1K
Mungkin kamu kadang merasa, karena ini adalah akun media sosial pribadi, kamu berhak mengunggah apa saja. Tapi hati-hati terhadap 7 hal ini

Pengguna internet di dunia berjumlah banyak sekali, dan tidak sedikit pula kasus cyber crime bahkan kejahatan di dunia nyata bisa terjadi akibat hal-hal yang bermula dari dunia maya. Ketika kamu memasuki dunia maya, mulai menggunakan media sosial, dan mencantumkan data-data di sana, sebaiknya kamu lebih cermat lagi memilahnya, RulaWoman! Sebab, secara umum ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu posting di dunia maya –terlebih media sosial pribadimu. Apa saja, ya?

1. Alamat lengkap

Alamat lengkap sebaiknya tidak diposting di media sosial, terlebih alamat rumah. Sebab info-info privat seperti ini lebih baik diberikan kepada pihak tertentu melalui pesan pribadi. Mungkin kamu tidak menduganya, RulaWoman, tapi alamat rumah yang kamu pasang di profil media sosialmu bisa memancing tindak kejahatan dan berbahaya bagi keselamatan keluargamu juga.

Photo credit: pexels.com

2. Segala hal tentang si kecil

Poin kedua ini bukan berarti kamu tidak boleh memposting apa pun mengenai perkembangan si kecil –baik anak, keponakan, maupun adikmu. Tapi sebaiknya, batasi postingan mengenai bayi, balita, dan anak di bawah umur. Foto-foto bayi berisiko disalahgunakan untuk berbagai hal, di antaranya untuk penipuan jual-beli bayi, perdagangan anak, dan para pengidap pedofilia pun bisa saja mengintip dari luar sana, RulaWoman.

3. Foto yang tak senonoh

Photo credit: pexels.com

Foto adalah hal yang cukup sensitif. Jangan bagikan fotomu atau keluargamu dalam pose yang tak senonoh karena berisiko terjadi pelecehan dan cyber crime sejenis. Ketika sebuah foto diunggah ke dunia maya, berarti foto tersebut berisiko tersebar ke mana saja, tanpa bisa kamu kontrol lagi. Jika fotomu disalahgunakan orang lain, yang akan rugi adalah dirimu sendiri. Seseorang bisa saja menggunakan fotomu untuk membuat akun palsu dan menipu di sana-sini, atau bentuk tindak kejahatan lainnya. Jadi, tetap hati-hati, dan pastikan kamu mengatur privasi fotomu, ya, RulaWoman.

4. Status yang berpotensi menyinggung pihak lain

Nah, yang ini juga sebaiknya tidak kamu lakukan di dunia maya. Kamu mungkin tidak mengenal dengan baik satu per satu orang yang ada di followers atau list pertemananmu, dan mereka bisa jadi memiliki watak serta latar belakang yang berbeda-beda. Usahakan untuk tidak memposting status yang bunyinya menyinggung pihak lain sebab hanya akan mendatangkan masalah untuk dirimu sendiri, RulaWoman. Jika ada yang merasa tersinggung dengan postinganmu, jangan segan untuk menjelaskan baik-baik bahkan meminta maaf kalau memang tulisanmu yang salah. Bagaimanapun ini lebih baik daripada harus memperpanjang masalah, bukan?

5. Komentar asal bunyi

Sebuah peribahasa mengatakan, mulutmu harimaumu. Kalimat ini ternyata berarti banyak, RulaWoman! Salah satunya adalah dengan menjaga kalimat yang kamu posting di kolom komentar. Jangan sekali-kali memposting komentar yang asal bunyi dan tidak ada landasan apa pun terlebih tentang isu-isu sensitif yang tengah ramai dibahas di dunia maya. Sebab jika seseorang tidak senang dan merasa komentarmu tak enak dibaca, bukan tidak mungkin kamu bisa terjerat pasal tertentu yang akan membawamu ke pengadilan, RulaWoman. Inilah sebabnya mengapa kita tidak boleh menyepelekan apa-apa yang kita ucapkan di dunia maya.

6. Foto aset yang berlebihan

Photo credit: pexels.com

Mungkin terkadang kamu merasa lucu jika membagikan kesibukan meja kerjamu. Tapi hati-hati! Jangan sampai foto aset –misalnya gawai, laptop, dompet, dan lainnya, terlalu sering terpampang di dunia maya. Hal ini bisa memancing orang-orang jahat untuk tergoda melakukan tindakan yang tidak diinginkan. Jangan pula mengunggah foto perhiasan secara berlebihan di media sosial, ya, RulaWoman.

7. Nomor ponsel

Nomor ponsel termasuk salah satu data yang bisa disalahgunakan terutama untuk data perbankan. Jangan cantumkan nomor ponselmu di bio media sosial, atau tempat-tempat yang tidak semestinya. Jika kamu memiliki dua nomor, usahakan untuk tidak menggunakan nomor utama saat berkomunikasi di dunia maya. Kamu cukup mencantumkan nomor cadanganmu, sedangkan nomor utama yang biasa kamu gunakan untuk identitas privat seperti akun bank, tagihan, dan lainnya, cukup disimpan bagi orang-orang yang kamu kenal saja. Selain itu juga, nomor ponsel bisa digunakan untuk meretas akun surat elektronik pribadimu, dan ini bisa saja berimbas pada kejahatan dunia maya atau cyber crime.


Itulah beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu posting di dunia maya, RulaWoman. Kita tidak pernah tahu dari mana kejahatan akan bermula, jadi waspada dari jauh-jauh akan lebih baik daripada tidak sama sekali. Dunia maya sejatinya sangat bisa digunakan untuk bersenang-senang, dan sifatnya menghibur, kok. Jadi, jangan sampai kamu malah mendapat masalah dari dunia maya, ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Waspada di Dunia Maya, Inilah 7 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Bagikan di Media Sosial Pribadimu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar