198
O-oh, hati-hati sama kebiasaanmu saat berbelanja, RulaWoman! Apalagi sekarang udah mau akhir tahun.

Di zaman sekarang ini, berbelanja sudah seperti gaya hidup. Dulu, seseorang pergi berbelanja untuk memenuhi kebutuhan primernya seperti sandang, pangan, dan papan. Tapi sekarang, mungkin hampir setiap bulan, ada saja uang yang dikeluarkan untuk membeli barang yang kurang dibutuhkan. Apalagi kini berbelanja jadi lebih mudah dengan adanya kemajuan teknologi dan kemunculan berbagai online shop di setiap media sosial yang ada. Apakah kamu salah satunya yang senang berbelanja, RulaWoman? Berhati-hatilah dengan 5 kebiasaan saat berbelanja ini ya, supaya kondisi keuanganmu tetap baik-baik saja setiap bulannya!

1. Ingin punya warna yang berbeda dari satu jenis barang

photo source: upwatch.com

Kebiasaan ini sering terjadi, apalagi kalau kamu sedang menemani temanmu yang ingin membeli lipstik. Berawal dari mencoba tester-tester lipstik yang ada selagi menunggu temanmu selesai berbelanja, kamu akan tergoda untuk membeli lipstik warna lain dari merk yang sudah kamu miliki sebelumnya. Akhirnya, di rumahmu pasti ada banyak lipstik dengan berbagai jenis warna deh. Sebenarnya gak salah sih, karena sama halnya seperti baju, menggunakan warna lipstik yang berbeda setiap harinya akan membuat penampilanmu tidak ngebosenin. Tapi, akan lebih baik kalau kamu menahan diri untuk membeli barang sejenis tapi berbeda warna tersebut. Coba alokasikan uangmu tersebut untuk membeli barang-barang yang memang lebih penting lagi.

2. “Ih, barang ini lucu banget!”

photo source: lovealwayshannah.com

Sepenggal kalimat seruan tersebut juga sering terucap dari mulut kaum perempuan saat sedang pergi belanja: lihat baju dengan gambar yang lucu, lampu tidur dengan desain yang unik, hingga gelang dengan gantungan warna-warni. Apalagi kalau kamu memasuki toko pernak-pernik. Bisa-bisa semua barang di dalam toko tersebut kamu bilang lucu. Nah, sepenggal kalimat tersebut bisa berujung pada keinginan untuk membelinya. Bahkan terkadang kamu tidak berpikir panjang lagi untuk membelinya jika menemukan barang lucu tersebut. Saat menghadapi situasi seperti ini, kamu harus pintar-pintar menjaga emosi agar dapat mengontrol akal sehatmu nih, RulaWoman. Berpikir dua kali saat hendak memutuskan untuk membeli barang lucu tersebut dapat menyelematkan isi dompetmu.

3. Suka lupa dengan tujuan utama saat pergi berbelanja

photo source: tvguide.com

Kebiasaan menulis barang yang ingin dibeli saat berbelanja itu ternyata sangat berguna untuk menghemat pengeluaran loh, RulaWoman. Namun kebiasaan tersebut jarang diterapkan oleh kaum perempuan masa kini dengan alasa terlalu repot atau malas jika harus menulis barang-barang yang ingin dibeli sebelum berbelanja. Akibatnya, saat pergi berbelanja, jadi sering lupa dengan tujuan utamanya deh. Kamu malah memasukan barang-barang yang tidak terlalu kamu butuhkan ke keranjang belanjamu ketimbang barang yang memang sedang kamu cari saat itu. Apakah kamu sering seperti ini, RulaWoman?

4. Beli barang biar kekinian

photo source: radiotimes.com

Ternyata, seiring berkembangnya waktu, kegiatan berbelanja itu sering dijadikan indikator status sosial loh, RulaWoman. Gak percaya? Coba perhatiin deh di sekitarmu, pernahkan temanmu atau justru kamu sendiri membeli barang yang di-endorse oleh selebriti di media sosial? Alasannya membeli juga bukan karena butuh, tapi karena barang tersebut lagi happening banget. Jika kamu termasuk yang memiliki persepsi seperti ini, kamu harus mulai mencoba untuk menghilangkannya nih. Karena keinginan membeli barang agar dicap sebagai orang yang mengikuti tren masa kini justru dapat membuat uangmu cepat habis.

5. Lemah terhadap kata “Sale”

Kalo udah lihat "Sale" langsung histeris! (photo source: mikhila.com)

Nah, kebiasaan yang terakhir ini emang yang paling bahaya bagi para perempuan nih. Kalau sedang memasuki pusat perbelanjaan dan melihat ada tulisan “Sale up to 70% all items” pasti hati langsung lemah dan sulit menolak untuk memasuki toko tersebut. Semakin besar angka diskonnya, semakin sulit untuk menghindar darinya. Apalagi saat masa-masa menjelang akhir tahun seperti sekarang ini. Berbagai toko, baik yang online maupun yang ada di pusat perbelanjaan, berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian konsumen dengan memasang berbagai macam promo dan diskon terhadap barang-barang yang dijualnya. Bahkan ada pusat perbelanjaan yang mengadakan acara midnight sale besar-besaran yang menggiurkan. Duh, kuatin hatimu deh, RulaWoman di bulan seperti ini.

BACA JUGA


Sering Kalap Berbelanja Online? 5 Tips Ini Bisa Kamu Pakai untuk Mendapatkan Harga Terbaik!

Sering Kalap Berbelanja Online? 5 Tips Ini Bisa Kamu Pakai untuk Mendapatkan Harga Terbaik!

Untuk kamu yang hobi berbelanja online dan ingin mendapatkan kebutuhan dengan harga terbaik

Read more..

Yuk refleksikan lima kebiasaan tersebut. Mana yang paling sering kamu lakukan saat berbelanja? Mulai sekarang, cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut saat hendak berbelanja ya, RulaWoman. Demi kondisi keuanganmu yang lebih baik, loh!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tak Disangka, Kebiasaan Perempuan Saat Berbelanja Berikut Ini Dapat Menyebabkan Uang Cepat Habis. Hati-hati dengan Nomor 5 Jelang Akhir Tahun, RulaWoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Veronica Gabriella | @veronicagabriella

I was born to be a writer. - Writing is my soul. - I hope you enjoy my writes!

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar