1.5K
Kehidupan penuh drama bukannya akan membuatmu makin dicinta, justru akan membuat kamu semakin merana.
photo credit:Shutterstock

Katanya hidup adalah panggung sandiwara. Jika memang benar demikian, maka drama kehidupan memang tak bisa dihindari. Meski hidupmu dikelilingi drama, bukan berarti kamu harus terlarut di dalamnya atau bahkan menjadi seorang drama queen. Teruntuk kamu yang dikelilingi kehidupan penuh drama, berikut 7 langkah sederhana yang akan membantu membuat hidupmu menjadi lebih ringan.

1. Minimalisir keluhan dan makian, baik di hati, dunia maya, dan tentu di dunia nyata

photo credit:idpelago

Kata-kata punya power. Bisa menguatkan, melemahkan, atau bahkan menjatuhkan. Jadi berhatilah dalam berkata-kata. Dan kata-kata yang sudah keluar tidak bisa ditarik kembali. Apalagi yang sudah terekam di dunia maya. Semua orang bisa membacanya dan jangan lupa pribadi kamu juga akan dinilai berdasarkan apa yang kamu ucapkan. Kata-kata kasar, menyebar kebencian, dan membuat “gerah” tentu akan membuat kamu menuai hal serupa.

2. Jatuh cintalah ketika kamu memang sudah siap, bukan karena sepi atau bahkan pelarian

photo credit:liputan6
Cinta punya kekuatan untuk menguatkan dan menyembuhkan.

Tapi beda halnya jika kamu jatuh cinta hanya karena merasa sepi atau karena pelarian. Pasangan yang kamu dapat juga hanya bisa mengusir rasa sepi kamu. Jauh dari rasa saling mengisi, apalagi kemampuan untuk bisa berjuang bersama. Hubungan seperti itu akan membuat kamu makin jauh dari bahagia dan tentu akan ada banyak “drama” menanti.

3. Jangan meminta orang lain menerka keinginanmu, apalagi perasaanmu

photo credit:briesebotanicals

Orang-orang di sekitarmu bukan cenayang. Mereka tak bisa menerka apa yang jadi keinginanmu. Katakan dengan jelas apa maksudmu dan sampaikan apa yang kamu rasakan. Setiap orang punya “beban” dan perjuangannya masing-masing, dan hidup bukan hanya soal kamu seorang.

4. Berhentilah ketika kamu merasa tersakiti dan tidak dihargai

Satu-satunya orang yang paling bisa diandalkan untuk menolong dirimu sendiri adalah kamu sendiri, RulaWoman. Membiarkan diri terjebak dalam drama kehidupan dan rasa sakit berkepanjangan menunjukkan betapa kamu tidak mencintai dirimu sendiri. Ketika kamu tak bisa memberikan cinta dan penghargaan untuk dirimu, lantas bagaimana kamu mengharapkan orang lain bisa melakukannya, RulaWoman?

5. Perasaan insecure adalah awal dari drama yang kamu ciptakan sendiri

photo credit:Toronto Star

Rasa insecure akan menciptakan asumsi negatif dalam diri kamu. Padahal asumsi itu belum tentu benar. Tak hanya itu, kamu akan jadi pribadi skeptis dan mudah curiga. Dan dijamin orang di sekitarmu akan terkena dampak dari rasa insecure RulaWoman.

6. Berhentilah meminta tanggung jawab orang lain atas dirimu

photo credit:Pushy Prophet Girl Ministries

Kamu sudah dewasa, RulaWoman. Dan salah satu ciri orang dewasa adalah mampu bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Meletakkan apa yang jadi kewajiban dan tanggung jawab pada orang lain memicu terjadinya drama, karena belum tentu orang lain mampu memenuhi ekspektasi kamu.

7. Pakai logikamu dan berhentilah menikmati rasa sakit yang kamu terima

Kecewa dan sakit hati boleh saja, namanya juga manusia yang punya perasaan. Tapi bukan berarti kamu terus-menerus menceritakan kesakitan yang sama, apalagi sampai berulang kali mem-posting nya di media sosial akan semakin menunjukkan kalau kamu menikmati rasa sakit itu, apapun alasannya. Pakai logikamu, kamu adalah perempuan dewasa yang yakin kalau dirimu memang berkualitas, yang bisa memberikan cinta untuk dirimu dan sekitarmu tanpa harus menggunakan drama untuk menarik simpati dan perhatian orang.

Bagaimana RulaWoman? Selamat menikmati hidup anti drama.

Semoga bermanfaat ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Teruntuk Kamu yang Dikelilingi Kehidupan Penuh Drama, 7 Langkah Sederhana Ini Akan Membantu Memperingan Hidupmu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar