sedang menggunakan jaket, pakaian tertutup dan helm, jadi tubuh hanya memar sedikit, begitu juga abang ojeknya. So, harap hati-hati saat kamu sedang di motor ya teman-teman.

4.Rok Span

Pakai rok emang bisa bikin kamu tampil makin girly, tapi yah menggunakan rok span yang ketat seperti ini bisa bikin ruang gerak kamu jadi terbatas saat bermotor. Baiknya sih, menggunakan celana yang standart dan tidak terlalu ketat supaya ruang gerak kamu bebas dan tidak bikin sesak

5.Rok Umbrella

Jujur, saya paling suka pakai umbrella skirt seperti ini, karena sangat nyaman dan sangat ringan, tapi saya paling menghindari menggunakan rok seperti ini saat bermotor. Kenapa? karena rok ini bisa terbang jika tertiup angin, hal ini bisa membuat bahan dari rok ini tersangkut di rantai atau velg motor, bayangin aja kalau sampai rok tersangkut di velg saat berkendara? OMG! Kamu bisa jungkir balik, oh no!

Saya pernah, pakai rok lebar seperti ini saat berkendara karena ketidakpahaman saya mengenai safety riding, dan alhamdulillahnya saya tidak mengalami kecelakaan, hanya saja rok bagian bawah menjadi bolong, entah terkena panasnya knalpot atau terinjak saat kaki saya harus menyentuh aspal. Sepertinya sih kena knalpot, karena hasil bolongnya seperti bahan yang terbakar, bolong dengan pinggiran agak keras! Sejak saat itu, saya selalu menggunakan celana kalau berkendara, jadi ya roknya saya simpen di tas aja dulu, sampai di lokasi acara baru saya pakai. Selain jadi lebih selamat, rok saya gak akan ada yang bolong lagi deh ????

6.Celana Terlalu Ketat

Celana yang punya ukuran press to body emang banyak jadi kesukaan perempuan, selain bikin penampilan jadi sexy, simple juga untuk digunakan sehari-hari. Tapi, harus kita ketahui bersama, kalau skinny pants ini jangan terlalu sering kamu gunakan saat bermotor, apalagi kalau cuaca sangat panas, karena selain bisa bikin paha kamu gerah, menggunakan celana terlalu ketat dibawah sinar matahari pun bisa memicu munculnya penyakit kulit lainnya, seperti gatal-gatal atau iritasi. Please, untuk menggunakan celana yang tidak terlalu ketat ya saat berkendara. Kamu bisa pilih jogger pants atau jeans yang tidak ketat.

7.Perhiasan Mencolok

Kayaknya tidak menggunakan perhiasan mencolok itu berlaku mutlak ketika kita sedang berada di tempat umum yah, apalagi saat menggunakan motor atau kendaraan umum. Jaman sekarang, gak ada tempat yang aman 100%, dan penjahat jaman sekarang nyawa nya udah ada banyak, jadi dari pada kamu kenapa-kenapa, mendingan pilih berpenampilan sederhana saat di motor yah, boleh masukin perhiasan di dalam tas untuk kemudian kamu gunakan saat sudah sampai di lokasi acara.

Memang yah, agak ribet dan penuh aturan, tapi ya memang ini yang harus kita lakukan demi keselamatan diri kita. Selalu selamat saat berkendara adalah dambaan kita semua, jadi harap berhati-hati yah..


Semua sumber foto : Pinterest


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Suka Naik Ojek AtauNyetir Motor Sendiri? Stop Pakai 7 Fashion Items Ini Saat Kamu Bermotor!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yora Anastasha | @yoraanastasha20

A Beginner Blogger www.yoraanastasha.net

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar