2.7K
Ubud Food Festival berlangsung dengan begitu meriah. Ratusan chef datang dari luar dan dalam negeri untuk unjuk kebolehan serta berbagi pengalaman, termasuk 5 chef wanita berikut ini.

Ubud Food Festival, sebuah ajang yang mempertemukan nama-nama besar dalam jagat kuliner dunia telah memasuki tahun ketiga. Sama seperti tahun sebelumnya, festival ini dipenuhi dengan para pecinta makanan yang begitu antusias menyimak cerita di balik setiap rasa bersama para pakar, maestro, chef, juga bintang-bintang kuliner ternama. Tak hanya itu saja, UFF juga membawa kita menjelajah rasa dari ujung ke ujung Indonesia, bahkan dunia. Bisa dibayangkan, betapa serunya perayaan kuliner tersebut digelar. Nah, bagi RulaWoman yang belum sempat menyaksikan kemeriahan tersebut di Ubud, berikut kami himpun cerita-cerita menarik selama festival berlangsung. Dari sekian banyak tokoh kuliner yang datang terlibat, 5 chef wanita terbaik Indonesia juga turut berbagi pengalaman dan unjuk kebolehan. RulaWoman, inilah profil, cerita, dan inspirasi yang bisa diambil dari kelimanya.

1. Sisca Soewitomo

Photo Credit: Ubud Food Festival

Wanita berjuluk “The Queen of Indonesian Cuisine” ini adalah pelopor acara memasak di TV yang sangat lekat dengan masa kecil kita. Selain dikenal sebagai koki yang mumpuni, Ibu Sisca juga telah menulis lebih dari 150 buku memasak dan mendedikasikan hidupnya selama 50 tahun untuk kuliner Indonesia hingga meraih banyak penghargaan serta pencapaian, termasuk Lifetime Achievement Award 2016 dari Ubud Food Festival. Untuk sebuah perjalanan berkarya, Ibu Sisca adalah respresentasi wanita Indonesia yang konsisten di jalur pilihannya. Dedikasi dan konsistensinya telah menjadikan inspirasi bahwa apapun yang dijalani sepenuh hati akan membuahkan kesuksesan di hari nanti.

2. Farah Quinn

Photo Credit: Ubud Food Festival

Siapa tak kenal koki paling cantik di Indonesia ini? Selain dikenal sebagai celebrity chef, public figure, Farah Quinn juga menekuni usaha restoran. Dalam sesi panel diskusi bertajuk “Generational Health”, Chef Farah bercerita tentang gaya hidup sehat yang tidak hanya tentang program diet tapi memahami makanan yang baik bagi tubuh kita, khususnya menghindari gula yang menjadi penyebab banyak penyakit. Selain mengisi panel diskusi, ia pun unjuk kebolehan di dapur Ubud Food Festival dengan demo memasak bersama Chris Salans—seorang koki kaliber dunia yang tak asing lagi di telinga. Dari sosok humble-nya, kita bisa belajar bahwa wanita Indonesia tak hanya harus terlihat cantik di segala kondisi, tapi juga tetap smart menimbang gizi yang dibutuhkan oleh diri dan keluarga terkasih.

3. Rinrin Marinka

Photo Credit: Kintakun Collection

Bagi penggemar acara “Master Chef Indonesia” tentu tak asing dengan Chef Marinka yang berpasangan dengan Chef Degan dan Chef Juna sebagai juri yang tegas dan terkadang (ups!) galak. Namun ketika berhadapan langsung dengannya, ternyata Chef Marinka adalah sosok yang begitu hangat dan sederhana. Lulusan Le Cordon Bleu of French Cuisine and Pastry di Sydney ini punya misi membawa masakan, budaya, serta seni Indonesia ke hadapan dunia dan suka bereksperimen dengan masakan Indonesia campuran. Di Ubud Food Festival 2017, Chef Marinka tampil dalam sesi panel diskusi “Generational Health” bersama Farah Quinn, Sophie Navita, Arimbi Nimpuno, dan Duangporn Songvisava. Mengenal sosok Chef Marinka, kita bisa belajar bahwa untuk menjadi expert membutuhkan perjalanan panjang dan kemauan keras untuk belajar. Tak ada hasil yang mengkhianati usaha, Chef Marinka telah membuktikan suksesnya.

4. Petty Elliott

Photo Credit: Ubud Food Festival

Senyum keibuan dari wajah wanita cantik ini tak pernah hilang selama sesinya berlangsung. Petty Elliott adalah wujud wanita Indonesia yang smart dan berkarakter kuat. Meski otodidak, ia berhasil mempelopori pencampuran kuliner Nusantara dengan pengaruh modern dan telah menulis beberapa buku, salah satunya berjudul Jakarta Bites yang rilis baru saja. Buku tersebut sukses meraih penghargaan Best Street Food Book in Indonesia dari Gourmand World Cookbook 2016. Dalam Ubud Food Festival 2017, Petty Elliott memamerkan kebolehannya memasak hidangan Manado moderen yang unik dan lezat.

5. Helianti Hilman

Photo Credit: Ubud Food Festival

Terakhir, sosok wanita kuat dan cerdas bernama Helianti Hilman sukses menghadirkan banyak inspirasi di ajang Ubud Food Festival 2017. Meski tak bisa hadir penuh karena berhalangan, sesi “Every Flavor is a Story” mengundang decak kagum dari para hadirin yang datang. Ia adalah pendiri Javara yang bekerjasama dengan 52.000 petani di pelosok Indonesia dan membantu memasarkan lebih dari 700 produk artisan. Javara mengusung misi untuk menjaga peninggalan kuliner Indonesia dan menjual produknya di dalam dan luar negeri. Selain dikenal sebagai pengusaha sosial terkemuka, Helianti adalah wanita penyayang keluarga. Benar-benar figur wanita ideal, bukan?

BACA JUGA


Inspirasi dari Gaya Hidup Andien, Kekinian tapi Tetap Jaga Tradisi

Inspirasi dari Gaya Hidup Andien, Kekinian tapi Tetap Jaga Tradisi

Gaya hidup yang dijalani Andien dengan penuh rasa percaya diri membuatnya semakin matang sebagai istri, ibu, sekaligus wanita karir

Read more..

RulaWoman, ada banyak cara untuk lebih mengenal Indonesia, dan ada banyak alasan untuk berbangga pada negara kita. Siapa bilang Indonesia tidak mampu bersaing di pentas dunia bila kelima wanita inspiratif tersebut mampu membuktikannya?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ubud Food Festival 2017: 5 Chef Wanita Terbaik Indonesia Hadiri Pesta Kuliner Internasional". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Puput Palipuring Tyas | @poetsoenarjo

Editor at Zetta Media. Nomadic storyteller based in Bali and East Java. Travel for local food, culture, people, arts, and traditional market.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar