169
Tidak semua orang dapat mengatakan ketidaksukaannya dengan jelas dan tepat sasaran pada orang lain. Seperti si Introvert yang punya lebih banyak kata dipikiran, yang tak terucapkan.

RulaWoman, kamu seorang introvert? Hm, sebenarnya introvert itu apa dan siapa sih introvert itu? Introvert adalah tipe kepribadian, dimana orang dengan karakter ini memiliki kepribadian unik yang kompleks. Si introvert bukan pemalu atau anti-sosial, namun mereka lebih nyaman berada di dunianya sendiri dan tidak terganggu bila harus sendirian. Nah bila kamu sering merasa damai ketika sendirian dan tidak masalah ketika harus sendirian, mungkin kamu adalah seorang introvert RulaWoman.

Biasanya seorang introvert itu adalah pribadi yang tenang. Mereka tidak begitu banyak bicara, namu sebenanrnya memiliki banyak hal yang ingin dikatakan dalam pikirannya. Namun kata-kata itu hanya sampai dipikiran saja, dan sering tidak terungkapkan. Oleh sebab itu, introvert terkesan memiliki dunia sendiri. Kadang, hal tersebut menjadi masalah bagi si introvert, terutama bila sudah berkecimpung di dunia kerja. Dunia kerja menuntut keprofesionalitasan yang tak jarang menuntut si introvert untuk bergaul dengan banyak orang dan berbaur dengan rekan kerja yang berbeda-beda karakter. Situasi tersebut kadang membuat introvert terjebak pada situasi yang tidak mengenakkan apalagi ketika terjadi perbedaan pendapat dengan rekan kerja sebab si introvert tidak dapat mengatakan ketidaksukaannya dengan jelas.

Nah RulaWoman, bila kamu pernah mengalami hal demikian atau malah sedang mengalami hal itu, jangan membuatnya berlarut-larut dan membuatmu makan hati. Ini dia beberapa trik yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi rekan kerja annoying yang membuatmu makan hati. Simak ya.

1. Diamkan saja

photo credit: women's web

Sebenarnya bila tidak nyaman dengan suatu kondisi, kamu harus mengatakannya dengan gambalng RulaWoman. Agar masalahnya beres. Namun bila kamu tidak bisa mengatakkannya atau sungkan mengatakannya, trik ini adalah cara defense terbaik. Sifat diam tentunya akan membuat kamu semakin ‘terjajah’, namun pilihlah sifat diam yang keren. Maksudnya, lawan ke-annoying-an rekan kamu itu dengan kinerja kamu yang baik dalam kediaman kamu itiu. Misal, rekan kerja kamu itu sukanya bragging tidak jelas, yang membuat kamu sebel. Maka jangan lawan sifatnya itu dengan melawan omongannya balik. Tunjukkan kerennya sifat mu dengan bekerja lebih cepat, jelas, dan sesuai target daripada yang dia lakukan.

Let’s speak it with your manner

2. Sentilan pada waktu yang tepat

Nasihat itu kadang hanya akan menjadi sekedar kata tanpa makna atau malah terkesan menjadi hate speech bila dikatakan pada timing yang tidak cocok. Maka lebih baik diam saja dan menunggu timing yang tepat untuk ‘menyentil’ si rekan kerja yang annoying ini. Nah, poin plus untuk si introvert yang sedikit bicara, ketika dia bicara, maka orang-orang akan segera menangkap maksudnya. Oleh sebab itu, carilah timing yang tepat untuk menyentil rekan kerjamu ini RulaWoman.

3. Tetap menjadi diri sendiri

photo credit: woman's web

Kadang karena tidak mau menjadi bulan-bulanan oleh rekan kerjamu yang annoying, kamu berubah menjadi orang lain agar selaras dengan rekan kerjamu yang lain dan berhenti dijadikan bulan-bulanan. Eits, jangan sampai kamu melakukannya ya RulaWoman. Memang kalau kamu menjadi orang lain, apakah kamu akan bertambah nyaman di lingkungan kerjamu? Apa salahnya menjadi introvert? Kalau dia menjadikanmu bulan-bulanan maka lawan balik dengan poin nomor satu. Savage itu tidak selalu berbentuk kata-kata RulaWoman, tapi perbuatan pun.

4. Kembangkan sikap cuek

Ya sudah, bodo amat.

Tidak semua introvert itu tegas, beberapa introvert dibekali dengan sikap pemalu dan tidak enakan. Nah, bila kamu tipe yang demikian, ayo belajar cuek RulaWoman. Cuek bukan berarti kamu tidak peduli pada lingkungan. Namun kamu membatasi hal-hal yang tidak perlu ditanggapi seperti teman kamu yang annoying ini. Caranya? Lakukan hal lain yang menyenangkan di tempat kerjamu. Kamu bisa bergaul dengan teman yang lain, baca-baca buku atau koran yang ada di kantor, mendengarkan musik, pokoknya tenggelamkan diri kamu pada hal yang lebih kamu sukai daripada tetap berkutat dengan si annoying ini.

5. Bayangkan hal yang baik sebelum berangkat

photo credit: pexels

Mengetahui fakta bahwa kamu akan bertemu si annoying saat masuk kerja, pasti membuat kamu tidak semangat. Nah bila sudah demikian kerjaan pasti tidak akan kamu selesaikan dengan baik dan hawa-hawa resign selalu ada. Makanya RulaWoman, sebelum berangkat kerja, pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan atau bawalah hal yang membuatmu senang. Misal, masukkan lagu faforitmu dalam playlist-mu agar bisa kamu dengarkan diwaktu istirahat. Atau bawalah bekal yang enak atau buku yang seru untuk kamu baca. Bila tidak, pikirkanlah bahwa kamu nanti akan bertemu dengan rekan kerja yang lain, yang menyenangkan dan kamu bisa membicarakan banyak hal. Pokoknya jangan sampai merasa tertekan atau terintimidasi karena si annoying ini.

BACA JUGA


Pasangan Kamu Introvert? Ini 7 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan di Balik Minimnya Ekspresi Cinta Darinya

Pasangan Kamu Introvert? Ini 7 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan di Balik Minimnya Ekspresi Cinta Darinya

Setiap perkataan yang kamu ungkapkan hanya ditanggapi dengan anggukan kepala, gelengan, atau jawaban singkat. Sepuluh kalimat yang kamu ...

Read more..

Nah itu dia RulaWoman, trik yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi rekan kerja yang annoying. Menjadi introvert di tengajh dunia yang bising ini memang tidak mudah. Tapi jangan sampai kamu kalah. Lawan kebisingan itu dengan ketenangan sikap kamu. Semangat RulaWoman!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Untuk Kamu, Si Introvert, Inilah Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Menjengkelkan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


qurrotu ainiputri | @ainiputri

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar