2.2K
Success is an achievement. While, struggling is a must

RulaWoman, apa sih yang ada dalam bayanganmu kalau mendengar tentang Hollywood? Kamu pasti akan mengkaitkannya dengan film. Ya hollywood memang selalu identik dengan industri pembuatan film. Banyak film-film epic yang dihasilkan dari Hollywood. Beberapa industri film terkenal pun ada di Hollywood.seperti Century Fox,Warner Bross, Universal Studios.

Kesuksesannya dalam pembuatan film memang tidak perlu diragukan lagi. Mayoritas semua film yang diproduksi Hollywood sering menduduki jajaran box office dunia. Namun siapa sangka, dibalik layar film Hollywood tersebut, ternyata ada tangan-tangan dingin putra putri Indonesia yang ikut andil di dalamnya. Siapa saja ya mereka? Yuk simak infonya!

1. Ronny Gani

Kamu pernah menonton film Pacific Rim dan Transformer : Age of Extinction? Atau film Avengers : Age of Ultron dan Ant-Man dari Marvel? Kalau iya, ternyata, salah satu animatornya adalah orang Indonesia lho RulaWoman. Dia bernama Ronny Gani, mahasiswa lulusan S1 jurusan Arsitektur Universitas Indonesia. Dalam perjalanannya sebagai animator, Ronny mengatakan bahwa dia belajar secara otodidak tentang animasi menggunakan aplikasi yang biasanya dia gunakan untuk mengerjakan tugas kuliahnya dulu.

2. Rini Sugiarto

Animator dari Indonesia yang satu memang cukup terkenal. Tangan dinginnya dalam pembuatan film hollywod memang tak perlu diragukan lagi. Rini adalah lulusan S2 dari Academy Arts di San Francisco. Tintin merupakan film pertamanya di Hollywood. Dalam film yang diangkat dari komik tersebut, ia mendapati paling banyak adegan, yaitu 70 slot. Andilnya yang secara langsung dalam pembuatan film seperti The Adventures of Tintin, membuat dia kembali dipercaya untuk menggarap beberapa film lainnya seperti sekuel Avengers, The Hobbit, TMNT dan Ted 2. Semua film yang dia garap laris manis di perfilman dunia.

3. Andre Surya

Nah orang Indonesia yang satu ini juga ikut berperan penting dalam industri perfilman Hollywood. Dia bernama Andre Surya, lulusan diploma bidang Film dan Special Effects di Kanada. Andre merupakan warga Indonesia pertama yang menjadi bagian dari tim digital artist perusahaan efek visual komputer tiga dimensi Industrial Light and Magic (ILM) LucasFilm yang bercabang di Singapura.

Andre merupakan salah satu orang di balik kecanggihan efek visual film-film Hollywood lho seperti Star Trek, Terminator Salvation, Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull, Iron Man dan Iron Man 2, serta Transformers: Revenge of the Fallen. Banyak juga ya RulaWoman? Andre juga mengaku kalau kecintaannya pada efek visual bermula dari hobinya yang terlihat sepele yaitu main game.

4. Griselda Sastrawinata

Tangan dingin berikutnya dilakukan oleh seorang perempuan cantik Indonesia bernama Griselda Sastrawinata. Lulusan Art Center College of Design ini diterima oleh pembuat film animasi terkenal, Dreamworks. animator perempuan asal Indonesia ini bekerja di Dreamworks sebagai Visual Development Artist. Berkat hobinya menggambar, Griselda mampu menjadi animator yang sukses. Griselda sendiri pernah ikut andil dalam pembuatan film Shrek, Kungfu Panda, Monster Aliens Inc dan juga terlibat dalam pembuatan animasi How to Train Your Dragons 2.

5. Christiawan Lie

Lulusan Institut Teknologi Bandung ini terpilih menjadi salah satu animator dalam pembuatan beberapa film Hollywood. Tangan dinginnya mampu mencetak film-film yang berkualitas sebut saja Transformers 3, GI Joe, Spiderman 4, Star Wars dan Lord of The Rings. Christiawan Lie telah menjadi animator di Amerika Serikat sejak 2005. Sebelumnya, dia merupakan Ilustrator komik yang berhasil membuahkan komik-komik terkenal seperti GI Joe dan Transformer.

6. Marsha Chikita Fawzi

Kamu suka serial kartun kembar Upin dan Ipin? Kalau iya, kamu harus tahu nih kalau animatornya adalah orang Indonesia. Marsha Chikita Fawzi yang juga merupakan anak dari seniman Ikang Fawzi dan Marissa Haque. Perempuan cantik ini, memang diketahui menyukai dunia animasi dan pernah menjadi anak magang di perusahaan Las’ Copaque Production yang memproduksi kartun upin dan ipin. Karena kinerja dan bakat yang luar biasa, sejak awal 2010 Marsha diangkat sebagai pegawai disana.

Meski berhasil akan pencapaiannya ini, Marsha tidak pernah lupa pada negerinya sendiri. Kini ia kembali ke Indonesia dan berniat untuk mendirikan perusahaan animasi khas Indonesia.

7. Wira Winata

Hobi menggambar sepertinya tidak jauh dari mereka yang berprofesi sebagai animator, seperti laki-laki asal Indonesia ini Wira Winata, mahasiwa lulusan desain produk di Art Center College of Design di Amerika Serikat. Beberapa industri animasi terkenal seperti Buena Vista, Disney TV, dan Microsoft telah menjadi langganannya untuk menggambar karakter animasi.

Bukan hanya itu, ternyata Wira juga pernah terlibat dalam pembuatan film peanuts, film tentang Snoopy. Dalam proyek ini, Wira menjadi satu di antara sekitar 100 animator di film yang diadopsi dari comic strip karya Charles Schulz tersebut. Pekerjaan animator ini diperoleh Wira dari Nick Bruno, mantan gurunya di sekolah online, Animation Mentor. Kebetulan Bruno merupakan Supervising Animator di Blue Sky Studios untuk Peanuts. Berkat keahliannya ini Wira juga sempat ditawarkan membuat animasi untuk film Ice Age 5. Tapi sayang, Wira menolak karena ingin fokus dengan keluarganya, khususnya bayinya yang pada saat itu baru berusia 6 bulan.

Nah, bagaimana RulaWoman? Sungguh membanggakan ya prestasi putra putri Indonesia ini di balik layar Hollywood. Kamu tertarik juga untuk mengikuti jejak mereka?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tahukah Kamu? 7 Putra Putri Indonesia Ini Berkibar Di Belakang Layar Panggung Hollywood!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Arvika I Resvita ES | @arvikaresvita

Part time to music and writing. Singing cover. An amateur author of fiction stories IG: arvi.resvita

Bagaimana menurutmu?