843
Lebaran sudah dekat! Inilah saatnya orang-orang melakukan mudik. Sebagai perempuan tentu saja kamu perlu berbagai kebutuhan ketika perjalanan. Apa saja sih barang yang harus dibawa?

Ramadhan kali ini pasti banyak banget yang melakukan mudik buat bertemu dengan keluarga di kampung halaman. Ada yang mudiknya hanya di kota sebelah, beda pulau, bahkan beda negara! Lebaran adalah waktu libur di mana semua orang serentak mendapatkan jatah libur. Maka dari itu, walaupun kamu tidak mudik, terkadang kamu dan keluarga melakukan perjalanan jauh juga untuk liburan di bulan ini. Berbagai persiapan sudah dilakukan dari jauh-jauh hari agar di hari keberangkatan nggak ada yang ketinggalan.

Nah RulaWoman, sebagai perempuan kamu harus persiapkan segala barang-barangmu dengan matang. Baik naik mobil, kereta, ataupun pesawat, barang-barang ini wajib kamu bawa di tas tentengmu! Tentu saja agar tidak berat, usahakan semua barang-barang ini travel size, ya! Apa saja, sih?

Paling Penting! Wajib Banget Bawa!

image credit: dokumen pribadi

Barang-barang ini benar-benar harus kamu bawa. WAJIB! HARUS! Kalau sampai barang-barang ini kamu nggak bawa, bakalan susah nantinya.

1. Dokumen-dokumen Penting

Dokumen seperti paspor, tiket fisik pesawat atau kereta, dan boarding pass harus selalu ada di tasmu. Apabila tidak ada, akan menyusahkan nantinya bahkan bisa membuat perjalananmu batal!

2. Dompet

Kalau ini sih sudah pasti, ya. Pastikan di dompetmu ada ktp, sim, dan kartu-kartu penting lainnya. Sebisa mungkin bawa juga kartu untuk uang elektronik, agar mempercepat pembayaran jika kamu lewat jalan tol.

3. Uang

Kamu harus selalu ada uang tunai di dompet paling tidak 100.000. Ada kalanya kamu tidak bisa menggunakan kartu kredit maupun menemukan atm untuk menarik uang.

4. Handphone

Jelas, ya! Selain kamu lebih mudah menghubungi keluarga dan orang terdekatmu, handphone juga membantumu memberi petunjuk terhadap sesuatu.

5. Kunci

Lebih baik kamu bawa kunci-kunci yang dibutuhkan seperti kunci rumah, kunci kamar, dll. Jagalah agar kunci ini tidak hilang.

6. Air Minum

Perjalanan jauh tentunya akan mengurangi cairan tubuhmu. Belum tentu kamu bisa berhenti dan membeli minum. Jadi, kamu harus tetap ter-hidrasi dengan membawa botol minum sendiri.

7. Mukena

Di musim mudik begini, pasti mesjid-mesjid di rest area ramai orang. Apabila kamu tidak membawa mukena sendiri, kamu harus meminjam mukena dari mesjid. Ini akan menyita waktumu, karena kemungkinan mukena terpakai semua sehingga kamu harus menunggu. Selain itu, mukena sendiri kan lebih bersih.

8. Obat-obatan

Obat-obatan yang bisa kamu bawa seperti obat sakit kepala, mual, diare, alergi, masuk angin, dan obat-obatan pribadi lainnya.

9. Power Bank

Kamu nggak akan pernah tahu kondisi batere handphone kamu kapan habisnya atau kapan kamu akan berjumpa dengan stop kontak sehingga kamu bisa men-charge handphone kamu. Gunakan power bank sebijaksana mungkin ya RulaWoman, karena kamu tentunya nggak mau pada saat kamu benar-benar membutuhkan, batere handphone kamu malah sekarat karena sudah habis kamu pergunakan dalam perjalanan.

Toiletries Supaya Tetap Cantik dan Bersih

image credit: dokumen pribadi

Barang-Barang ini dibutuhkan buat menjaga kebersihan dan kecantikanmu. Kamu juga bisa membawa make up apabila kamu rasa perlu.

1. Tisu

2. Lip Balm

3. Tisu Basah

4. Plester Luka

5. Pembersih/Cover Dudukan Toilet

Ini penting banget ini buat kamu yang suka menggunakan kamar mandi umum. Kamu bisa melapisi dudukan toilet dengan cover atau membersihkannya dengan spray khusus. Hal ini bertujuan agar toilet tersebut lebih higienis untuk digunakan.

6. Sisir Kecil

7. Ikat Rambut

8. Deodoran/Parfum

9. Mouthwash

10. Lotion

11. Hand Sanitizer

12. Tetes Mata

13. Pembalut


Hiburan Supaya Ngga Bosan

image credit: dokumen pribadi

Kadang suka bosen di jalan, apalagi di pesawat yang pemandangannya sama terus. Nah, kamu bisa bawa barang-barang untuk menghabiskan waktumu di jalan. Kamu bisa bawa kartu atau mainan lain yang bisa kamu mainkan bersama keluargamu. Bawa handheld console juga wajib jika kamu punya.

1. Earphone/Headphone

2. Tablet pc dan Mp3 Player

3. Laptop

4. Notebook dan Pulpen

5. Majalah/Buku

Akan lebih baik kalau kamu punya majalah atau buku elektronik di handphone atau tab mu agar lebih ringan. Namun buku atau majalah fisik juga akan dibutuhkan ketika benda-benda elektronik tidak boleh dinyalakan.


Buat Jaga-Jaga

image credit: dokumen pribadi

Barang-barang ini pasti kamu pikir tidak penting, tapi ternyata tanpa disadari akan kamu butuhkan. Jadi ngga ada salahnya kan buat bawa? Better safe than sorry!

1. Bantal

Kalau bisa bawalah bantal angin, sehingga bisa dilipat saat sedang tidak digunakan. Praktis!

2. Penutup Mata

Buat kamu yang naik kereta atau pesawat, penutup mata bagus buat kamu yang mau tidur. Ini akan membuat matamu gelap sehingga mempermudahmu untuk tidur.

3. Sumbat Telinga

Kalau naik transportasi umum seperti kereta, bis, atau pesawat ada kalanya kamu butuh ketenangan untuk tidur tetapi penumpang lain terlalu berisik. Nah, earplug bisa jadi penyelamatmu! Selain itu, benda kecil ini bisa meringankan sakit telinga karena pesawat yang sedang take-off.

4. Jaket

5. Kaus Kaki

6. Permen

7. Kamera

8. Sepasang Baju Ganti

9. Snack

10. Sandal Jepit

Ada kalanya kamu harus turun mobil untuk berwudhu atau ke toilet. Daripada repot-repot lepas sepatu dan basah-basahan, mendingan kamu bawa sandal jepit untuk saat-saat seperti ini.

11. Payung


Ketika dalam perjalanan sebaiknya kamu bawa dua tas. Satu tas ransel dan satu lagi tas yang lebih kecil untuk selalu kamu bawa kemanapun. Kamu tinggal memilah-milah, barang apa saja yang ada di daftar ini untuk kamu masukan ke tas ransel atau tas tentengmu. Aturlah agar di perjalanan nanti bisa mempermudahmu. Sebisa mungkin, bawalah barang-barang yang ukurannya kecil atau travel size, agar nanti tidak berat. Selamat mudik, RulaWoman!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Wajib Bawa! Ini Nih Daftar Barang yang Harus Banget Ada di Tas Kamu Selama Mudik!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Khansa Nadhifa | @khansanadhifa

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar