1K
"Setiap kali baca buku dan bermanfaat buat kamu, kamu akan ketagihan membaca." - Ollie

RulaWoman, tahukah bahwa budaya literasi bangsa Indonesia masih sangat rendah? Menurut hasil penelitian Programme for International Student Assessment (PISA) Indonesia berada di urutan ke-64 dari 65 negara yang diteliti. Bukan hanya itu, kemampuan membaca siswa Indonesia pun menduduki urutan ke-57. Miris memang, mengingat teknologi sekarang yang semakin canggih.

Kecanggihan teknologi yang seharusnya bisa digunakan untuk mempermudah dalam mendapatkan e-book atau bacaan yang berkualitas malah digunakan untuk mengkonsumsi berita-berita yang belum tentu kebenarannya. Ada terlalu banyak alasan yang bisa dibuat agar kamu tidak membaca buku, tapi ketahuilah RulaWoman, dengan membaca buku kamu bisa menjadi semakin produktif dan bisa menyaring informasi yang sedang beredar.

Dalam vlog terbarunya, Aulia Halimatussadiah atau lebih akrab disapa Ollie membongkar rahasia bagaimana cara dia bisa membaca satu buku dalam satu hari. Untuk kamu yang kesulitan dalam membaca buku, tidak usah khawatir lagi karena 7 tips rahasia dari Ollie ini akan membantu kamu!

1. Remember, read what do you need to read!

Mulailah ketahui apa yang ingin kamu baca dan sedang kamu butuhkan. Dengan seperti itu kamu tahu apa yang harus kamu baca. Jika kamu ingin menjadi seorang pebisnis yang berhasil maka bacalah buku-buku mengenai bisnis. Oleh karena itu, jangan hanya membeli buku yang sedang diskon saja.

2. Baca cepat

Dengan perspektif bahwa kamu memag membutuhkan buku itu, kamu akan membaca dengan cepat. Tidak perlu membaca setiap baris dengan penuh penghayatan. Tapi bukan berarti sembarangan membaca juga ya RulaWoman. Kecepatan membaca seseorang akan terus meningkat ketika dia rajin membaca. Kalau kamu masih malas untuk membaca, kecepatanmu tidak akan bertambah.

3. Pakai alat

Membacalah dengan menggunakan alat. Bisa dimulai dengan alat sederhana yang kamu punya, yaitu jari tangan kamu sendiri, karena tentu akan repot jika kamu memakai jari orang lain. Selain dengan jari, kamu juga bisa menggunakan pulpen warna warni, highlighter dan sticky notes.

4. Tandai dan baca mendetail pada bagian yang menarik

Jadilah pembaca yang attractive. Ketika kamu membaca dengan cepat sebuah buku, pasti ada bagian di dalam buku itu di mana hati kamu tersentuh. Berhentilah di bagian itu, lalu mulailah membaca lebih dalam lagi. Tandai bagian yang menarik dengan pulpen warna-warni, highlighter, atau sticky notes yang kamu punya. Kamu pun bisa menulis quote atau hal penting dalam buku itu dan menempelkannya di buku kamu. Ketika kamu ingin membaca lagi, kamu sudah menandainya dengan sticky notes. Atau kamu bisa menempelkan quotes itu di dinding tembok kamar kamu sebagai pengingat agar bisa kamu aplikasikan setiap hari.

5. Do more research

Ketika kamu menemukan bagian yang dapat menyentuh hatimu, lakukanlah penelitian tentang hal tersebut lebih dalam lagi. Cari buku atau artikel lain yang mendukung hal itu. Kamu bisa buka Scribd, Kindle atau Google Play Book untuk mencari tahu. Jangan berhenti di situ, mulailah follow sang penulis di media sosialnya agar kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak.

6. Stop worrying about finishing the book or not

Ketika membaca sebuah buku, jangan khawatir apakah kamu bisa menyelesaikan buku itu atau tidak. Baca saja! Kalau kamu terus khawatir, bisa jadi kamu tidak mendapatkan apa-apa dari buku itu meski bisa cepat selesai.

7. Mengatur waktu membaca

Kamu harus dengan sengaja mengatur waktu membacamu. Usahakan untuk mengatur waktu satu jam di pagi hari dan satu jam di malam hari. Kamu pun bisa menggunakan waktu menunggumu untuk membaca. Misalnya ketika macet atau dalam perjalanan di kendaraan umum, daripada membuka aplikasi media sosial, sebaiknya kamu gunakan untuk membaca. Nah, ketika kamu mendapatkan sesuatu yang bermanfaat untuk dirimu dalam buku yang kamu baca, bagikanlah dalam semua media sosial yang kamu punya.

Ollie pun menambahkan, yang terpenting adalah menikmati proses membaca yang kamu lakukan. Ayo RulaWoman, mulailah membaca karena membaca bisa menambah produktivitasmu.

BACA JUGA


RulaWoman, Tenyata Menjadi Book Lovers Membuatmu Lebih Mengerti Orang Lain, Lho! Kenapa, Ya?

RulaWoman, Tenyata Menjadi Book Lovers Membuatmu Lebih Mengerti Orang Lain, Lho! Kenapa, Ya?

Book lovers ternyata bukan kutu buku yang tidak bisa bersosialisasi, malah sebaliknya

Read more..

Berikut video lengkap yang dibuat oleh Ollie dalam channel pribadinya, semoga bermanfaat dan membuatmu semakin giat membaca ya RulaWoman!

credit: Aulia Halimatussadiah




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Terungkap! Ini 7 Cara Rahasia Ollie dalam Membaca Satu Buku Satu Hari". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Wesa Theslan Bhadrasana | @wesabhadrasana

an encourager who writes about art, children, food, friendship, love, music and women. instagram: @wesabhadrasana email: wesabhadrasana@gmail.com

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar