1.5K

Rasa minder muncul karena rendahnya self esteem dalam diri kita, RulaWoman. Hal ini terjadi karena kita tidak merasa memiliki gambaran diri yang baik dan ‘cukup’. Biasanya batasan baik dan ‘cukup’ ini muncul dari pengamatan pada sekitar. Jadi bisa dibilang, rendahnya self esteem terjadi karena kita merasa tidak dapat memenuhi standar ‘cukup’ dalam lingkungan. Misalnya, kita melihat teman-teman kantor dengan tubuh mereka yang proporsional, sehingga kita pun mengambil kesimpulan bahwa diri kita tidak cantik , karena self image diri kita tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Parahnya, rasa minder inilah yang sejatinya membuat orang di sekitar absen melirik keberadaan kita. Sedihnya, hal tersebut bukan karena tubuh kita yang kurang proporsional. Namun justru karena rasa minder yang ternyata membuat kita ...

1. Tidak Percaya Diri

Ciri-ciri orang yang tidak percaya diri adalah selalu merasa tidak pantas dan selalu merasa dibicarakan mengenai hal yang jelek dari dirinya. Jika kamu terus membawa attitude ini pada pergaulan, bukan tidak mungkin banyak orang yang menjauh karena jengah dengan sikap pesimis tersebut. Misalnya saat bos tersenyum, kamu justru membayangkan ia tengah mengejek kemampuan kerjamu. Padahal bisa saja dia tersenyum karena memang mood-nya sedang baik

2. Terlihat Murung

Pusaran pikiran negative thinking terus ada pada orang-orang yang minder. Apapun dilihat dari sudut pandang yang negatif dan menyedihkan. Hal ini membuat orang melihatmu sebagai orang yang pemurung dan gloomy. Kalau sudah begini, teman mana yang tertarik mendekatimu? Aura keceriaan dan energi positif secara natural terpancar dengan sendirinya, loh. Jadi biasakan untuk selalu menjadi pribadi yang positif, yuk!

3. Bergantung Pada Orang Lain

Salah satu ciri lain dari orang yang minder adalah selalu menggantungkan keputusannya pada orang lain. Lagi-lagi karena rasa minder yang dirasakannya, seseorang yang minder tidak berani untuk mengambil keputusan untuk dirinya sendiri. Ia membutuhkan orang lain untuk menentukan apa yang tepat untuk dirinya. Nah, kalau sudah begini jangan aneh jika orang-orang mulai menjauhimu. Bukannya apa-apa, mereka pasti kesulitan jika kamu selalu dan selalu bergantung pada pilihan mereka.

4. Senang Berada di Zona Nyaman

Ciri terakhir dari orang yang minder adalah stuck di zona nyamannya. Jika ia terbiasa nongkrong di pojok perpustakaan, maka seseorang yang minder akan sulit untuk mengubah kebiasaannya tersebut karena tidak percaya diri. Nah, coba bayangkan jika kamu terbiasa tidak menyapa orang baru terlebih dahulu seumur hidup. Kira-kira apakah kamu akan mendapat kesempatan dan pemahaman baru yang mengesankan dalam hidup?


Itulah beberapa sifat buruk dari kebiasaan minder yang dapat menjauhkanmu dari tantangan hidup yang menyenangkan. Yuk, pacu diri untuk terus bersyukur dan berhentilah untuk selalu berpikir negatif. Jika RulaWoman merasa diri RulaWoman sudah cukup baik, orang-orang di sekitar pun tentu akan merasakan aura kebahagiaan dari dirimu.

So, apakah kamu sudah siap usir jauh rasa minder di awal tahun 2017 ini?

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Usir Jauh-Jauh Rasa Minder dari Kamusmu, RulaWoman! Simak 4 Dampak Buruk Minder dalam Hidup Kita, Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nike Nadia | @nikenadia

ISFJ | Le fondeur social initiative for girls @helpnona | Co Editor RULA.co.id , the viral content media for women | Volunteer at heart ♡| IG : @nike_nadia * Twitter : @nikknad

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar