845
Masih belum reda pemberitaan tentang wafatnya Dokter Ryan Thamrin - dokter tampan pemandu acara Dr. OZ Indonesia. Selain dikenal sebagai seksolog dan ahli anti-aging, Dokter Ryan Thamrin kerap mengisi seminar seputar kesehatan reproduksi perempuan.

Sejak kecil, Dokter Ryan Thamrin dikenal sebagai sosok yang pintar hingga nasib membawanya menjadi salah satu dokter andalan. Ia menyelesaikan pendidikan kedokteran di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta hingga Bangkok, Thailand demi memenuhi hasratnya dalam belajar. Namun, pada Jumat lalu (4/8) sebuah berita mengejutkan datang dari Dokter Ryan Thamrin pasca mundurnya ia dari program yang sempat membesarkan namanya - Dr. OZ Indonesia. Dokter tampan dan penuh kharisma itu wafat karena menderita maag akut serta benjolan di kepala. Semasa hidupnya, Dokter Ryan Thamrin tak putus berbagi tips-tips bermanfaat, terutama tentang kesehatan reproduksi perempuan. Untuk mengenang kiprahnya dalam dunia kesehatan dan kedokteran, inilah 5 pesan Dokter Ryan Thamrin sebelum tutup usia!

1. Mencukur rambut kemaluan

Photo Credit: Glamour

Tanpa disadari, rambut kemaluan yang lebat dapat mengakibatkan area kemaluan menjadi lembab dan ditumbuhi banyak kuman serta jamur yang menyebabkan rasa gatal. Dokter Ryan Thamrin menyarankan untuk menjauhi penggunaan pisau cukur dan memilih gunting untuk menghilangkan rambut kemaluan karena dapat menggores lapisan kulit tipis. Dikhawatirkan, luka kecil yang timbul tersebut akan menjadi pintu masuknya kuman yang membuat daerah intim menjadi tidak sehat. Selain itu, jangan pula mengguntingnya hingga habis, cukup tipis saja - sebab rambut kemaluan berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran. Jika terdapat luka gores, segeralah membasuh dengan cairan antiseptik.

2. Untuk kesuburan perempuan, pilihlah makanan berikut ini

Photo Credit: Schmalberg Trading

Jika kamu punya masalah seputar kesuburan, Dokter Ryan Thamrin menyarankan untuk mengkonsumsi susu sapi, keju, serta produk dairy lainnya. Mereka mengandung kalsium tinggi yang sangat baik demi meningkatkan kesuburan. Selain itu, ketika perempuan sedang hamil dan menyusui, disarankan memperbanyak asupan daging, kacang-kacangan, serta buah-buahan sebagai sumber kalsium agar tidak terserang osteoporosis.

3. Risiko keputihan akibat salah memilih celana dalam

Photo Credit: Menstruasi

Keputihan ini dibagi menjadi dua, yakni normal dan tidak normal. Keputihan normal terjadi karena faktor hormonal, ciri-cirinya tidak berbau dan tidak menimbulkan rasa gatal. Sementara keputihan yang tidak normal adalah akibat dari infeksi berbagai faktor, misalnya salah memilih bahan celana dalam. Selain itu, jangan memakai celana dalam terlalu ketat agar kulit bisa bernafas. Bahan katun disinyalir sebagai bahan terbaik yang bisa kamu gunakan sebab mampu menyerap keringat dan punya sirkulasi udara. Jangan lupa pula untuk sering mengganti celana dalam terutama saat datang bulan.

4. Tentang Infeksi Menular Seksual (IMS)

Photo Credit: LovePanky

Dikutip dari sebuah seminar, Dokter Ryan Thamrin pernah menjelaskan tentang masalah reproduksi perempuan seperti Infeksi Menular Seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, parasit dan protozoa yang ditularkan secara seksual maupun non seksual. Non seksual ini misalnya melalui transfusi darah dan asi. Untuk mencegahnya, RulaWoman dapat menerapkan ABCD yakni "Absiteni" (absen seks - tidak melakukan hubungan seks pra nikah), "Be Faithful" (setia terhadap satu pasangan, "Condom" (menggunakan kondom bila pasangan terinfeksi HIV), dan "Drug No" (tidak menggunakan narkoba suntik).

5. Jerawat pada vagina

Photo Credit: Artikel Kesehatan

Ternyata jerawat tidak hanya muncul pada kulit muka saja, tapi juga bisa pada vagina. Biasanya, ia disebabkan oleh daerah intim yang terlalu lembab, celana dalam terlalu ketat, membilas vagina dengan air kurang bersih, atau salah memilih sabun pembersih kewanitaan. RulaWoman yang mengalami jerawat pada vagina tidak perlu khawatir selama tidak disertai cairan nanah atau menimbulkan rasa sakit. Kamu cukup merawat dan menjaga kebersihan daerah intim dengan benar, rajin membilas menggunakan cairan antiseptik, mengganti celana dalam lebih longgar dan sering, maka bintik-bintik jerawat tersebut akan hilang dengan sendirinya. Bila lebih dari 2 minggu tidak ada perubahan, kamu bisa konsultasikan masalahmu ke dokter spesialis ya, RulaWoman!

BACA JUGA


Rahasia Manfaat Olahraga Sit Up Setiap Hari, Nggak Hanya Untuk Mengecilkan Perut Loh RulaWoman. Cek Disini Yuk!

Rahasia Manfaat Olahraga Sit Up Setiap Hari, Nggak Hanya Untuk Mengecilkan Perut Loh RulaWoman. Cek Disini Yuk!

Olahraga dapat menyehatkan dan menyegarkan tubuh, serta dapat membentuk tubuh yang ideal. Salah satunya olahraga sit up yang dapat kamu ...

Read more..

Dokter Ryan Thamrin memang telah berpulang, namun ilmu dan budi baiknya akan selalu kita kenang. Selamat jalan, dokter tampan! Semoga engkau tenang di sisi Tuhan.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tutup Usia, Mari Ingat Kembali 5 Pesan Dokter Ryan Thamrin Seputar Kesehatan Reproduksi Perempuan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Puput Palipuring Tyas | @poetsoenarjo

Editor at Zetta Media. Nomadic storyteller based in Bali and East Java. Travel for local food, culture, people, arts, and traditional market.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar