953
“In the end, it’s not the years in your life that count. It’s the life in your years.” – Abrahan Lincoln.

Kalau RulaWoman sempat nonton Indonesian Idol 2 di tahun 2005, pasti kenal sosok Michael Prabawa Mohede atau yang dikenal dengan Mike Mohede. Baru berusia 32 tahun, Mike yang merupakan juara pertama ajang menyanyi bergengsi itu akhirnya tutup usia pada hari Minggu, 31 Juli 2016 karena serangan jantung yang dialaminya. Tentu saja Indonesia tersentak kaget mendengar kabar duka ini.

“ GONE. It’s the saddest word in the language. In any language.” – Mark Slouka

Kepergian Mike mungkin terlalu dini, namun yang di atas pasti punya maksud dari semua ini. Berbagai prestasi dan cerita hidup Mike semasa hidupnya,dirangkum dalam 7 pelajaran berharga yang ditinggalkan Mike untuk kita semua RulaWoman.


1. Bakatmu, Prestasimu

1.	Bakatmu, Prestasimu - Salah satu single Mike Mohede
Salah satu single Mike Mohede "Sahabat Jadi Cinta" Foto sumber: https://musicsversation.files.wordpress.com/2015/08/mike-mohede.jpg

Mike memiliki suara emas yang dia asah lagi ke dalam ajang bernyanyi dan hasilnya WoW, Mike lolos sebagai juara pertama dan mewakili Indonesia dalam Asian Idol.

Kita pun bisa RulaWoman. Apapun bakatmu, pede aja deh, selama kamu asah dengan cara yang tepat dan konsisten, kamu pun bisa mengukir banyak prestasi. Ingat hidup cuma sekali, kalau bisa banggain orang tua, lakukanlah.


2. If you want to be great, you must have great habits.

2.	If You Want To Be Great, You Must Have Great Habits. - Kolaborasi Mike dan Raisa

Foto sumber: http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/884280/small/043486600_1432525493-raisa-4.jpg
Kolaborasi Mike dan Raisa Foto sumber: http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/884280/small/043486600_1432525493-raisa-4.jpg

Yang punya bakat seperti Mike tentu saja bukan cuma satu dua orang saja. Mike tahu itu, makanya Mike banyak berkolaborasi dengan musisi lain, dari dalam negeri dan luar negeri.

Ini salah satu habits yang bagus RulaWoman. Kompetisi tidak selalu bersaing, bisa saja dengan berkolaborasi.

“I can do things you cannot, you can do things I cannot; together we can do great things.” – Mother Teresa.


3. Serve Over Everything.

3.	Serve Over Everything. - Walaupun seorang public figure, Mike tenang-tenang aja tuh bagiin Tajil di jalan

http://cikalnews.com/static/data/berita/foto/besar/40796767082mike-mohede-bagi-kolak.jpg
Walaupun seorang public figure, Mike tenang-tenang aja tuh bagiin Tajil di jalan http://cikalnews.com/static/data/berita/foto/besar/40796767082mike-mohede-bagi-kolak.jpg

Kalau nampil di panggung, Mike selalu all out. Untuk siapa? Jelas saja untuk para penggemar setianya dan untuk menghibur semua penonton. Bagi seorang penyanyi seperti Mike penonton dan penggemar sangatlah penting dalam perjalanan karirnya. Nah RulaWoman tahu kan? Semakin banyak usahamu untuk serve banyak orang, semakin berkembanglah pekerjaan ataupun bisnis kamu. Kalau difokusin, dampak untuk karir dan hidupmu bisa drastis loh RulaWoman.


4. Bahkan seorang juara pun memiliki impian. Kamu?

4.	Bahkan Seorang Juara Pun Memiliki Impian. Kamu? - Mike dan musisi senior Yopie Latul

https://anshora.com/media/uploads/2016/07/ini-salah-satu-impian-terakhir-mike-mohede-1bR.jpg
Mike dan musisi senior Yopie Latul https://anshora.com/media/uploads/2016/07/ini-salah-satu-impian-terakhir-mike-mohede-1bR.jpg

“Yopie Latul .. Salah satu inspirasi saya dan referensi dalam bernyanyi .. Beberapa kali saya telah melihat dan mendengarkan dia sampai terakhir tampil..bahkan ,, saya merasakan sensasi yang sama .. (Kalo Ambon mengatakan ) takancing .., “tulis Mike melalui akun @mikemohede Minggu (2016/05/06).

Melalui postingan tersebut, Mike menyatakan keinginannya untuk berkolaborasi dengan idolanya. Walau mimpinya belum sempat terwujud, tapi kita semua jadi tahu kalau bermimpi dan mengagumi idola sah-sah saja, bahkan jika kamu ungkapin di dalam media sosial selama bahasa yang dipakai tidak mengganggu orang lain. 


5. Nothing will reward your life more than personal development.

5.	Nothing Will Reward  Your Life More Than Personal Development. - Mike bisa menempatkan diri di depan fans, teman, dan umum

Foto sumber: http://cdn-2.tstatic.net/batam/foto/bank/images/mike-mohade_20160731_202511.jpg
Mike bisa menempatkan diri di depan fans, teman, dan umum Foto sumber: http://cdn-2.tstatic.net/batam/foto/bank/images/mike-mohade_20160731_202511.jpg

Sepanjang karirnya, Mike sudah menorehkan berbagai kenangan indah bersama rekan sesama artis, penggemar dan orang-orang sekitarnya. Keramahan dan kebaikan Mike sangat berbekas di hati banyak orang. Dan semua itu sangat terlihat di setiap media sosial ketika Mike sudah tiada. Kepribadian Mike yang positif patut kita contoh. Apapun profesi kita, baik artis maupun orang biasa, ketika kepribadianmu ‘jadi’ pastinya banyak orang akan senang kepadamu RulaWoman.


6. Turun berat badan karena jatuh cinta? Yap, mencintalah selama itu positif!

6.	Turun Berat Badan Karena Jatuh Cinta? Yap, Mencintalah Selama Itu Positif! - Kalau tahu postur Mike awal-awal ikut Indonesian dulu, pasti bisa ngebandingin deh

Foto Sumber: http://cdn.initialdesign.co.id/images/photos/523d8aa92ac3a18.jpg
Kalau tahu postur Mike awal-awal ikut Indonesian dulu, pasti bisa ngebandingin deh Foto Sumber: http://cdn.initialdesign.co.id/images/photos/523d8aa92ac3a18.jpg

"Dia sempat kurus, diet ketat turun 20 kg, enggak lama kemudian gemuk lagi. Sekarang kurusan dikit. Lagi jatuh cinta katanya," ujar Delon (runner up Indonesian Idol 1).

Kalau Mike nyontohin dari segi percintaan. Kita lihat dari sisi yang lebih luas yang RulaWoman. Selama kamu punya motivasi kuat, anything is possible. Mau dari segi percintaan, bisnis, kesehatan, dan lain-lain, kamu bisa make it happened! Tapi ingat, ada proses yang harus dijalani ya RulaWoman.


7. Penyakit tidak mengenal usia, mulai sekarang jaga kesehatanmu!

7.	Penyakit Tidak Mengenal Usia, Mulai Sekarang Jaga Kesehatanmu! - RIP Mike Mohede

Foto sumber: http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/08/01/398469_mike-mohede-tutup-usia_663_382.jpg
RIP Mike Mohede Foto sumber: http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/08/01/398469_mike-mohede-tutup-usia_663_382.jpg

Mike memiliki riwayat penyakit keluarga yang mengancam kesehatan. Mungkin saja Mike missed di kesehatannya karena menurut pengakuan teman-temannya sendiri, Mike orangnya tidak pernah mengeluh. Mike meninggal dalam tidurnya akibat serangan jantung.

See, siapa bilang penyakit itu munculnya ketika tua aja? Kejadian Mike ini jelas menjadi pesan bagi anak muda dan orang tua kalau kesehatan itu sangat penting. Tidak mengeluh memang baik, tapi check-up dan segera konsultasikan dengan dokter  kalau kamu sakit ya RulaWoman.

 


 

Demikian 7 Pelajaran Hidup dari Mike Mohede. Selamat jalan Mike. Terima kasih telah menjadikan sebagian hidupmu sebagai inspirasi untuk RulaWoman.

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tutup Usia Dini, Simak 7 Pelajaran Berharga Mike Mohede untuk RulaWoman ". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Jane Melissa | @janemelissa

Architects (B.Arch) - Blogger - Freelancer - Content Writer - Contributor of RULA.co.id

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar