922
Bukan hanya kaum perempuan yang bisa tiba-tiba mood swing, laki-laki juga bisa!

PMS memang menjadi mimpi buruk bagi beberapa perempuan dan sering kali disalahkan atas mood swing yang kita rasakan. Terkadang juga PMS menjadi candaan teman apabila kita sedang terlalu moody. Sering kan dengar teman bilang “Kenapa sih baper banget? Lagi PMS ya?” ke teman lain yang moody, baik itu perempuan maupun laki-laki. Padahal kan laki-laki nggak PMS? Ternyata salah! Laki-laki juga bisa “PMS”! Tentu saja laki-laki tidak benar-benar PMS karena mereka tidak mengalami menstruasi. Tapi di waktu-waktu tertentu setiap bulannya, laki-laki juga akan mengalami gejala yang sama yang dialami para perempuan ketika PMS. Mood swing, kecemasan, ketegangan, frustrasi, sedih, marah-marah terus bawaannya dan bahkan depresi! Nah, versi “PMS”nya laki-laki ini disebut dengan IMS atau Irritable Male Syndrome.

Kenapa Bisa Terjadi IMS?

photo credit: Lucky Otter Haven

Sama seperti perempuan, IMS terjadi karena hormon. IMS bisa disebabkan oleh tingginya tingkat hormon kortisol dan menurunnya hormon testosteron. IMS ini pasti terjadi pada laki-laki umur 40-60, di mana merupakan gejala andropause. Andropause ini semacam menopause bagi laki-laki. Tapi ternyata, juga diketahui kalau stres bisa menurunkan tingkat testosteron secara tajam! Maka dari itu, walaupun umumnya ditemukan pada orang-orang di atas 40 tahun, semua laki-laki bisa terkena gejala IMS apabila stres dan gaya hidupnya tidak sehat. Tidak seperti perempuan yang ketahuan kapan PMS-nya, IMS pada laki-laki tidak bisa diprediksi. Bisa saja 30 jam sekali, atau 34 hari!

Apa yang Menyebabkan Hal Tersebut?

photo credit: The Rooster

Penyebab utama IMS adalah menurunnya level testosteron. Kalau di film-film seringkali kakek-kakek digambarkan sebagai tokoh yang galak dan tidak ramah, kan? Nah, itu mungkin karena IMS! IMS lebih banyak terjadi di umur-umur mendekati andropause, di saat menurunnya level testosteron secara drastis. Tapi tidak itu saja! Laki-laki muda di bawah 40 pun juga bisa mengalami IMS karena beberapa faktor.

Salah satu faktor penyebab IMS adalah stres. Ketika stres hormon testosteron akan menurun. Selain itu hormon estrogen yang meningkat dan rendahnya testosteron juga bisa menjadi salah satu penyebab. Hormon estrogen akan meningkat ketika laki-laki mengalami kenaikan berat badan. Banyak yang bisa menyebabkan menurunnya testosteron, dan sayangnya kita sulit memprediksi kapannya. Selain itu beberapa obat-obatan juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon-hormon ini.

Gejala dari IMS

photo credit: Huffington Post

Sama seperti perempuan ketika PMS, laki-laki akan menghadapi naik turun emosi ketika IMS. Beberapa laki-laki akan lebih cepat marah dan moody. Namun beberapa laki-laki akan menahan emosi-emosi tersebut dan malah beralih ke depresi dan gangguan kecemasan. Beberapa laki-laki juga akan merasa tidak semangat, tidak percaya diri, dan hilangnya gairah hidup.

Kalau Orang Terdekatmu Mengalami IMS...

photo credit: The Sun

Kamu harus yakinkan dia bahwa hal ini normal dan dia tidak usah merasa bersalah karena itu. Kebanyakan laki-laki akan menolak dan menyalahkan dirinya sendiri karena perasaannya. Yakinkan saja bahwa perubahan hormon itu hal yang wajar. Selain itu usahakan untuk diet sehat dan banyak olahraga demi mencegah terjadinya IMS ini. Gaya hidup sehat akan berujung pada tubuh dan mental yang sehat. Hindari banyak alkohol, lemak dan gula. Memeriksakannya ke dokter juga bisa dilakukan untuk memastikan apakah benar seseorang mengidap IMS, apalagi bila hal ini mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Kadang dokter juga menyarankan terapi penggantian testoteron untuk ini.

BACA JUGA


Lebih Gawat dari PMS! Sudah Kenalkah Kamu dengan Premenstrual Dysphoric Disorder?

Lebih Gawat dari PMS! Sudah Kenalkah Kamu dengan Premenstrual Dysphoric Disorder?

Sudah tahu belum, RulaWoman? Kalau ada versi lebih parahnya dari PMS untuk kita para perempuan, yaitu PMDD

Read more..

Nah, sekarang kita tahu kalau laki-laki bisa “PMS” juga. Jadi, kalau dia sedang moody dan menunjukkan tanda-tanda IMS jangan malah dimarahi atau dijauhi, dimengerti saja. Toh, kita setiap bulan juga mengalami hal yang sama.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ternyata Bukan Cuma Perempuan Saja yang Sering Mood Swing, Laki-laki Juga Bisa “PMS”, Lho!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Khansa Nadhifa | @khansanadhifa

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar