233
Jadi sejahtera bukan hanya ditentukan dari seberapa besar penghasilan yang kamu dapatkan, tapi juga kemampuan kamu dalam mengelolanya.
Kindle Financial

Tidak terasa sudah berada di penghujung tahun 2017, RulaWoman. Beberapa perusahaan memberikan bonus akhir tahun pada karyawannya, berdasarkan prestasi karyawan dan kondisi perusahaan. Sebagai penghasilan tambahan yang tak terduga, tentu seringkali membuat kamu menjadi lebih boros dan bersikap konsumtif. Alhasil, bonus akhir tahun lenyap tak bersisa. Bahkan kamu pun bingung kemana saja perginya uang yang kamu peroleh. Agar bonus akhir tahun tak sia-sia, berikut 5 kiat cerdas mengelola bonus akhir tahun yang perlu RulaWoman terapkan.

1. Hutang yang menumpuk tak akan membuat kamu tenang, untuk itu lunasi hutangmu

photo credit: Forbes

Sebelum membeli ini dan itu, ada baiknya kamu menyisihkan bonus akhir tahun RulaWoman untuk membayar hutang. Idealnya jumlah hutang "wajib" kamu tiap bulan tidak lebih dari 30% dari total penghasilan. Jika kamu harus mencicil dengan jumlah di atas 30%, maka prioritas utama bonus akhir tahun kamu adalah untuk membayar hutang, agar di bulan-bulan berikutnya kamu lebih leluasa menabung dan berinvestasi.

2. Untuk mengatasi kejadian "mendadak", ada baiknya kamu siapkan dana darurat

Meski belum berkeluarga, kamu perlu mempersiapkan dana darurat, yang besarnya 6-10 kali besar pengeluaran bulanan. Jika kamu belum memiliki dana darurat dalam jumlah yang memadai, maka bonus akhir tahun sebaiknya dialokasikan sebagai "pengaman" jika kejadian tak terduga seperti sakit, kehilangan pekerjaan, dan berbagai kejadian lain yang membutuhkan dana besar terjadi.

3. Love yourself first, berikan reward atas kerja kerasmu sepanjang tahun

photo credit: renaissancecollege

Tidak ada salahnya memberi reward pada diri kamu sendiri, RulaWoman. Justru itu menjadi sebuah keharusan. Beli barang yang kamu suka atau lakukan kegiatan yang selama ini kamu idam-idamkan. Jangan lupa manfaatkan berbagai macam promo dan diskon yang menjamur di akhir tahun agar lebih hemat.

4. Daripada disimpan saja, ada baiknya kamu mencoba berinvestasi selagi muda

photo credit: CaringKind

Selagi masih muda, hasil timbal balik yang kamu dapatkan dari investasi akan lebih besar, karena jangka waktu investasi lebih panjang. Selain itu, dengan usia belia, kamu bisa meminimalisir resiko kerugian yang mungkin terjadi, mengingat kamu masih punya kesempatan dan tenaga ekstra untuk bangkit kembali.

5. Ada rejeki orang lain dalam rejeki yang kamu terima, berbagilah!

Berbagi tidak akan membuat kamu kekurangan, justru akan membuat kamu semakin kaya karena bisa bermanfaat buat orang lain. Ada banyak cara untuk menyalurkan sebagian rejeki yang kamu miliki untuk mereka yang membutuhkan di luar sana.


Bagaimana RulaWoman? Selamat mencoba.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Uang Bonus Habis Tak Bersisa? Berikut 5 Strategi Mengelola Bonus Akhir Tahun agar Tak Sia-sia". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar