2.9K
Real friends don't get offended when you insult them. They smile and call you something even more offensive. – anonymous

Dalam pergaulan sehari-hari, tak jarang kita bertemu dengan banyak orang yang punya bermacam-macam watak, RulaWoman. Mulai dari yang paling santai dan bisa menerima candaan dengan terbuka, hingga yang paling sensitif dan sering kali terbawa perasaan, atau biasa dikenal dengan baper dalam keseharian. Biasanya, teman-teman seperti ini lebih perasa ketimbang teman-teman yang lain. Mereka sering menganggap bahwa ucapan atau tindakan orang lain sangat berhubungan dengan dirinya sendiri. Nah, sebenarnya memang agak sulit menghadapi teman-teman berwatak baper ini, tapi bukan tidak mungkin kamu bisa menaklukkannya, RulaWoman.

Coba deh, ikuti kiat-kiat berikut untuk mengatasi teman bapermu!

1. Pahami mereka dan beri pengertian

Hal pertama dan utama adalah kamu harus memahami bagaimana posisi temanmu dalam sebuah permasalahan. Jika menurutmu mereka berlebihan dan terlalu membesar-besarkan masalah, cobalah memberinya pengertian bahwa kamu tak bermaksud menyinggung perasaannya.

2. Beri jeda

Umumnya, seseorang akan menjadi lebih peka dan perasa ketika mereka kesal terhadap sesuatu. Jika kalian sedang ada masalah, beri ia jeda untuk istirahat dan berpikir baik-baik. Hal ini bisa membantu agar pikiran temanmu menjadi lebih mereda, dan membuat mereka bisa mempertimbangkan sesuatu dengan lebih baik lagi.

3. Minta maaf jika kamu salah

Nah, lain halnya jika kamu memang bersalah, RulaWoman! Jika kamu memang berada di posisi yang salah, sudah sepatutnya kamu minta maaf agar temanmu tidak terus-terusan merasa kesal karena sikapmu. Jangan lupa bahwa bersalah dan merasa bersalah adalah dua hal yang berbeda, ya! Jangan sampai kamu terus-terusan merasa bersalah dalam segala kondisi, hanya karena temanmu merasa baper tiap saat.

Photo credit: listcrux.com

4. Dengarkan mereka

Orang yang baper sebenarnya hanya butuh pendengar. Mereka butuh seseorang yang bisa mendengarkan dan menampung unek-uneknya. Ketika mereka merasa baper, ajaklah temanmu duduk dan biarkan ia bercerita mengenai keluh-kesahnya. Siapa tahu dengan begitu, ia bisa menjadi lebih lega dan malah nggak baper lagi.

5. Jangan ikutan baper!

Ini yang bahaya, nih, RulaWoman. Kamu tidak boleh emosi ketika menghadapi kemarahan seseorang, sebab hanya akan menambah rumitnya masalah. Begitu pula halnya jika temanmu dalam keadaan baper, maka kamu sebisa mungkin jangan ikutan baper juga. Mengapa? Sebab kalau dua-duanya baper, siapa yang mau mendengarkan atau menyelesaikan masalah di antara kalian? Hihi.

6. Selalu tenang dan berpikiran positif dalam menghadapi kebaperan mereka

Biasakan dirimu untuk tenang dalam menghadapi keadaan-keadaan seperti ini, dan kamu juga harus berpikiran positif dalam menghadapi orang-orang baper. Hal-hal negatif tidak bisa membantu menyelesaikan persoalan kalian, RulaWoman. Tapi ketika kamu berpikiran lebih jernih, bukan tidak mungkin temanmu akan reda dengan sendirinya, lho.

Photo credit: outsourcemag.com

7. Jika baper berlanjut? Cuekin aja!

Tapi, bagaimana kalau bapernya terus berlanjut dan tidak mau berhenti? Mungkin saja temanmu memang tipe orang yang bapernya sudah akut dan susah dihadapi dengan cara biasa. Segala yang kamu lakukan bisa saja terasa salah di matanya. Dan kalau sudah begini, satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah cuekin aja! Jangan merasa jahat sebab kamu tidak mengacuhkan sikap mereka. Tenang saja, RulaWoman, sebab masih banyak kok teman lain yang lebih sabar dan tidak mudah tersinggung!


Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi teman-teman yang terlalu baper. Ada memang beberapa orang yang punya perasaan lebih sensitif ketimbang orang lain pada umumnya, tapi itu bukan berarti kamu harus selalu mengerti mereka, dan bukan menjadi excuse bagi mereka untuk bisa bersikap seenaknya, lho, RulaWoman!

Jadi, kamu sudah punya rencana apa untuk menghadapi si baper hari ini?

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Temanmu Terlalu Baper? Begini 7 Kiat Mengatasinya, RulaWoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar