744
Setiap macam yoga memiliki pose serta kegunaannya masing-masing.

Melihat pose yoga teman-teman di berbagai media sosial media, kamu mungkin tertarik untuk mengikutinya. Apalagi juga banyak artis-artis cantik yang tampak keren dengan berbagai pose yoganya, semakin mengukuhkan bahwa yoga adalah jalan yang tepat untuk menjalankan gaya hidup sehat. Mereka yang mengaku sebagai yogini pun mengaku olahraga ini cukup membuat mereka berkeringat meskipun tak banyak gerak.

Nah, tahukah kamu, yoga ternyata memiliki banyak macam? Setiap macam yoga memiliki pose serta kegunaannya masing-masing. Sebagai yogini pemula, supaya nggak bingung yuk ketahui sembilan jenis yoga ini, RulaWoman.

1. Hatha

Photo credit: Livestrong

Istilah hatha saat ini sebenarnya mengacu pada seluruh gaya yoga. Yoga ini disebut-sebut sebagai yoga yang paling cocok dilakukan bagi pemula. Gerakannya lambat dan halus, serta mencakup praktik pernapasan sehingga diyakini baik untuk menenangkan pikiran serta meregangkan otot.

2. Iyengar

Photo credit: Yogalounge Linz

Yoga ini juga baik untuk pemula, posenya mirip dengan Hatha. bedanya, Iyengar lebih fokus pada keselarasan tubuh dan keseimbangan pada tubuh. Dalam latihannya, yoga jenis ini akan menggunakan alat-alat seperti kursi, tali, bantal, selimut, dan balok yoga. Bersiaplah menahan gerakan cukup lama saat melakukan yoga ini.

3. Ashtanga

Photo credit: Shutterstock

Saat menjalani yoga yang ini, kamu dituntut untuk bergerak cepat dari satu pose ke pose lainnya untuk membangun kekuatan dan daya tahan tubuh. Yoga jenis ini memang sedikit sulit dan menantang secara fisik ketika latihan.

4. Bikram

Photo credit: SELF Videos

Yoga yang ini mengajarkan 26 gerakan yoga di dalam ruangan yang dipanaskan sampai 105 derajat Fahrenheit. Ini bertujuan untuk mengendurkan otot-otot dan berkeringat demi membersihkan racun dalam tubuh. Sebab gerakannya cepat, yoga ini tidak disarankan bagi kamu yang bermasalah dengan jantung atau tekanan darah tinggi.

5. Kundalini

Photo credit: RetreaTours

Kundalini menggabungkan gerakan atau latihan berulang, teknik pernapasan dinamis, nyanyian, meditasi dan mantra. Praktik ini dirancang untuk membangkitkan energi di dasar tulang belakang untuk menariknya ke atas melalui masing-masing dari tujuh chakra. Biasanya, orang yang melakukan yoga jenis ini akan merasa lebih religius dan berfokus pada keseimbangan energi dalam tubuh.

6. Kripalu

Photo credit: Moonflower Yoga

Jenis yoga Kripalu dimulai dengan gerakan-gerakan yang pelan untuk menghasilkan keringat. Semakin lama, proses gerakan akan naik 3 tingkat. Kripalu diyakini mampu membuat seseorang semakin mengerti akan tubuhnya dan membantu untuk menemukan jati dirinya.

7. Restorative

Photo credit: Goddess Retreats

Yoga yang memiliki 5 pose ini tepat untuk pemulihan cedera atau penanggulangan stres. Kabarnya, yoga ini jauh lebih menenangkan dan santai daripada tidur siang di sofa rumah sendiri.

8. Prenatal

Photo credit: Instagram Andien Aisyah

Menilik dari namanya, kamu pasti tahu yoga ini ditujukan bagi ibu hamil. Yoga prenatal bermanfaat untuk menjaga postur, menguatkan otot perut, dan melatih pernapasan sekaligus meredekan rasa sakit ketika hamil. Saat mengikuti kelas yoga ini, ibu-ibu hamil bisa saling bertukar tips dan pengalaman seputar kehamilan.

9. Acro yoga

Photo credit: Sidomi News

Bisa dibilang, jenis yoga inilah yang jadi favorit para artis, sebut saja Andien, Raisa, Luna Maya, Nagita Slavina, sampai Pevita Pearce pernah melakukannya. Gerakan acro yoga mengandung unsur acrobatic dan yoga. Selain baik untuk melatih kekuatan otot, acro yoga juga akan melatih keberanian serta mengharmoniskan hubungan antarpasangan sebab mereka dituntut saling percaya pada partner yoganya.

BACA JUGA


RulaWoman, Berikut 5 Pose Yoga Penghilang Stres Secara Instan

RulaWoman, Berikut 5 Pose Yoga Penghilang Stres Secara Instan

Tubuh itu lebih “jujur” dibandingkan dengan pikiran. Stress yang terlalu sering bisa jadi disebabkan karena tubuh kamu yang kurang fit ...

Read more..

Nah, itulah sembilan macam yoga yang perlu kamu tahu, RulaWoman. Ada baiknya kamu diskusi terlebih dahulu dengan pengajar di kelas yoga sebelum menentukan yoga jenis mana yang akan kamu ikuti.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ternyata Yoga Ada Banyak Macamnya Loh RulaWoman. Inilah 9 Jenis Yoga yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Kamu Memulai Olahraga". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar