411
Berbicara soal cinta memang tidak ada ujungnya. Cinta selalu bisa memberikan nuansa dan cerita baru bagi siapapun yang merasakannya. Dengan jatuh cinta semua orang akan selalu merasakan hatinya berbunga-bunga.

Jatuh cinta itu menyenangkan bukan? Siapapun yang merasakan jatuh cinta, pasti selalu merasa diselimuti kebahagiaan yang tak terkira. Berbicara soal cinta memang tidak ada ujungnya. Cinta selalu bisa memberikan nuansa dan cerita baru bagi siapapun yang merasakannya. Dengan jatuh cinta semua orang akan selalu merasakan hatinya berbunga-bunga.

Tapi tahukah kamu RulaWoman, kalau ternyata perasaan jatuh cinta itu nggak cuma bikin hatimu bahagia lho. jatuh cinta juga mampu memberikan dampak positif ke tubuh kamu yang sedang merasakannya. Kira-kira apa saja ya manfaatnya? Yuk disimak

1. Dapat mengurangi stres dan depresi

Buat kamu yang sedang jatuh cinta, perasaan bahagia yang kamu rasakan itu ternyata mampu mengurangi stres dan depresi. Perasaan jatuh cinta mampu memberikan sinyal untuk dapat memberikan hormon kebahagiaan dan keceriaan dalam tubuh. Selain itu, kalau kamu memandang foto pasanganmu atau mengingat kejadian-kejadian yang membahagiakan dengan si dia, kamu bisa meningkatkan kadar hormon dopamin dalam otak. Hormon dopamin adalah hormon yang berkaitan dengan rasa optimis. Sehingga mampu mengurangi kadar stres yang sedang dirasakan.

2. Meningkatkan sistem imun

photo credit: job-like.com

Hasil penelitian dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa perasaan cinta yang sedang dirasakan seseorang bisa membangunkan emosi positif yang mampu memberikan dorongan terhadap sistem kekebalan tubuh sehingga jarang menderita sakit. Hal ini juga disebabkan karena efek sosial yang ditimbulkan dari seseorang yang sedang jatuh cinta akan membuatnya menjadi rajin untuk merawat dirinya dan menjaga kebersihan tubuhnya.

3. Menyehatkan Jantung

photo credit: bangka.tribunnews.com

Banyak penelitian membuktikan, dibandingkan mereka yang lajang mereka yang sudah menikah disinyalir berisiko lebih sedikit mengalami serangan jantung meski berusia lanjut. Mereka juga secara signifikan tidak merokok serta minim melakukan kebiasaan tidak sehat karena dorongan yang selalu ingin terlihat sempurna dimata pasangan dibandingkan dengan individu lajang.

4. Menurunkan tekanan darah

photo credit: dokter.id

Biasanya salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan mengkonsumsi makanan dan sayur. Tapi tahukah kamu RulaWoman, jika perasaan jatuh cinta yang tumbuh pada diri kamu ternyata juga mampu menurunkan berat badan lho.

Hal tersebut dikemukakan oleh seorang peneliti ilmiah dari Annalys of Behavioral Medicine. Rasa nyaman yang muncul akan mampu mengontrol tekanan darah. Salah satu caranya adalah pelukan yang lama dengan pasangan dibarengi dengan pembicaraan mesra selama 10 menit. Perlakuan seperti ini bisa membuat produksi hormon oksitosi atau hormon yang membuat perasaan nyaman dan santai meningkat.

5. Mengurangi berat badan

photo credit: manado.tribunnews.com

Kamu sedang mengalami masalah berat badan RulaWoman? Nah jatuh cinta bisa membantumu untuk mengurangi masalah tersebut. Mungkin kamu akan berpkir kenapa harus jatuh cinta dulu untuk mengurangi berat badan?

Saat jatuh cinta, tubuh akan memproduksi norepinephrine secara terus-menerus. Senyawa yang dapat mengontrol nafsu makan yang berlebihan sehingga nafsu makan berkurang dan berat badanmu menjadi berkurang.

6. Mencegah penuaan dini

photo credit: Apkpure.com

RulaWoman, saat kamu sedang jatuh cinta kamu pasti akan selalu tersenyum dan tertawa. Nah dua hal itu mampu memberikan dampak positif yaitu membantumu mengurangi kerutan diwajah yang dapat menyebabkan penuaan dini. Saat sedang jatuh cinta, tubuhmu menghasilkan oxytocin. Zat ini dibutuhkan untuk melepaskan DHEA, hormon yang bertugas sebagai anti-penuaan dan meningkatkan peremajaan kulit serta sel-sel tubuh.

7. Jatuh cinta dapat menghindari rasa cemas

photo credit: nomadity.be

Hasil sebuah penelitian di State University of New York dengan menggunakan alat MRI fungsional untuk dapat melihat otak seseorang yang sedang jatuh cinta, ternyata membuktikan bahwa saat seseorang sedang merasakan jatuh cinta, otaknya bisa berfungsi untuk mengatur tubuhnya agar merasakan ketenangan. Perasaan jatuh cinta memberikan efek positif untuk menenangkan rasa cemas yang terkadang berlebihan.

Nah RulaWoman, apakah kamu sedang jatuh cinta? Jika iya selamat merasakan manfaat-manfaatnya ya


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tahukah Kamu? Ternyata Jatuh Cinta Bisa Menimbulkan Dampak Positif untuk Kesehatan Tubuh, Lho! Apa Saja Ya Kira-Kira?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Arvika I Resvita ES | @arvikaresvita

Part time to music and writing. Singing cover. An amateur author of fiction stories IG: arvi.resvita

Bagaimana menurutmu?