2.2K
Kamu terlalu boros RulaWoman? Tidak bisa mengelola keuangan kamu sendiri dengan benar? Yuk lihat tips untuk mengelola keuangan kamu dengan baik.

Kamu pastinya perlu uang untuk memenuhi kebutuhan kamu, tetapi terkadang kamu tidak bisa mengontrol keuangan kamu dengan baik dan benar. Akhirnya membuat keuangan kamu menjadi berantakan. Ini dia tips buat kamu masih kurang bisa mengelola keuangan dengan baik dan benar.

1. Mencatat Semua Pengeluaran

photo credit : logspot.com

Usahakan kamu mencatat semua pengeluaran kamu setiap harinya agar kamu mengetahui uang kamu digunakan untuk apa saja. Bahkan sesederhana bayar parkiran Rp. 2.000,- atau kembalian Rp. 500,- semua harus dicatat ya RulaWoman. Karena ini akan memudahkan kamu untuk mengelola uang kamu dengan benar.


2. Membuat List Belanja

photo credit : abiummi.com

Buatlah list barang apa saja yang akan dibeli bulan ini, RulaWoman. Jangan sampai membeli barang yang tidak benar-benar kamu butuhkan. Belilah sesuai dengan kebutuhan kamu RulaWoman, jangan tergoda untuk membeli camilan atau hal-hal yang sebenarnya tidak ada dalam list kamu. Atau kalau memang kamu mau, buatlah budget khusus untuk camilanmu secara wajar. Tapi jangan sampai keluar dari budget ya.


3. Jangan Memegang Uang Terlalu Banyak

photo credit : seruu.com

Biasanya jika kamu terlalu memegang terlalu banyak uang, pastinya kamu akan lebih boros lagi. Karena kamu berpikir uang yang kamu bawa masih banyak untuk membeli barang-barang. Tetapi itu akan membuat kamu lebih banyak mengeluarkan uang perbulannya. Usahakan untuk kamu tidak membawa uang terlalu banyak saat ingin berpergian, bawalah secukupnya saja untuk keperluan kamu RulaWoman.


4. Berinvestasilah terlebih dahulu sebelum kamu berbelanja

photo credit : kompas.com

Agar uang kamu tidak digunakan dengan sembarangan, lebih baik kamu menginvestasikan uang kamu, karena akan lebih menguntungkan kamu lho RulaWoman. Lebih baik menginvestasikan daripada menghamburkan uangmu RulaWoman. Dengan menyisihkan uang terlebih dahulu untuk berinvestasi, maka kamu nggak akan merasa bersalah kalau kamu menghabiskan uangmu, karena kamu sidah menyisihkannya terlebih dahulu dengan berinvestasi.


5. Tabungkan Uangmu

photo credit : hipwee.com

Usahakan kamu mempunyai komitmen untuk menabung perhari. Jangan sampai kamu melewatkan hari dimana kamu harus menabung karena itu akan membantu kamu dalam mengelola keuangan kamu, lho RulaWoman. Tabunglah meskipun hanya Rp. 5.000,- atau Rp. 2.000,- dalam celengan atau botol jar. Kamu nggak akan pernah tahu kapan kamu membutuhkan dana darurat. Nah siapa tahu uang-uang kecil ini yang akan menjadi penyelamatmu di saat kamu kesulitan, RulaWoman.

Mulai sekarang kamu harus rajin menabung dan harus bisa mengelola keuangan kamu sendiri ya RulaWoman. Karena yang nantinya akan menikmati kamu juga supaya uang yang sudah kamu dapatkan dengan susah payah tidak terbuang untuk hal-hal yang tidak perlu. Semoga dapat membantu ya RulaWoman.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tips Mengelola Keuangan Buat Kamu Yang Terlalu Boros RulaWoman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


harlyn yolanda | @harlynyolanda

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar